Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Ciri ciri herpes mudah dikenali, ditandai dengan timbulnya bulatan-bulatan kecil yang berisi cairan bening. Cairan ini jika pecah dan dibiarkan begitu saja sampai kering terlihat seperti koreng. Karena herpes merupakan penyakit mudah menular, maka disarankan untuk segera diobati sebelum menyebar dan bertambah parah.

Penyakit herpes adalah penyakit yang meradang pada kulit, biasanya ditandai dengan munculnya gelembung berisi air dan berkelompok. Herpes terdiri dari dua jenis yaitu herpes zoster yang menyerang kulit, dan herpes genitalis yang merupakan penyakit kelamin. Ciri-ciri herpes yaitu ditandai juga dengan rasa sesak nafas, demam, menggigil, rasa nyeri pada sendi, rasa pegal pada satu bagian tubuh.

Biasanya orang yang terkena penyakit herpes merasa dirinya terserang usus buntu, serangan jantung maupun migrain. Kemudian ditandai dengan munculnya gelembung kecil di daerah punggung, tetapi pada hanya pada 1 sisi yaitu di daerah saraf tertentu. Gelembung bisa pecah dan terasa nyeri sehingga dapat terinfeksi bakteri.

Gelembung juga dapat muncul di area mata, dahi, sekitar alat genital, dan hanya muncul di 1 sisi tubuh. Serangan herpes bisa terjadi sekaligus pada beberapa area persarafan sehingga menyebabkan perluasan penyakit herpes ke bagian tubuh lain sampai ke kepala.

Pada umumnya penyakit herpes hanya menyerang sekitar persarafan di daerah sekitar dada. Agar kuman tidak dapat masuk dan tidak menimbulkan bekas maka disarankan untuk menjaga agar gelembung tersebut tidak pecah menggunakan bedak talk yang dapat melicinkan kulit.

Biasanya, beberapa hari kemudian gelembung akan mengempis dan akan meninggalkan tanda bekas berwarna hitam pada kulit. Jika penderita herpes tahan terhadap hawa dingin maka diperbolehkan untuk mandi.

Secara umum penyakit herpes menular melalui kontak langsung. Sedangkan untuk herpes zoster penularan dapat melalui udara namun daya penularannya tidak sekuat cacar air. Jika ada yang tertular herpes zoster, biasanya penyakit herpes awalnya dimulai terkena cacar air dulu walaupun dia belum pernah memiliki sakit cacar air.

Berbeda dengan penularan herpes genitalis. Meskipun orang yang memiliki herpes genitalis tidak menimbulkan gejala hingga waktu yang lama, orang tersebut dapat menularkan virus kepada pasangan seksualnya.

Jadi, untuk dapat mengenali ciri herpes apakah seseorang terkena virus herpes simplex, bukan hanya dengan melihat gejalanya, tetapi dengan melakukan pemeriksaan ke laboratorium apakah positif atau negatif terkena virus herpes. Karena bisa saja seseorang sudah lama memiliki virus herpes simplex tetapi tidak menyadari karena belum menunjukan gejalanya.

Oleh karena itu, bagi anda yang merasa termasuk kepada golongan yang memiliki resiko terular virus herpes simplex (herpes genitalis), tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan secara medis ke laboratorium.

Semakin lama virus herpes ada di dalam tubuh anda, semakin lama dan sulit pengobatannya. Jika anda positif terkena herpes simplex virus, harus segera dilakukan pengobatan secara medis.