Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Epididimitis adalah kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada epididimis. Epididimitis adalah peradangan epididimis, yaitu tabung yang melingkar di belakang testis, yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengangkut sperma.

Pria dari segala usia dapat memiliki penyakit ini, yang paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri, termasuk yang timbul dari penyakit menular seksual (PMS) seperti gonorhea atau chlamydia. Kadang-kadang testis juga dapat terinfeksi, yang disebut epididimis-orchitis.

Penyebab Epididimitis

Epididimitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut, termasuk:

• Penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia, yang merupakan penyebab paling umum dari epididimitis pada pria muda yang aktif secara seksual
  • Infeksi bakteri lain, seperti saluran kemih dan prostat sering terjadi pada pria yang tidak aktif secara seksual. Hal ini karena infeksi dapat menyebar dari situs yang terinfeksi ke epididimis
  • Obat-obat tertentu seperti obat untuk jantung
  • Urin dalam epididimis (epididimitis kimia), yang terjadi ketika urine mengalir kembali ke epididimis, mungkin karena pekerjaan berat atau deformasi
  • Trauma di wilayah tersebut
  • Tuberkulosis (tapi jarang).

Dan berikut Faktor risiko lain untuk epididimitis adalah:

• Seks dengan pasangan dengan PMS
  • Seks tanpa kondom
  • Riwayat infeksi saluran kemih dan prostat
  • Sejarah prosedur medis yang mempengaruhi saluran kemih, seperti penyisipan kateter di penis
  • penis yang tidak disunat atau kelainan anatomi
  • Prostat meningkat, yang meningkatkan risiko infeksi dan akibatnya epididimitis.

Gejala Epididimitis

Gejala termasuk epididimitis adalah sebagai berikut:

1. Nyeri testis, biasanya pada satu sisi
  2. Nyeri buang air kecil
  3. Buang air kecil mendesak atau sering
  4. Skrotum bengkak, merah atau panas
  5. Rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut bagian bawah atau panggul
  6. Hubungan seksual atau ejakulasi yang menyakitkan
  7. Benjolan di testis
  8. Pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan
  9. Darah dalam air mani.

Ketika epididimitis berlangsung lebih dari enam minggu atau terjadi sering dianggap sebagai epididimitis kronis. Gejala epididimitis kronis dapat muncul secara bertahap dan kadang-kadang penyebabnya tidak teridentifikasi.

Gejala dapat disebabkan oleh berbagai penyakit dan memerlukan pengobatan segera untuk mencegah kerusakan permanen. Jika sakit parah, maka perlu untuk mencari ruang gawat darurat. Atau harus mencari bantuan medis jika terjadi sekresi di penis atau nyeri lewat urin.

Sambil menunggu pada saat konsultasi, menghindari kontak seksual yang dapat menempatkan pasangan Anda berisiko tertular PMS, termasuk mulut, seks anal dan kontak kulit dengan alat kelamin. Hal ini juga baik untuk memberitahu pasangan Anda tentang gejala Anda sehingga pasangan Anda dapat terhindar dari infeksi.

Untuk mendiagnosa epididimitis biasanya dokter akan memulai dengan pemeriksaan fisik, memeriksa pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan dan pembengkakan pada testis.

Apakah ada kemungkinan komplikasi dari epididimitis?

Tentu ada, Jika tidak diobati dengan segera, epididimitis bisa menjadi kronis, dimana akan membutuhkan perawatan lebih dan menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang lebih sering dan parah. Pencegahan epididimitis yang paling penting adalah untuk menghindari penularan oleh PMS dengan berlatih seks yang aman.

Jika pasien memiliki infeksi saluran kemih berulang, faktor risiko lain untuk penyakit ini adalah Anda dapat berdiskusi dengan dokter Anda untuk mencari cara lain untuk mencegah terhadap epididimitis.