Mungkin kebanyakan orang belum mengetahui penyebab herpes genitalis, padahal dengan mengetahui penyebabnya seseorang dapat dengan mudah untuk mencegah hal penyakit tersebut, lalu apakah herpes genitalis itu? Dan apakah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui bahwa herpes genitalis ataupun herpes kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang paling umum di AS dan diketahui bahwa penyakit kelamin ini disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV).

Perlu Anda ketahui juga bahwa sebagian besar kasus herpes kelamin disebabkan oleh infeksi oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2), selain itu virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) lebih sering menjadi penyebab luka dingin namun tak menutup kemungkinan hal tersebut juga bisa menjadi penyebab herpes kelamin.

Lalu, Apakah Seks Bisa Menjadi Penyebab Herpes Genitalis?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa herpes kelamin disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV), dimana ada dua jenis yaitu tipe 1 (HSV-1) biasanya menyebabkan herpes oral, infeksi pada bibir maupun pada mulut, dan gejala umumnya dikenal sebagai cold sores atau luka lecet.

Dulu, HSV-1 tidak diketahui menjadi penyebab herpes genitalis akan tetapi hal itu berubah terutama di kalangan orang yang mulai berhubungan seks di usia muda. Namun, nyatanya kebanyakan kasus herpes kelamin disebabkan oleh jenis tipe 2 virus herpes (HSV-2) yang disebabkan oleh berhubungan seks dan hal ini terjadi bahkan jika orang dengan virus tersebut tidak memiliki gejala atau tanda infeksi.

Begitu virus HSV masuk melalui kulit virus tersebut berjalan sepanjang jalan saraf dan virus ini mungkin menjadi tidak aktif di saraf dan mungkin tetap ada tanpa batas waktu. Namun, dari waktu ke waktu virus ini bisa menjadi aktif dan ketika itu terjadi virus bisa bergerak kembali menyusuri jalan saraf ke permukaan kulit, di mana virus tambahan ditumpahkan dan pada titik ini virus dapat menyebabkan wabah gejala atau mungkin tetap tidak terdeteksi.

Ternyata virus ini sangat aktif dan mudah berpindah dari satu pasangan ke pasangan lainnya melalui kontak seksual, bahkan memakai kondom mungkin tidak melindungi pasangan yang tidak terinfeksi karena virus ini bisa hadir pada kulit yang masih belum ditemukan dan jumlah kekambuhan atau wabah yang dapat dimilikinya dapat bervariasi.

Bahkan herpes kelamin ini lebih rentang penularannya terhadap kaum wanita, karena perluasan selaput lendir wanita sangat rentan terhadap HSV di sekitar atau di Miss yang tentu saja dapat meningkatkan peluang wanita untuk terinfeksi herpes kelamin.

Selain itu HSV-2 paling sering ditularkan oleh seks vaginal, namun sama seperti HSV-1 karena virus tersebut dapat menginfeksi alat kelamin dan menyebabkan herpes genital, Karena HSV-2 dapat berpindah dari alat kelamin seseorang ke mulut orang lain sehingga bisa mengakibatkan herpes oral.

HSV-2 juga tidak dapat bertahan lama di permukaan yang tidak hidup, jadi tidak ada risiko nyata untuk mendapatkannya dari tempat duduk toilet atau bak mandi air panas, misalnya.

Apa Sajakah Gejala Herpes Kelamin?

Meskipun Anda masih bisa melewati infeksi, tetapi mungkin di sisi lain Anda mungkin melihat gejala dalam beberapa hari sampai beberapa minggu setelah kontak seksual, atau Anda mungkin tidak mengalami gejala awal sampai beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi.

Bila gejala terjadi segera setelah seseorang terinfeksi, mungkin gejala tersebut cenderung menjadi parah dan biasanya gejala tersebut mungkin mulai sebagai luka lecet kecil yang akhirnya pecah dan menghasilkan luka borok yang menyakitkan dan bisa sembuh dalam beberapa minggu dibarengi dengan flu seperti gejala demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala lain dari penyakit herpes kelamin pada wanita dan pria yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Terdapat Area retak, luka lecet berwarna merah di sekitar alat kelamin dibarengi dengan rasa sakit, gatal, atau kesemutan

- Terasa gatal atau kesemutan di sekitar alat kelamin atau daerah anus

- Terdapat luka lepuh kecil yang pecah dan menyebabkan luka yang borok menyakitkan. Luka tersebut mungkin ada pada atau di sekitar alat kelamin Anda pada Mr P, Miss V atau di pantat, paha, atau daerah rektum Anda.

- Terasa sakit saat berkemih

- Sakit kepala

- Sakit punggung

- Mengalami gejala flu seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan sering merasa kelelahan

Namun, perlu Anda catat bahwa herpes kelamin bukan satu-satunya kondisi yang bisa menghasilkan gejala tersebut, karena terkadang bisa juga gejala tersebut mirip dengan: infeksi jamur pada Miss V, infeksi bakteri, atau infeksi kandung kemih, sehingga satu-satunya cara untuk mengetahui apakah mereka adalah gejala herpes kelamin maka konsultasikan kepada dokter dan biasanya herpes kelamin didiagnosis dengan
pemeriksaan fisik dan biasanya dikonfirmasi dengan tes swab atau tes darah.

Bisakah Gejala Herpes Kelamin Diobati?

Ternyata tidak ada obat untuk herpes kelamin, tetapi gejalanya bisa dikurangi dan dicegah dengan pengobatan dan dengan pengobatan bisa untuk mengurangi risiko menulari orang lain.
Biasanya penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan obat untuk membantu mencegah atau mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat gejala herpes kelamin dan biasanya obat dari resep dokter diminum setiap hari untuk menekan virus dan berfungsi untuk mengurangi jumlah wabah dan mengurangi risiko menulari orang lain.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai berbagai macam penyebab herpes genitalis dan ternyata seks adalah penyebab utamanya sehingga ada baiknya untuk mencegah hal tersebut dengan menghindari berhubungan seks dengan banyak pasangan dan ada baiknya lakukan hubungan seks dengan pasangan Anda yang sudah sah.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.