Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Haid merupakan proses kematangan seksual bagi seorang wanita. Setiap wanita memiliki permasalahan haid yang berbeda, dan hampir semua wanita di dunia pasti mengalami menstruasi tidak lancar. Salah satu penyebab haid tidak lancar adalah pengaruh dari kurangnya hormon estrogen dan hormon progesterone.

penyebab menstruasi tidak lancar

Hormon estrogen adalah hormon yang berpengaruh terhadap perkembangan seksual dan reproduksi pada wanita. Salah satu fungsi hormon estrogen adalah mengatur siklus menstruasi. Sedangkan hormon progesterone adalah salah satu hormon pada wanita yang merangsang, mengatur fungsi serta berperan menjaga kehamilan, persiapan pembuahan dan mengatur siklus haid bulanan.

Ada banyak faktor penyebabnya, diantaranya adalah:

  • Memiliki kista endometriosis dan penyakit kewanitaan lainnya.
  • Dalam masa menarche, baru pertama kali mendapatkan haid.
  • Berat badan tidak seimbang, seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk.
  • Stres atau kondisi psikologi sedang terganggu.
  • Makan yang tidak teratur dan tidak seimbang.
  • Memiliki penyakit diabetes.
  • Mengkonsumsi obat tertentu yang berpengaruh terhadap fungsi sistem reproduksi pada wanita.
  • Memiliki masalah dengan hormon yang dibutuhkan untuk mendukung menstruasi.
  • Menggunakan narkotika, zat adiktif dan obat-obatan terlarang.
  • Memiliki permasalahan pada organ panggul, selaput dara imperforate, sindrom asherman atau sindrom ovarium polikistik.
  • Sedang dalam masa menyusui.

Kista endometriosis

Kista endometriosis yang berasal dari endometrium atau dinding rahim yang tumbuh tidak pada tempatnya. Kista tumbuh pada bagian luar rahim dan semakin besar. Wanita yang mempunyai kista endometriosis akan merasakan darah haid tidak keluar. Darah haid ini akan terus mengendap dan semakin lama semakin bertambah banyak. Pada kondisi ini, selanjutnya akan membentuk kantong yang berisi darah haid dengan ciri-ciri darah begitu kental dan warna kecoklatan.

Oleh karena itu, kista endometriosis disebut juga dengan nama kista coklat. Kista dapat membesar, bisa pecah dan terpuntir sehingga akan menimbulkan rasa sakit. Penderita kista endometriosis dapat mengalami haid tidak keluar, haid yang tidak teratur dan terkadang darah haid berjumlah sangat banyak.

Kondisi Fisik Lemah

Kondisi fisik tubuh wanita pada umumnya berada dalam keadaan yang cenderung menurun atau lemah ketika sedang dalam masa haid. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat maupun olahraga yang berat. Salah satu jenis kegiatan olahraga yang tidak dianjurkan ketika sedang haid adalah berenang.

Selaput Darah Buntu

Selaput dara yang buntu juga bisa menjadi penyebab darah haid tidak keluar. Dalam keadaan normal, selaput darah harus dalam keadaan terbuka sehingga darah haid bisa keluar. Selaput darah yang buntu bisa dibuka melalui operasi medis.

Hormon Tidak Seimbang

Di dalam tubuh seorang wanita terdapat hormon yang berpengaruh terhadap kelancaran haid. Kondisi hormon yang tidak seimbang dapat menjadi penyebab haid tidak keluar. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga secara teratur, hindari stress dan beban pikiran berlebihan serta menjaga berat badan tetap normal.

Sebelum memutuskan bahwa mengalami menstruasi tidak lancar atau tidak teratur, sebaiknya perlu mengetahui periode normal haid anda. Periode haid setiap wanita tidak sama, jika masih dalam rentang 22 sampai dengan 35 hari maka periode haid adalah normal.

Selain beberapa faktor penyebab di atas, ada faktor lain yang berhubungan seperti hubungan antara usia, pekerjaan, pendapatan/ekonomi, menyusui, status gizi dengan pola menstruasi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya:

  • Melakukan pola makan yang seimbang.
  • Meredakan stres yang dialami dengan melakukan wisata atau jalan-jalan.
  • Beristirahat dan olah raga yang cukup.
  • Berhenti mengkonsumsi alkohol dan asupan lain yang tidak bersahabat dengan tubuh.
  • Masa menjelang menopause.

Sebelum mencari solusi cara mengatasinya lebih baik untuk mencari tahu penyebab menstruasi tidak lancar. Secara umum, permasalahan ini tidak harus diatasi dengan pengobatan secara medis. Tetapi jika permasalahan yang dihadapi tidak biasa seperti darah haid yang keluar terlalu berlebihan dan lebih dari 7 hari disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara medis.