Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Mengetahui apa itu ejakulasi dini bagi para pria adalah suatu hal yang harus dilakukan. Permasalahan ejakulasi dini ini memang seringkali dialami oleh para pria, entah itu pria yang sudah berusia lanjut ataupun pria muda. Dengan mengetahui apa itu ejakulasi dini, Anda juga jadi memahami apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ejakulasi dini. Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Ejakulasi Dini?

Ketika pria mengalami ejakulasi dini, pada saat melakukan hubungan seksual, maka ia akan mengalami orgasme atau sudah mencapai klimaks dalam waktu yang terbilang singkat. Hal ini disebabkan pria kehilangan kemampuan untuk menahan ejakulasi yang terjadi ketika melakukan hubungan seksual.

Terkadang kondisi ini terjadi hanya sementara, namun bisa juga menetap atau permanen. Bila tidak sering terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir, karena itu adalah suatu hal yang normal. Berbeda halnya bila ini terjadi setiap saat Anda melakukan hubungan seksual.

Penyebab

Beberapa hal dapat memicu pria mengalami ejakulasi dini. Dan setiap orang yang mengalami ejakulasi dini, belum tentu memiliki penyebab yang sama. Berikut ini penjelasannya:

  • Memiliki penis yang terlalu sensitif pada rangsangan seksual. Pada pria yang memiliki kondisi seperti ini, maka akan bisa mengalami ejakulasi walaupun hanya mendapatkan sedikit rangsangan seksual.
  • Otot yang berfungsi menahan ejakulasi melemah. Hal ini biasanya terjadi bila pria jarang berolahraga, sehingga otot yang memiliki peran dalam menahan keluar sperma saat berhubungan seksual menjadi melemah.
  • Kebiasaan masturbasi. Para pria yang sudah terlalu sering melakukan masturbasi sejak remaja, maka bisa mempengaruhi kemampuan pria dalam ejakulasi saat melakukan hubungan seksual.
  • Faktor psikologis. Stres, depresi, cemas, ataupun takut, bisa mempengaruhi kemampuan pria dalam ejakulasi.
  • Penyakit. Beberapa penyakit tertentu yang berhubungan dengan organ intim pria bisa membuat organ reproduksi menjadi melemah. Penyakit tersebut seperti prostat ataupun ginjal.

Cara Mengatasi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan ejakulasi dini yang Anda alami, seperti melakukan latihan pada otot seksual. Biasanya latihan yang dilakukan akan berkaitan dengan otot dasar panggul agar fungsi ejakulasi dapat berjalan dengan benar. Karena biasanya bila otot ini melemah, kemampuan ejakulasi dapat tidak terkendali, dan ejakulasi dini dapat terjadi. Latihan otot seksual dapat dilakukan dengan senam kegel.

Ejakulasi dini juga dapat diatasi dengan penggunaan kondom yang dapat meredam kepekaan penis yang berlebihan. Atau Anda dapat melakukan hubungan seksual secara perlahan, agar Anda dapat menunda ejakulasi terjadi sehingga hubungan seksual akan berjalan dengan durasi yang lebih lama.

Bila mengalami gangguan seksual ini, Anda harus mengetahui apa penyebab dari kondisi tersebut dengan memeriksakan diri ke dokter. Hal ini diperlukan untuk memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab yang mendasari kondisi tersebut.

Tak perlu ragu bila Anda ingin memeriksakan diri untuk mengetahui kondisi yang Anda alami. Permasalahan ini mungkin malah bisa menjadi alasan tidak harmonisnya hubungan Anda dengan pasangan. Karena itulah Anda perlu segera mengetahui penyebab dan juga cara mengatasinya yang tepat agar permasalahan tersebut dapat segera teratasi.

Hubungi staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang telah disediakan untuk berkonsultasi mengenai keluhan yang Anda rasakan. Anda juga dapat mendatangi Klinik Utama Gracia secara langsung untuk memeriksakan diri Anda pada dokter kami yang sudah terpercaya. Semoga bermanfaat.