Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa terdapat banyak gejala penyakit menular seksual dan yang akan Kami bahas kali ini adalah mengenai berbagai macam gejala penyakit menular seksual gonore, lalu apakah penyakit gonore itu?

Penyakit gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dimana penyakit kelamin ini paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun seks oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit gonore dan penyakit ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, rektum dan pada tenggorokan.

Baca Juga: Cara Mudah Deteksi Penyakit Gonore

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit gonore tidak bisa menyebar melalui kontak biasa, jadi seseorang tidak bisa mendapatkannya dari berbagi makanan atau minuman, berciuman, berpelukan, berpegangan tangan, terbatuk-batuk, bersin, atau duduk di kursi toilet.

Dan ternyata banyak orang yang terinfeksi gonore tidak memiliki gejala apapun, namun mereka tetap bisa menyebarkan infeksi ke orang lain. Jadi ada baiknya untuk selalu menggunakan kondom ketika melakukan aktivitas seksual untuk mencegah hal tersebut.

Awas, Inilah Gejala Penyakit Menular Seksual Gonore

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa gejala penyakit menular seksual gonore bisa menjadi rumit, karena seseorang mungkin saja tidak mengenali gejalanya, atau bisa dikatakan bahwa gejala penyakit menular seksual gonore mungkin sangat ringan sehingga Anda bahkan tidak menyadarinya dan tanpa sengaja telah menularkannya kepada pasangan seks Anda.

Terkadang juga kebanyakan orang masih bingung dengan gejala gonore dengan infeksi lainnya dan banyak orang yang aktif secara seksual bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah menderita gonore, dan untuk itu penting bagi mereka untuk melakukan pemeriksaan rutin penyakit menular seksual.

Bahkan jika tidak segera diobati penyakit gonore dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bahkan bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan, akan tetapi walaupun terdengar sangat mengerikan penyakit menular seksual ini bisa disembuhkan dengan melakukan pengobatan yang tepat.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala penyakit menular seksual gonore yang perlu Anda waspadai, namun kebanyakan seseorang yang terinfeksi gonore tidak memiliki gejala apapun akan tetapi gejala gonore bisa muncul dalam waktu sekitar seminggu setelah terinfeksi, diantaranya:

- Terasa sakit atau terbakar saat buang air kecil

- Pada wanita mengalami keluarnya cairan abnormal dari Miss V yang mungkin akan berwarna kekuningan atau berdarah

- Mengalami Perdarahan antar periode

- Pada pria bisa mengeluarkan cairan abnormal dari Mr P yang berwarna kuning, putih, atau hijau

- Pria juga bisa merasakan sakit atau perasaan terbakar saat buang air kecil

- Testis membengkak dan terasa sakit

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit gonore juga dapat menginfeksi anus jika Anda melakukan hubungan seks anal, dan gejala penyakit menular seksual gonore di anus bisa meliputi:

- Terasa gatal-gatal di dalam atau di sekitar anus

- Terasa sakit saat buang air besar

Dan ternyata infeksi gonore bisa terjadi di tenggorokan akibat seks oral dan jarang menimbulkan gejala, namun jika gejala memang muncul biasanya hanya terasa sakit tenggorokan.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Terinfeksi Gonore?
Perlu Anda catat bahwa Anda tidak bisa memastikan dengan pasti apakah Anda menderita gonore atau tidak hanya dengan perasaan saja, karena semua jenis penyakit menular seksual untuk memastikan bahwa seseorang telah terinfeksi atau tidak maka diperlukan serangkaian tes ataupun pengujian medis tertentu yang dilakukan oleh dokter untuk memastikan hal tersebut

Pengujian juga merupakan ide bagus jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom atau jika seseorang yang pernah berhubungan seks dengan Anda memiliki gonore (walaupun Anda tidak memiliki gejala). Dan secara umum seseorang yang aktif secara seksual harus menjalani tes PMS, termasuk penyakit gonore yaitu sekitar setahun sekali. Jika Anda hamil maka Anda dapat menguji gonore pada kunjungan prenatal pertama
Anda. Selain itu biasanya tes ataupun pengujian gonore biasanya cukup mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Apa yang Terjadi Jika Penyakit Gonore Tidak Segera Diobati?

Jika penyakit gonore tidak segera diobati maka dapat menyebabkan berbagai macam hal dan dapat menyebar ke rahim dan saluran tuba, menyebabkan penyakit radang panggul (PID).

PID mungkin tidak memiliki gejala pada awalnya, namun dapat menyebabkan kerusakan permanen yang dapat menyebabkan rasa sakit kronis, dan menyebabkan ketidaksuburan, atau kehamilan ektopik, untuk mencegah hal tersebut maka penting untuk mendapatkan tes untuk gonore karena hal tersebut benar-benar dapat menurunkan kesempatan Anda untuk mendapatkan PID.

Selain itu biasanya seorang pria yang telah terinfeksi penyakit gonore dan tidak segera diobati maka dapat menyebabkan infeksi gonore yang dapat menyebar ke epididimis (yaitu sebuah tabung yang membawa sperma dari testis), dan dapat menyebabkan rasa sakit pada buah pelir dan jarang hal tersebut bisa membuat Anda mandul .

Selain itu seseorang yang memiliki gonore juga maka bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan atau menyebarkan HIV yaitu virus yang menyebabkan AIDS. Namun jarang gonore yang tidak diobati dapat menyebar ke darah, kulit, jantung, atau sendi Anda akan tetapi hal tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius atau bahkan kematian.

Jika Anda menderita gonore saat hamil dan tidak mengobatinya, maka infeksi tersebut bisa masuk ke bayi saat melahirkan, sehingga hal ini dapat menyebabkan masalah pada bayi termasuk mengalami kebutaan, infeksi sendi, atau infeksi darah yang bisa mematikan.

Lalu, Bisakah Gonore Disembuhkan?
Ya, ternyata penyakit gonore bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat dari dokter, jadi penting agar Anda mengambil semua obat yang diresepkan dokter untuk menyembuhkan infeksi Anda.

Selain itu obat untuk gonore seharusnya tidak dibagikan dengan siapapun dan meskipun obat dari resep dokter akan menghentikan infeksi, namun sayangnya obat ini tidak akan membatalkan kerusakan permanen yang disebabkan oleh penyakit ini.

Pengobatan juga menjadi lebih sulit untuk mengobati beberapa jenis strain, karena strain gonore yang resistan terhadap obat semakin meningkat.
Jadi pada intinya jika gejala penyakit menular seksual Anda berlanjut lebih dari beberapa hari setelah menerima perawatan maka ada baiknya Anda harus kembali ke penyedia layanan kesehatan untuk diperiksa kembali.

Nah, itulah tadi berbagai macam gejala penyakit menular seksual gonore dan jika misalkan Anda merasa telah memiliki salah satu dari gejala seperti di atas maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.