Penyakit Gonorrhea

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Penyakit Gonorrhea pada wanita dan pria penyebabnya adalah bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini bukan hanya menginfeksi kaum adam, tetapi dapat juga menginfeksi kaum hawa. Bahkan, ibu hamil yang terinfeksi penyakit gonore dapat menularkan kepada janin yang sedang dikandungnya.

Bakteri penyebab gonore tidak bisa bertahan hidup jika berada di luar tubuh manusia sehingga penyakit ini hanya menular melalui kontak langsung pada saat melakukan aktifitas hubungan seksual.

Kaum pria 20% beresiko terinfeksi akibat satu tindakan berhubungan seksual dengan wanita yang sudah terinfeksi penyakit ini. Sedangkan resiko pada wanita sekitar 60 – 80%.

Penderita penyakit gonorrhea biasanya akan mengalami rasa sakit seperti pedih dan rasa terbakar ketika kencing (buang air kecil. Terkadang urine yang dikeluarkan bercampur nanah.

Pada wanita, gejala penyakit ini tidak cepat dirasakan dan jarang wanita mengalami keluhan akibat terinfeksi penyakit ini. Gonore menyebar melalui aliran darah ke seluruh bagian tubuh lainnya terutama pada kulit dan sendi.

Gejala Gonorrhea Pada Pria

1. Gejala awal muncul dalam waktu 2-7 hari setelah pertama kali terinfeksi.
  2. Gejala awal ditandai dengan timbulnya rasa tidak enak pada daerah uretra, dan beberapa jam kemudian akan diikuti oleh rasa nyeri pada saat berkemih dan keluar nanah.
  3. Pria yang terinfeksi penyakit ini biasanya mengalami keluhan sakit ketika kencing. Keluar nanah kental dengan warna kuning kehijauan dari penis. Nanah keluar selama beberapa hari pada pagi hari, setelah itu rasa nyeri akan sedikit berkurang dan cairan menjadi sedikit encer. Apabila tidak segera untuk diobati, maka akan menimbulkan komplikasi radang alat kelamin.
  4. Penderita akan sering berkemih dan desakan untuk selalu ingin berkemih. Hal ini akan semakin memburuk jika sudah menyebar ke daerah uretra bagian atas.
  5. Lubang penis terlihat merah dan akan membengkak.
  6. Akan terjadi peradangan testis dan gangguan kelenjar prostat.

Gejala Gonorrhea Pada Wanita

Pada wanita, gejala yang ditimbulkan karena terinfeksi penyakit ini antara lain rasa nyeri pada perut yang terasa sangat hebat, infeksi saluran kencing, infeksi vagina atau serviks, air kencing ditandai dengan warna kuning kehijauan, rasa sakit yang luar biasa ketika kencing disertai dengan bertambahnya jumlah cairan. Gejala Gonore yang dirasakan oleh wanita hampir sama dengan gejala yang dialami oleh laki-laki.

Komplikasi yang Disebabkan dari Penyakit Gonorrhea

Penyakit gonore dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit lain atau komplikasi seperti:

1. Bartolinitis, yaitu penderita sukar untuk berjalan karena terasa nyeri akibat pembengkakan kelenjar Bartholin.
  2. Rongga perut yang terserang penyakit ini dapat menjadi penyebab radang perut dan usus sehingga bisa menyebabkan kemandulan.
  3. Infeksi sistemik ke seluruh tubuh, sendi, jantung dan otak.
  4. Menular kepada janin yang dikandung jika ibu hamil yang terinfeksi penyakit ini tidak melakukan pengobatan medis. Hal ini dapat terjadi pada proses melahirkan, yaitu mata bayi akan terinfeksi virus.
  5. Infeksi bisa saja menyebar melalui aliran darah sendi, dan mengakibatkan sendi akan menjadi bengkak dan terasa sangat nyeri, sehingga akan membuat gerak menjadi terbatas.
  6. Infeksi yang terjadi melalui aliran darah dapat menjadi penyebab munculnya bintik-bintik merah berisi nanah pada kulit, demam, tidak enak badan atau rasa nyeri di beberapa bagian sendi yang dapat berpindah dari satu sendi ke bagian sendi lain (sindroma artritis-dermatitis).
  7. Menjadi penyebab rasa nyeri seperti kelainan kandung empedu jika terjadi infeksi pada pembungkus hati (perihepatitis) dan jantung (endokarditis).
Komplikasi-komplikasi yang diakibatkan penyakit gonore bisa diatasi dan jarang memberikan akibat yang fatal, akan tetapi masa penyembuhan untuk komplikasi artritis atau endokarditis dapat berlangsung lambat.