Bahaya herpes genital jika menginfeksi seseorang tentu akan muncul seiring dengan waktu ketika seseorang mulai mendapatkan gejala penyakitnya. Herpes genital juga termasuk dalam salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang sangat mudah ditularkan melalui segala bentuk kontak baik langsung maupun tidak langsung.

Dalam beberapa kondisi seseorang akan lebih mendapat keluhan herpes genital dengan kontak seksual, aktifitas seksual tersebut bisa termasuk seperti vaginal, anal, maupun oral. Bahaya herpes genital akan sangat dihindari ketika kondisinya sudah semakin bertambah serius atau fatal. Luka herpetic sering ditimbulkan pada keluhan herpes genital, yang mana seseorang akan lebih merasakan sakit pada bagian yang terinfeksi.

Seseorang juga bisa berpotensi untuk mendapatkan keluhan herpes genital ketika dirinya tanpa sadar melakukan kontak secara tidak langsung dengan orang yang didiagnosis dengan keluhan herpes genital. Virus adalah penyebab keluhan herpes genital, begitu Anda terinfeksi maka selamanya virus tersebut juga berada didalam tubuh Anda.

Penyebab Munculnya Penyakit Herpes Genital

Penyebab munculnya penyakit herpes genital tentu dapat diidentifikasi dengan melakukan pemeriksaan yang tepat, dimana Anda tentu akan membutuhkan beberapa faktor penunjang lain demi berjalannya sebuah diagnosis penyebab keluhan yang lebih pasti. Penyebab secara pasti dari adanya infeksi tersebut tentunya adalah Herpes simplex virus (HSV), namun perlu Anda ketahui jika dari virus herpes sendiri juga memiliki 2 jenis.

• Herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) adalah salah satu jenis virus yang juga menyebabkan adanya keluhan herpes. Namun untuk jenis HSV-1 biasanya lebih dikenal dengan herpes zoster, dimana jenis herpes ini biasanya lebih ditemukan pada area tubuh selain organ genital. Namun Anda juga harus mewaspadai adanya perpindahan virus selama aktifitas seksual secara oral.

• Sedangkan herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2) adalah penyebab utama dari keluhan herpes genital dan mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak kulit ke kulit secara langsung yang dilakukan saat aktifitas seksual. dan tentunya keluhan ini akan mudah ditemukan pada area sekitar organ genital, selangkangan, paha bagian atas, monspubis, dan lainnya.

Virus yang masuk kedalam tubuh Anda tentu tidak akan mudah untuk bisa disembuhkan atau dihilangkan, karena mereka akan memasukan diri ke dalam sel tubuh dan tinggal disaraf pelvis (panggul). Virus akan cenderung mudah untuk berkembang biak atau beradaptasi dengan lingkungannya, dan hal inilah yang menjadi alasan penyebab dari virus sulit untuk diobati.

Virus penyebab keluhan herpes genital biasanya akan lebih sering atau mudah ditemukan pada cairan tubuh seseorang yang mendapatkan infeksinya dan ini termasuk seperti :

• Cairan vagina
• Air mani atau sperma
• Air liur

Gejala Dan Bahaya Herpes Genital Bagi Tubuh

• Munculnya benjolan atau gelembung berisi cairan pada area genital.
• Terasa perih atau adanya sensasi terbakar.
• Demam atau gejala seperti flu.
• Sakit atau nyeri dan gatal pada area yang terinfeksi.
• Dalam beberapa waktu benjolan akan mudah pecah dan menyebabkan luka pada area yang terinfeksi.
• luka yang muncul akan membentuk kerak atau kerpeng dan mudah disembuhkan atau hilang tanpa meninggalkan bekas.

Biasanya gejala ini akan mudah hilang dan muncul kembali dalam beberapa waktu, dan karena hal tersebutlah penyakit herpes genital dapat dengan mudah menimbulkan bahayanya. Setiap gejala dalam sebuah penyakit, khususnya bahaya herpes genital biasanya akan lebih kompleks ketika gejalanya juga terus muncul atau kambuh lebih sering.

Kondisi seseorang akan lebih disarankan untuk melakukan tindakan perawatan sedini mungkin untuk menghindari adanya keluhan tersebut. Apa sajakah bahaya herpes genital yang dapat muncul ketika Anda diindikasikan memiliki keluhan herpes genital yaitu :

• Mudah berulang atau kambuh kembali meskipun telah diberikan pengobatan.
• Rentan menular dan ditularkan pada orang lain disekitar kita.
• Masalah terhadap sistem saluran kemih kronis.
• Meningitis atau radang selaput otak.
• Radang rektum atau proktitis.
• Infeksi atau masalah kehamilan dan kelahiran.

Mengatasi Bahaya Herpes Genital

Cara untuk mengatasi keluhan dan bahaya herpes genital yang mudah muncul tentu akan lebih sulit jika dibandingkan dengan mencegah munclnya keluhan herpes genital Anda. jangan biarkan kondisi tersebut terjadi atau berlangsung secara terus menerus tanpa adanya penanganan yang tepat dari kondisi keluhan tersebut.

Dengan melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara tepat Anda juga akan tetap menjadi sebuah kondisi yang lebih sulut atau rimit dari sebelumnya. Saran untuk mencegah bahaya herpes genita sama dengan mencegah infeksi manular seksual alainnya, yaitu dengan menjauhi tindakan yang bisa menimulkan risiko bagi kesehatan Anda.

Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan lebih dberikan sebuah pengobatan yang lebih intensif, dan akan lebih disarankan oleh dokter Anda saat melakukan pemeriksaan atau pengecekan secara langsung. Pemeriksaan secara berkala bagi seseorang yang aktif secara seksual akan sangat dibutuhkan bagi Anda.

Klinik Utama Gracia mengatasi bahaya herpes genital secara khusus dengan peralatan medis terbaik dan modern. Klinik kami menangani secara intensif setiap keluhan pada organ genital, sehingga untuk keluhan herpes genital klinik kami juga memberikan perawatan untuk mengatasi penyebabnya agar keluhannya juga tidak mudah untuk berulang atau kambuh.

“Informasi lebih lanjut dan konsultasi silahkan klik link konsultasi kami atau hubungi nomor 081336361555 dengan dokter dan tenaga profesional diklinik kami”