Balanitis Adalah

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Balanitis adalah terjadinya peradangan pada mukosa kepala penis yang mempengaruhi permukaan bagian dalam kulit yang mengelilinginya, atau kulupĀ  yang disebut dengan balanoposthitis. Balanitis disebabkan oleh iritasi dari sabun, salep atau gesekan langsung kain. Akan balanitis sering terjadi karena infeksi seperti bakteri, virus dan jamur. Mikroorganisme ini sering dikaitkan dengan sel shedding dari kepala penis untuk membentuk smegma, agen infeksi ini dapat ditularkan selama hubungan seks atau kebersihan yang buruk.

Semua usia dapat mengalami balanitis, cenderung terjadi pada anak usia di bawah 4 tahun dan pria yang tidak disunat. Balanitis adalah peradangan kelenjar atau kepala penis yang bisa dihasilkan oleh penyebab yang berbeda, seperti infeksi jamur, kebersihan yang buruk, penyakit menular seksual (PMS), diabetes yang tidak terkontrol, dermatitis, alergi, psoriasis atau penyakit kulit lainnya.

Hal ini sangat tidak biasa pada pria yang sudah disunat. Tanda-tanda karakteristik penyakit di bagian tubuh lain atau tes khusus dapat membantu menentukan penyebabnya dari balanitis. Ketika penyebab tidak didefinisikan, balanitis disebut tidak spesifik. Secara umum, itu muncul sebagai peradangan akibat proliferasi bakteri atau jamur (Candida albicans).

Tanda-tanda dan gejala balanitis

• Ruam merah atau merah muda pada glans, disertai dengan pengelupasan
  • Kemerahan dan pembengkakan kelenjar
  • Kehadiran sekresi yang jelas atau putih
  • Gatal, ketidaknyamanan, terbakar dan nyeri
  • Nyeri di penis
  • Pembengkakan kulup, yang dapat menghalangi paparan dari kepala penis
  • Balanite
  • Iritasi kelenjar
  • Balanitis (peradangan glans)
  • Nyeri buang air kecil
  • Sesak di kulup
  • Gatal di alat kelamin
  • Timbul kemerahan pada penis
  • Nyeri di daerah genital
  • Terasa sakit pada testis
  • Nyeri pada kulit penis
  • Lepuh kecil atau bercak putih pada penis
  • Ketika ujung penis Anda menjadi bengkak, itu menciptakan tekanan pada uretra melahirkan nyeri buang air kecil.

Beberapa tanda dan gejala balanitis adalah sama dengan dari beberapa infeksi menular seksual ataupun candida.

Jika Anda mengalami penyakit Balanitis, konsultasikan masalah Anda dengan Dokter Spesialis Balanitis di Klinik Utama Gracia, yang berlamatkan di Jalan Cideng Barat No 73, Gambir, Jakarta Pusat atau dengan langsung klik Konsultasi Medis Online atau langsung klik Buat Janji dengan Dokter.

Klinik Utama Gracia menawarkan layanan medis yang ideal dan maksimal demi kesembuhan, kenyamanan dan privasi untuk pasien.

Balanitis adalah terjadinya peradangan pada mukosa kepala penis yang mempengaruhi permukaan bagian dalam kulit yang mengelilinginya, atau kulup yang disebut dengan balanoposthitis.

Balanitis adalah sebuah infeksi yang menyebabkan rasa sakit pada ujung penis. Tentunya penyakit ini hanya terjadi pada pria. Gejalanya meliputi ketatnya kulup atau kulit pada ujung penis serta rasa gatal paga area sekitar alat kelamin.

Ada baiknya anda menghindari penggunaan sabun mandi seperti pewangi-pewangian, lotion pada alat kelamin, serta bubuk.

Balanitis adalah suatu kondisi pembengkakan serta adanya rasa nyeri atau iritasi yang terjadi pada kulit atau kepala penis. Umumnya penyakit ini lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Meskipun memiliki rasa sakit pada daerah intim pria, penyakit ini bukanlah penyakit yang serius, penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat oles.

Penyebab

Apabila anda termasuk kategori pria yang kurang menjaga kebersihan, apalagi kebersihan pada area intim. Ada kemungkinan anda dapat terinfeksi berbagai penyakit, termasuk penyakit balantis ini. Menggunakan sabun yang memiliki bahan kimia dapat mengiritasi kulit, serta organ-organ lain pada tubuh.

Penyebab penyakit ini biasanya terjadi karena infeksi. Masalah kebersihan pada bagian kulup tentu dapat memicu terjadinya infeksi pada penyakit ini. Bagian kulup yang jarang dibersihkan tentu akan menjadi sarang berkembangnya mikroorganisme sehingga terjadi infeksi.

Penyebab lainnya meliputi;

• Penyakit menular seksual
  • Adanya infeksi saluran kencing
  • Adanya cidera pada area organ intim pria
  • Kurangnya kebersihan
  • Ketatnya kulup, sehingga membuat bakteri menyarang pada kulit kepala penis
  • Alergi
  • Hubungan atau aktivitas seksual

Gejala

Gejala yang umumnya terjadi meliputi;
  • Timbul rasa nyeri serta rasa sakit pada saat buang air kecil
  • Pembengkakan pada penis
  • Terdapat bintik merah, kemerahan pada kulit kepala penis

Faktor Resiko

Ada banyak faktor resiko untuk penyakit ini. Berikut ini beberapa faktor resiko terserang penyakit ini.
  • Penyakit menular seksual seperti herpes atau gonore
  • Kurangnya kebersihan
  • Infeksi jamur
  • Penderita diabetes yang tidak diobati

Pencegahan

Kita dapat mencegah penyakit balanitis adalah dengan mengurangi atau menghindati terjadinya iritasi serta infeksi. Dan juga tetap menjaga kebersihan pada penis serta organ intim pria. Menghindari menggunakan sabun pada kulup untuk menghindari resiko timbulnya bakteri pada kulup.

Kita dapat memastikan bahwa kulup benar-benar bersih setelah melakukan buang air kecil, serta mencuci bersih kepala penis dengan air bersih dan dengan hati-hati agar terhindar dari infeksi.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada usia, penyebab, serta apakah seorang penderita tersebut aktif secara seksual dan juga apakah sudah disunat. Pengobatan yang dilakukan tentu berbeda-beda. Umumnya teknik pengobatan dilakukan dengan cara menarik kulit ujung penis serta merendam daerah yang sakit dengan air hangat. Dalam beberapa kasus penyakit ini juga membutuhkan obat antibiotik.

Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter ahli apabila anda mengalami gejala pada penyakit ini. Dengan segera pergi ke dokter maka akan lebih cepat juga dalam proses penanganannya. Dokter akan memberikan langkah serta pengobatan yang tepat. Apabila anda malu untuk pergi ke dokter, anda dapat konsultasi online dengan staff medis kami. Klik gambar dibawah ini untuk konsultasi medis online.