Penyakit Kelamin Pada Pria Tidak Disembuhkan? Ini Dampak Mengerikannya

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa umumnya penyakit jika tidak diobati maka bisa bertambah parah begitu juga dengan penyakit kelamin pada pria maupun pada wanita, bahkan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan risiko yang serius dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

Penyakit kelamin ataupun penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang sangat mengerikan dan umumnya disebabkan oleh berbagai macam kontak seksual, seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tersebut.

Selain itu biasanya seseorang yang terinfeksi oleh salah satu penyakit kelamin pada pria maupun wanita bisa mengalami gejala maupun gejalanya sangat ringan, sehingga secara tidak sengaja telah menularkan infeksi kepada pasangan seksnya, dan ternyata penyakit kelamin pada pria dan wanita jika tidak segera disembuhkan bisa berbahaya.

Penyakit Kelamin Pada Pria Tidak Disembuhkan? Ini Dampak Mengerikannya

A. Dampak Mengerikan Penyakit Kelamin Pada Pria: Gonore

Mungkin Anda masih terasa asing jika mendengar penyakit gonore, ya penyakit gonore adalah salah satu jenis penyakit kelamin pada pria maupun pada wanita ini sering disebut dengan penyakit kencing nanah ataupun penyakit raja singa.

Dan umumnya penyakit ini disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang bernama Neissera gonorrhoeae yang umumnya disebabkan oleh berbagai macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Perlu Anda waspadai bahwa penyakit gonore jika tidak disembuhkan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan banyak kasus yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang bagi kesehatan, lalu apa sajakah itu?

- Bisa menyebabkan kondisi nyeri pada bagian tabung yang menempel pada testis yang mungkin bisa menyebabkan seorang pria mengalami Epididimitis adalah suatu kondisi peradangan pada saluran sperma.

- Bisa mengalami peradangan pada kelenjar prostat ataupun prostatitis

Baca Juga: Inilah Bahaya Penyakit Gonore Pada Wanita Jika Tidak Disembuhkan

- Ternyata penyakit gonore juga bisa menyebar ke darah atau persendian seorang pria dimana hal ini bisa mengancam jiwa,

- Ternyata jika penyakit gonore pada pria maupun wanita tidak diobati maka bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus human immunodeficiency yang dapat menyebabkan AIDS

- Selain itu jika cairan penyebab penyakit gonore mengenai mata, maka kemungkinan besar bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada mata luar atau yang disebut dengan konjungtivitis gonore.

B. Dampak Mengerikan Penyakit Kelamin Pada Pria: Herpes Kelamin

Herpes kelamin ataupun herpes genitalis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual dan sama seperti penyakit gonore, penyakit herpes kelamin disebabkan oleh berbagai macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus herpes simplex virus (HSV).

Namun, perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar kasus herpes kelamin disebabkan oleh herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2) karena herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) lebih sering menjadi penyebab luka dingin akan tetapi tidak menutup kemungkinan virus tersebut juga bisa menjadi penyebab herpes kelamin.

Selain itu tahukah Anda bahwa di negara berkembang, herpes kelamin dapat melipatgandakan seseorang untuk lebih risiko tertular HIV jika seseorang terinfeksi dengan penyakit itu, menurut Dr. Handsfield

Dan meski jarang terjadi akan tetapi herpes bisa ditularkan dari ibu ke bayi saat melalui jalan lahir dan terkadang bayi bisa terinfeksi dari kontak kulit ke kulit atau dari mulut ke kulit dengan orang lain yang terinfeksi dan tentunya hal ini menjadi ancaman yang serius.

Karena bayi yang baru lahir dapat mengalami komplikasi berbahaya atau bahkan fatal saat terinfeksi virus herpes, bahkan bisa menyebabkan bayi mengalami kematian.

C. Dampak Mengerikan Penyakit Kelamin Pada Pria: Sifilis

Sifilis adalah salah satu jenis penyakit kelamin ataupun penyakit menular seksual dan dimana disebabkan oleh adanya virus yang bernama Treponema pallidum dan biasanya sipilis ditularkan lewat berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang telah terinfeksi sipilis.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa jika tidak diobati dengan tepat dan benar maka kemungkinan besar penyakit kelamin pada pria dan wanita ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan, akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa infeksi yang disebabkan oleh sifilis sangat sulit untuk terdeteksi ataupun didiagnosis sehingga membuat penyakit sifilis menjadi salah satu penyakit kelamin yang paling berbahaya yang ditularkan secara seksual, dan berikut di bawah ini adalah bahaya penyakit sifilis bagi kesehatan:

- Pada tahap sekunder sifilis dapat menyebabkan ruam pada tubuh yang tidak terasa gatal serta ruam tersebut berada di telapak tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya, dan biasanya pada tahap ketiga juga dikenal sebagai laten maka sifilis bisa berkembang selama bertahun-tahun.

- Dan sebagian besar gejala tersebut akan hilang akan tetapi infeksi tersebut mulai mengalami komplikasi serius sehingga bisa merusak fungsi tubuh yang berbeda.

- Bahkan sifilis yang tidak segera diobati atau disembuhkan bisa menyebabkan masalah pada mental dan neurologis, penyakit jantung, kebutaan dan akhirnya kematian adalah konsekuensi yang paling umum terjadi.

- Ada juga risiko tinggi menularkan Sifilis ke anak-anak yang baru lahir dari ibu yang terinfeksi.

D. Dampak Mengerikan Penyakit Kelamin Pada Pria: Klamidia

Tahukah Anda bahwa Klamidia adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang umumnya disebabkan oleh Chlamydia Trachomatis dan bakteri ini bisa hadir dan hidup di berbagai tempat seperti pada: serviks, uretra, Miss V, maupun pada tenggorokan.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun Klamidia bukan merupakan PMS yang paling berbahaya akan tetapi Klamidia yang tidak segera diobati maka bisa menimbulkan efek serius bagi kesehatan

Karena infeksi klamidia dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tuba falopi pada wanita dan dapat menyebabkan infertilitas ataupun masalah kesuburan di masa depan dan meningkatkan risiko kehamilan ektopik.

Selain itu infeksi Klamidia selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko wanita melahirkan prematur dan memiliki bayi dengan berat lahir rendah dan ternyata Klamidia dapat merusak sistem reproduksi, dan membahayakan kemampuan untuk wanita untuk hamil.

Nah, itulah tadi berbagai macam dampak mengerikan penyakit kelamin pada pria jika tidak segara diobati dan ada baiknya Anda mengkonsultasikan permasalahan tersebut kepada Kami jika Anda mengalami salah satu dari penyakit menular di atas, dan Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.