Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing dengan penyakit Gonorrhea? lalu apakah yang menjadi penyebab penyakit Gonorrhea? dan apakah penyakit Gonorrhea ini berbahaya bagi kesehatan tubuh? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya baca artikel ini sampai tuntas yah.

Gonorrhea ataupun Gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) ataupun dikenal dengan penyakit kencing nanah dimana penyakit ini paling sering terjadi karena melakukan berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan penyebab penyakit Gonorrhea adalah karena bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit Gonorrhea biasanya sangat mudah disembuhkan dengan antibiotik dari resep dokter, akan tetapi jika seseorang yang terinfeksi penyakit gonore tidak segera diobati maka kemungkinan besar dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius di masa depan, dan untuk itu penting bagi seseorang yang terinfeksi gonore untuk segera menyembuhkan penyakit tersebut.

Lalu, Apakah Penyebab Penyakit Gonorrhea dan Bagaimanakah Penyakit ini Menyebar?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyebab penyakit Gonorrhea disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae yang umumnya ditemukan di cairan Mr P dan Miss V dari seseorang yang sudah terinfeksi gonore.

Bahkan bakteri Neissera gonorrhoeae ini bisa menyerang pada bagian lain seperti bagian dubur, serviks, saluran kencing dan sperma, mata, maupun bisa menyerang tenggorokan yang umumnya disebabkan oleh oral seks. Dan penyakit Gonorrhea ini juga bisa mempengaruhi secara global, sehingga diperkirakan terdapat 78 juta kasus baru gonore yang didiagnosis setiap tahunnya.

Baca Juga: Inilah Gejala Penyakit Gonore Pada Pria dan Wanita

Selain itu di Amerika Serikat saja diperkirakan terdapat 820.000 kasus infeksi penyakit gonore baru setiap tahunnya, akan tetapi tidak semua kasus gonore didiagnosis dan dilaporkan setiap tahun, karena hanya 333.004 kasus gonore yang dilaporkan di AS sampai akhir tahun 2013, lalu bagaimankah penyakit gonore menyebar?

Pada umumnya penyakit gonore bisa menyebar lewat berbagai macam jenis aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan penyebab penyakit Gonorrhea tersebut adalah seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi gonore.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit gonore tidak bisa menyebar lewat berbagi makanan atau minuman, berciuman, berpelukan, berpegangan tangan, terbatuk-batuk, bersin, atau duduk di kursi toilet yang sama.

Lalu, Apakah Penyakit Gonore Berbahaya Bagi Kesehatan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit gonore jika tidak segera diobati maka bisa memberikan dampak yang lebih serius di masa depan, jadi ada baiknya jika Anda aktif secara seksual dan terinfeksi gonore segeralah menyembuhkannya di Klinik Utama Gracia dan berikut di bawah ini adalah bahaya gonore bagi kesehatan.

A. Inilah Bahaya Gonorrhea Pada Pria:

- Bagi pria yang terinfeksi Gonorrhea dapat menyebabkan kondisi nyeri pada tabung yang menempel pada testis yang mungkin bisa menyebabkan pria mengalami Epididimitis yaitu peradangan pada saluran sperma.

- Selain itu seorang pria yang terinfeksi penyebab penyakit gonorrhea juga bisa mengalami peradangan pada kelenjar prostat ataupun yang disebut prostatitis

- Selain itu ternyata gonore juga bisa menyebar ke darah atau persendian seorang pria dimana hal ini akan dianggap sebagai kondisi yang bisa mengancam jiwa.

B. Inilah Bahaya Gonorrhea Pada Wanita:

- Bagi wanita yang terinfeksi gonore yang tidak diobati maka kemungkinan besar akan mengalami penyakit radang panggul (PID), yang merupakan infeksi serius yang terjadi pada saluran reproduksi.

- PID juga dapat menyebabkan jaringan parut yang terbentuk di tuba falopi yang tentunya dapat menghalangi sel telur yang akan dibuahi agar tidak bisa masuk ke rahim dan jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan embrio yang menanamkan dirinya di tuba falopi menyebabkan kehamilan di tuba yang merupakan komplikasi serius yang akan menyebabkan keguguran dan bisa mengancam jiwa bagi ibu hamil.

- Selain itu wanita yang mengalami kehamilan dan terinfeksi gonore maka bisa mengalami ketuban pecah dini dan biasanya hal tersebut terjadi sebelum kontraksi persalinan dimulai

- Gonore juga dapat menyebabkan infeksi selaput rahim ataupun yang disebut endometritis.

- Wanita yang terinfeksi gonore juga berisiko besar untuk mengalami masalah ketidaksuburan dan nyeri panggul atau nyeri pada perut dalam jangka waktu yang panjang

- Jika seorang wanita menderita gonore saat melahirkan maka kemungkinan besar bayi yang baru lahir bisa terinfeksi dan untuk memastikan hal tersebut ada baiknya segera melakukan pemeriksaan.

- Karena pada bayi yang baru lahir yang terinfeksi gonore dari ibunya selama proses persalinan maka kemungkinan besar akan mengakibatkan terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan dari matanya akan keluar nanah, bahkan jika infeksi tersebut tidak segera diobati, maka kemungkinan besar akan menimbulkan kebutaan.

- Penyakit gonore pada pria maupun wanita tidak diobati maka bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus human immunodeficiency yang menyebabkan AIDS.

- Dan jika cairan penyebab penyakit Gonorrhea yang terinfeksi mengenai mata, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada mata luar atau yang disebut dengan konjungtivitis gonore.

Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Gonore?
Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang yang terinfeksi gonore tidak memiliki gejala apapun akan tetapi masih bisa menimbulkan gejala, dan biasanya mereka tetap bisa menyebarkan infeksi ke orang lain.

Jadi dengan menggunakan kondom atau bendungan gigi setiap kali berhubungan seks adalah cara terbaik untuk mencegah gonore bahkan jika Anda dan pasangan Anda terlihat sangat sehat, akan tetapi menggunakan kondom mungkin tidak 100 % melindungi Anda dari penyakit gonore.

Sehingga salah satu cara untuk mencegah penyebab penyakit Gonorrhea adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual sama sekali, atau Anda bisa melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda yang sudah Anda nikahi.

Itulah tadi berbagai macam penyebab penyakit Gonorrhea sampai bahaya gonore yang tidak disembuhkan dan semoga saja artikel tersebut dapat bermanfaat bagi Anda, selain itu jika Anda merasa memiliki gonore maka ada baiknya untuk segera konsultasikan dengan Kami di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.