Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Mungkin kebanyakan pria pasti sudah mengetahui apa itu impotensi, tapi tak ada salahnya bagi kaum wanita untuk mengetahuinya karena mungkin bisa saja suami Anda tak mengetahui hal tersebut sehingga jika Anda mengetahuinya maka Anda bisa mencegah hal tersebut.



Lalu, Apa Itu Impotensi?



Impotensi adalah salah satu permasalahan klasik yang paling sering terjadi pada kaum pria dibandingkan dengan kamu wanita, selain itu masalah impotensi umumnya lebih sering terjadi pada pria yang berusia tua dibandingkan dengan pria muda.

Selain itu biasanya apa itu impotensi ditandai dengan ketidakmampuan secara konsisten untuk mempertahankan ereksi yang cukup untuk berhubungan seksual atau ketidakmampuan untuk mencapai ejakulasi, ataupun mengalami keduanya dan impotensi adalah salah satu jenis Disfungsi Ereksi (DE).

Dan perlu Anda ketahui bahwa Disfungsi Ereksi bisa bermacam-macam jenis, bahkan hal ini dapat melibatkan ketidakmampuan secara total untuk mencapai ereksi atau ejakulasi, kemampuan yang tidak konsisten untuk melakukannya, atau kecenderungan untuk mempertahankan ereksi yang sangat singkat.

Risiko impotensi juga ternyata akan meningkat seiring bertambahnya usia dan permasalahan seksual ini jauh lebih sering terjadi pada pria berusia 60 tahunan dibandingkan dengan pria yang berusia 40-an.
Pria dengan pendidikan kurang juga lebih mungkin mengalami impotensi hal tersebut terjadi karena mereka cenderung memiliki pola hidup yang kurang sehat serta sering minum alkohol, dan kurangnya berolahraga.

Apa Sajakah Gejala Utama Impotensi?

- Mengalami tingkat ereksi yang terlalu lembut untuk melakukan hubungan seksual
- Mengalami ereksi yang terlalu singkat untuk melakukan hubungan seksual.
- Sering merasakan ketidakmampuan untuk mencapai ereksi

Pada intinya seorang pria yang tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang berlangsung cukup lama atau cukup kaku untuk menyelesaikan hubungan seksual dianggap memiliki impotensi.



Apakah yang Menjadi Penyebab Impotensi?
Diketahui bahwa penyebab apa itu impotensi ada banyak dan termasuk karena penyakit diabetes, jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, obesitas, sindrom metabolik, penyakit Parkinson, penyakit Peyronie,
penyalahgunaan obat terlarang, mengalami gangguan tidur, mengalami masalah hubungan, penyakit pembuluh darah (misalnya penyakit pembuluh darah perifer dan lainnya), penyakit sistemik, ketidakseimbangan hormon, dan karena obat-obatan tertentu.

Siapa Sajakah yang Berpotensi Untuk Mengalami Impotensi?
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa permasalahan impotensi akan lebih sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia pria.

Karena persentase impotensi meningkat dari 5% menjadi 15% seiring bertambahnya usia dan terutama bisa terjadi pada usia 40 tahun sampai 70 tahun atau bisa juga terjadi pada pria yang lebih muda.
Selain itu, impotensi mungkin lebih sering terjadi pada pria yang memiliki riwayat diabetes, mengalami obesitas, perokok, dan hipertensi. Akan tetapi ini tidak berarti seiring bertambah tua adalah akhir dari kehidupan seks Anda, karena pada kenyataanya permasalahan impotensi ini dapat dicegah serta dapat diobati pada usia berapa pun.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Impotensi?



- Perhatikan Apa yang Anda Makan
Karena apa pun yang buruk bagi jantung juga buruk bagi penisnya, kata Andrew McCullough, MD dari associate professor urologi klinis dan direktur program kesehatan seksual pria di New York University Langone Medical Center.

Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan tidak sehat seperti terlalu sering mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan serangan jantung akibat aliran darah yang terbatas di arteri juga dapat menghambat aliran darah yang menuju Mr P karena aliran darah sangat dibutuhkan agar Mr P bisa bisa tegak atau berereksi.

Dan terdapat studi terbaru menunjukkan bahwa masalah impotensi relatif jarang terjadi pada pria yang sering mengkonsumsi makanan tradisional dan jarang terjadi pada pria yang sering mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak zaitun, ikan, dan anggur, terutama berwarna merah.

- Pertahankan Berat Badan yang Sehat
Karena umumnya seseorang yang mengalami kelebihan berat badan ataupun mengalami obesitas dapat membawa banyak masalah kesehatan, termasuk bisa mengalami diabetes tipe 2 yang dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh dan selain itu seperti yang telah dijelaskan di atas jika diabetes bisa mempengaruhi saraf yang memasok darah ke Mr P.

- Hindari Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Tinggi
Karena umumnya kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah, termasuk yang membawa darah ke Mr sehingga hal tersebut bisa menjadi penyebab apa itu impotensi. Sehingga pastikan bahwa Anda rutin untuk memeriksakan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda.

Baca juga: Suami Susah Naik Saat Berhubungan, Awas Salah Satu Ciri-Ciri Impotensi

- Hindari Obat Tekanan Darah
Karena menurut penelitian obat tekanan darah bisa membuat sulit untuk ereksi. Namun dokter mengatakan bahwa banyak kasus impotensi yang disalahkan pada obat ini sebenarnya disebabkan oleh kerusakan arteri akibat tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi.

- Meminum Alkohol Secukupnya Atau tidak sama sekali
Tidak ada bukti bahwa konsumsi alkohol ringan atau bahkan buruk buruk untuk fungsi ereksi, kata Ira Sharlip, MD, seorang profesor urologi di University of California San Francisco School of Medicine.
Tetapi Peminum alkohol berat dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan seperti: kerusakan hati kronis, kerusakan saraf, dan kondisi lainnya seperti mengganggu keseimbangan normal tingkat hormon seks pria yang ternyata dapat menyebabkan impotensi.

- Cobalah Berolahraga Secara Teratur
Ternyata banyak bukti kuat yang menghubungkan gaya hidup sehat dengan masalah disfungsi ereksi, karena masalah impotensi bisa dicegah dengan olahraga secara teratur, seperti berjalan kaki, berenang, dan bentuk latihan aerobik lainnya telah terbukti membantu mencegah DE.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada baiknya untuk berhati-hatidengan segala bentuk latihan yang memberi tekanan berlebihan pada perineum, yaitu area antara skrotum dan anus
Baik pembuluh darah dan saraf yang memasok penis dapat terpengaruh secara negatif dari tekanan yang berlebihan di area ini. Karena menurut Goldstein mengatakan kalau mengendarai sepeda yang terlalu lama mungkin bisa menyebabkan impotensi.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai apa itu impotensi dan jika misalkan Anda merasa memiliki beberapa gejala seperti di atas maka ada baiknya segera konsultasikan dengan Kami dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.