Selain itu bakteri Neisseria gonorrhoeae cenderung menginfeksi daerah lembab yang hangat, termasuk menginfeksi beberapa bagian seperti: uretra (tabung yang mengalirkan air kencing dari kandung kemih), tenggorokan, Miss V, dubur, dan bisa menginfeksi saluran reproduksi wanita (tuba falopi, serviks, dan rahim).

Gonorrhea adalah bisa menular dari satu orang ke orang melalui hubungan seks tanpa kondom, seperti seks vaginal, anal maupun oral dan seseorang kemungkinan besar akan terinfeksi jika memiliki banyak pasangan seksual serta sering mengganti pasangan seks.

Baca Juga: Mengerikan Ini yang Terjadi Jika Penyakit Kelamin Tidak Disembuhkan

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa dengan menggunakan kondom tidak sepenuhnya melindungi Anda untuk terhindari dari penyakit gonorrhea karena mungkin saja luka yang diberikan oleh penyakit ini bisa menginfeksi bagian lain yang tidak tertutup oleh kondom.

Gonorrhea adalah nama penyakit yang biasanya disebut dengan penyakit kencing nanah dimana penyakit ini sangat menular dan jika tidak segera disembuhkan maka penyakit Gonorrhea bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan.

Gejala Gonorrhea Adalah Sebagai Berikut:

Tahukah Anda bahwa biasanya gejala gonorrhea terjadi dalam dua sampai 14 hari setelah seseorang terinfeksi gonore? Akan tetapi sayangnya kebanyakan orang mungkin tidak pernah mengalami gejala yang nyata, namun masih terdapat gejala gonorrhea adalah yang bisa dirasakan oleh penderita dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejalanya, diantaranya:

A. Gejala Gonorrhea Pada Pria, Diantaranya:

Tahukah Anda bahwa biasanya, infeksi mulai menunjukkan gejala setelah seorang pria terinfeksi seminggu setelah penularannya dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala gonorrhea adalah pada pria yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Terasa sakit dan seperti terbakar saat buang air kecil.

- Frekuensi atau urgensi air kencing yang lebih sering.

- Keluarnya cairan tidak normal pada Mr P seperti nanah dan cairan tersebut bisa berwarna kuning atau kehijauan.

- Membengkak atau kemerahan pada saat pembukaan Mr P.

- Terasa nyeri dan membengkak pada buah zakar

- Sakit pada tenggorokan yang terus menerus dan biasanya disebabkan oleh seks oral.

B. Gejala Gonorrhea Pada Wanita, Diantaranya:

Tahukah Anda bahwa kebanyakan wanita tidak mengembangkan gejala gonore secara terbuka akan tetapi ketika wanita mengalami gejala maka biasanya gejala tersebut cenderung ringan atau serupa dengan infeksi lain sehingga sulit dikenali dan berikut di bawah ini adalah gejala gonore pada wanita, diantaranya:

- Keluar cairan tidak normal dari Miss V seperti nanah, atau sedikit hijau

- Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil

- Kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering

- Mengalami periode menstruasi yang lebih berat atau mengeluarkan bercak

- Sakit pada tenggorokan yang umumnya disebabkan oleh adanya seks oral

- Terasa sakit saat melakukan hubungan seksual

- Nyeri yang tajam di perut bagian bawah

- Mengalami demam

Apakah yang Terjadi Jika Gonore Tidak Segera Diobati?

Pada wanita yang memiliki gonorrhea adalah yang tidak segera diobati dan tidak disembuhkan maka berisiko lebih besar untuk terkena komplikasi jangka panjang karena infeksi tersebut dapat memasuki saluran reproduksi wanita yang melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Kondisi tersebut dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID) dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan kronis serta merusak organ reproduksi wanita dan selain itu ternyata PID juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual lainnya.

Wanita juga dapat mengembangkan pemblokiran atau bekas luka pada tuba falopi, yang dapat mencegah kehamilan di masa depan atau menyebabkan kehamilan ektopik biasanya terjadi saat sel telur membuahi di luar rahim.

Sedangkan pria yang mengalami gonorrhea adalah yang tidak segera diobati dan tidak disembuhkan maka berisiko lebih besar untuk mengalami abses (suatu penimbunan nanah) yang terasa menyakitkan di bagian dalam Mr P.

Selain itu infeksi dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan atau kemandulan dan jika infeksi gonore menyebar ke aliran darah pada pria dan wanita maka akan menyebabkan, kerusakan katup jantung, atau pembengkakan lapisan otak atau sumsum tulang belakang, walaupun kondisi tersebut jarang terjadi akan tetapi kondisi tersebut merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis secepat mungkin.

Saya Terinfeksi Gonorrhea Adalah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika Anda aktif secara seksual dan merasa memiliki salah satu gejala gonorrhea seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia dan biasanya untuk memastikan seseorang telah terinfeksi atau tidak maka membutuhkan diagnosis dari dokter spesialis penyakit kelamin.

Biasanya dokter akan melakukan beberapa tahapan ataupun tes untuk mendiagnosis penyakit gonore seperti: mengambil sampel cairan dari area simtomatik dengan tes swab yang akan dilakukan pada Mr P, Miss V, rektum, atau tenggorokan.

Kemudian cairan sampel tersebut akan diperiksa dan diteliti terlebih dahulu, dan biasanya dokter akan mengambil sampel dengan menarikdarah atau memasukkan jarum ke sendi simtomatik untuk menarik cairan.

Kemudian dokter akan menambahkan noda ke sampel dan memeriksanya di bawah mikroskop. Jika sel bereaksi terhadap noda, kemungkinan besar Anda terkena infeksi gonore dan cara ini relatif cepat dan mudah

Metode kedua biasanya akan melibatkan pengambilan sampel yang sama dan menempatkannya di piring khusus dan nantinya cairan tersebut akan diinkubasi dalam kondisi pertumbuhan ideal selama beberapa hari dan koloni bakteri gonore akan tumbuh jika ada gonore.

Dan jika Anda merasa memiliki gonore maka segeralah mengobatinya di Klinik Utama Gracia, karena dengan pengobatan yang tepat dan cepat maka dapat mencegah komplikasi berbahaya yang bisa diberikan oleh penyakit gonore.

Selain itu Anda tak perlu malu untuk mengobati gonore, karena di Klinik Utama Gracia rahasia Anda terjamin dan Anda dapat juga berkonsultasikan terlebih dahulu kepada Kami dengan mengklik tombol chat online di atas kapanpun dan dimapun.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.