Makanan dan Minuman Pelancar Menstruasi

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Menstruasi atau Haid secara normal dialami wanita satu kali setiap bulan. Dalam kondisi tertentu, ada juga wanita yang mengalami haid setiap 2 sampai 3 bulan sekali, kondisi ini disebut dengan haid tidak teratur.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi lancar atau tidak lancar siklus haid seseorang, beberapa diantaranya adalah pengaruh hormon, berat badan, pola hidup dan stress.

Untuk mengatasi masalah haid tidak teratur, Anda dapat melakukan berbagai cara, misalnya mengubah pola gaya hidup, olah raga atau menggunakan obat pelancar menstruasi. Hal lain yang dapat dilakukan untuk memperlancar menstruasi atau haid adalah dengan mengkonsumsi makanan, minuman pelancar haid.


Berikut Pilihan Makanan & Minuman Pelancar Haid

Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang memiliki fungsi dan berpengaruh untuk melancarkan menstruasi atau haid pada wanita. Tentu saja makanan dan minuman yang sehat yang dan memberikan dampak positif untuk tubuh. Berikut beragam pilihan makanan & minuman untuk memperlancar haid.

Brokoli

Brokoli memiliki manfaat sebagai pelancar menstruasi pada seorang wanita. Selain itu, Brokoli mengandung kandungan zat besi yang dapat membantu untuk meningkatkan hormon serotonin. Hormon ini berpengaruh terhadap pengendalian mood atau emosi. Jika hormon serotonin berkurang, maka akan menjadi cepat tersinggung atau marah. Begitu juga sebaliknya.

Salmon

Kandungan Salmon kaya akan vitamin D dan kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang serta menstabilkan jumlah hormon. Kandungan Omega 3 dan Vit D dalam salmon dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Sebaiknya ikan salmon dikonsumsi sebelum Anda masuk masa haid. Selain itu, Salmon memiliki dampak anti inflamasi sehingga dapat mengurangi kembung.

Sayuran berdaun hijau

Banyak pilihan sayuran daun hijau yang bisa dikonsumsi dengan tujuan sebagai pelancar mentsruasi seperti bayam, brokoli dan asparagus.

Ikan dan minyak ikan

Ikan kaya kandungan omega 3, kandungan ini baik untuk tubuh. Omega 3 bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah pada ovarium dari kerusakan yang bisa menunda siklus menstruasi.

Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu makanan & minuman yang bermanfaat sebagai pelancar menstruasi karena dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Yogurt

Susu difermentasi ini jika dikonsumsi secara rutin dapat melancarkan siklus menstruasi pada wanita.

Susu kedelai

Susu kedelai bermanfaat untuk menjaga siklus menstruasi agar siklus menstruasi menjadi lebih teratur.


Rutin mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut di atas dapat membantu Anda memperlancar haid. Selain itu, cara lainnya adalah melakukan pola hidup sehat seperti selalu menjaga kesehatan lingkungan, aktivitas dan olah raga yang cukup, istirahat dan tidak melakukan hal-hal atau kegiatan yang merugikan kesehatan. Olah raga secara rutin dapat membuat sistem yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik.