Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Herpes adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus kulit yang ditandai dengan bintik-bintik pada kulit berisi cairan bening seperti cacar. Virus herpes dapat menular atau menyebar kepada orang lain melalui hubungan seksual, sentuhan secara langsung seperti pelukan, ciuman, alat-alat terkontaminasi virus herpes yang digunakan bersama. Herpes juga dapat menular kepada bayi yang masih berada di dalam kandungan.

Penyakit kulit herpes ada 2 jenis, yaitu Penyakit Herpes Zoster dan Penyakit Herpes Simpleks.

Herpes Zoster

Herpes Zoster adalah salah satu penyakit kulit herpes yang menyerang permukaan kulit pada daerah badan disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Gejala penyakit Herpes Zoster ditandai dengan bercak berwarna kemerahan pada kulit. Setelah 12 sampai 24 jam akan tampak bintik-bintik pada kulit berisi cairan di atas kulit yang berwarna kemerahan tersebut. Setelah 1 sampai 7 hari, bintik air tersebut menjadi bernanah kemudian mengering. Gejala Herpes Zoster terlihat mirip dengan cacar air.

Herpes Simpleks

Herpes simpleks adalah salah satu penyakit herpes yang menyerang daerah bibir, mulut, alat kelamin. Penyebab herpes simplex adalah Virus “Herpes Simpleks Virus” (HSV) yang menular melalui kontak genital (melalui alat kelamin ketika hubungan seksual) atau melalui oral seks. Penularan herpes simpleks disebabkan kegiatan hubungan seksual yang tidak wajar. Pengobatan herpes simpleks tidaklah mudah, karena merupakan jenis penyakit herpes yang sangat sulit untuk disembuhkan. Penderita bisa sembuh dari penyakit ini, tetapi bisa kambuh kembali kapan saja.

Gejala Herpes

Gejala Herpes secara umum antara lain pembengkakan khusus pada kelenjar getah bening, sering kesemutan pada anggota badan yang terinfeksi virus herpes, ditandai dengan bintik kemerahan bersisi air dan melepuh disertai rasa sakit dan panas, sesak napas, demam, nyeri pada persendian, menggigil, rasa pegal, sariawan muncul terus menerus pada tempat yang sama.

Penyebab Herpes

Penyebab herpes adalah virus. Virus bisa saja tersebar di udara dan orang di sekitar dapat tertular akibat virus herpes yang terbawa oleh udara dan masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan. Selain itu juga bisa melalui kontak secara langsung dengan penderita, yaitu melalui sentuhan, menggunakan alat yang sama dengan penderita maupun melalui kontak genital dan oral seks.

Pengobatan Herpes

Pengobatan herpes tidaklah mudah, jika Anda merasakan memiliki gejala herpes, sebelum membeli obat penyakit kulit herpes disarankan untuk mengingat kembali kegiatan apa saja yang telah dilakukan beberapa minggu terakhir. Kemudian untuk segera mencari tahu informasi tentang ciri ciri penyakit kulit herpes, penyebab herpes, melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit kelamin menular seksual untuk mengetahui langkah-langkah cara mengobati gejala herpes yang tepat.