Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Menstruasi tidak lancar? Hal tersebut merupakan salah satu masalah yang umum dialami para wanita, terutama wanita yang berusia produktif. Pada umumnya wanita dapat mengalami sebelas sampai tiga belas siklus periode menstruasi yang normal setiap tahunnya. Namun, tidak semua wanita memiliki siklus yang sama. Tentunya pada sebagian wanita juga pernah mengalami permasalahan ini. Apa penyebabnya? Pada artikel ini akan dibahas mengenai penyebab haid tidak lancar yang terjadi pada wanita.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut dapat terjadi jika wanita masih berada di tahun awal menstruasi atau masa pubertas. Selain itu, haid tidak lancar atau tidak teratur dapat terjadi pada saat menjelang masa monopause. Namun apabila anda tidak berada pada masa pubertas atau tidak mendekati masa monopause, makah menstruasi atau haid yang tidak lancar ini disebabkan oleh kondisi lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar.

1. Stres

Saat stres maka tubuh akan memproduksi hormon stres yang akan berpengaruh pada keluarnya hormon menstruasi. Kondisi stres yang dialami akan berpengaruh pada Hypothalamus, padahal hypothalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon yang mengatur periode menstruasi. Stres yang berlarut-larut akan menyebabkan peredaran darah menjadi tidak teratur.

2. Aktivitas yang berlebihan

Aktivitas berlebih dapat menimbulkan rasa lelah dan akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus, yang juga dapat mempengaruhi hormon menstruasi. Hal tersebut dapat mempengaruhi pelepasa hormon hipofisis yang memicu pelepasan telur atau ovulasi.

3. Jamur atau penyakit

Kondisi kelainan rahim, kista, maupun diabetes merupakan beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi tersebut dapat menjadi buruk apabila kondisi tubuh tidak segera diatasi. Segera kunjungi dokter jika penyebab lain tidak ditemukan saat tidak lancarnya menstruasi. Karena dapat saja dipicu oleh penyakit tertentu.

4. Alat kontrasepsi

Berbagai bentuk kontrasepsi dapat mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Penggunaan pil KB, suntik KB, ataupun KB hormonal dapat menyebabkan pendarahan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan pendarahan berat. Pemberian suntukan untuk kontrasepsi pasca melahirkan dapat menyebabkan haid tidak lancar dan teratur.

5. Kehamilan

Kehamilan merupakan alasan yang paling umum dari siklus menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur. Apabila periode menstruasi terasa sudah lewat dan belum mendapatkan haid/menstruasi, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Siklus haid yang tidak lancar atau teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan. Pemberian ASI pada bayi juga dapat menyebabkan waktu menstruasi menjadi terhambat.

6. Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid terdapat pada bagian leher yang dapat memproduksikah hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Apabila tiroid mengalami masalah atau gangguan, terkadang dapat mempengaruhi menstruasi. Segeralah melakukan konsultasi pada dokter. Dokter akan melakukan tes darah atau melihat bagaimana level hormon tiroid dalam darah.