Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Mungkin sebagian besar pria dewasa belum mengetahui gejala gejala impotensi padahal dengan mengetahuinya kita dapat dengan mudah untuk mencegah hal tersebut, lalu apa sajakah gejala impotensi dan bagaimanakah cara mengatasinya?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai gejala impotensi pada pria maka baiknya kita akan mengulas kembali apa itu impotensi? Ya impotensi atau dikenal lemah syahwat merupakan suatu bentuk Disfungsi Ereksi (DE) adalah keadaan dimana seorang pria tidak mampu mencapai dan mempertahankan ereksi atau bahkan keduanya.

Diketahui terdapat beberapa faktor yang menyebabkan dan impotensi pada pria dan impotensi termasuk ke dalam gangguan emosional dan fisik.
Bahkan menurut beberapa penelitian impotensi dialami pada pria dengan rentang usia 40 tahun sampai 70 tahun akan tetapi dalam beberapa kasus ditemukan bahwa seorang pria bisa mengalaminya dibawah umur 40 tahun.

Selain itu kemungkinan besar pria dengan pendidikan rendah juga dianggap memiliki resiko lebih rendah untuk terserang impotensi, hal ini karena faktor gaya hidup mereka yang cenderung buruk.

Apakah Penyebab Impotensi?

Tahukah Anda bahwa gairah seksual merupakan proses komplek yang melibatkan hormon, pembuluh darah, otak, emosi, saraf dan otot? Karena masalah impotensi biasa sangat berkaitan dengan komponen tersebut maka jika seseorang mengalami stress dan masalah mental dapat menjadi penyebab masalah disfungsi ereksi.

Terkadang kombinasi masalah fisik dan psikis menjadi faktor pemicu disfungsi ereksi karena hal tersebut dapat memperlambat respon seksual seseorang yang menyebabkan kegelisahan yang menyulitkan untuk mempertahankan ereksi, dan berikut di bawah ini adalah 2 penyebab disfungsi ereksi paling umum diantaranya:

- Penyebab Impotensi Secara Fisik
Penyebab impotensi yang pertama yaitu secara fisik penyebabnya meliputi: penyakit jantung, pembuluh darah yang tersumbat, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, kegemukan, Parkinson, sindrom metabolik, obat dengan resep tertentu, merokok, multiple sclerosis, meminum alkohol, gangguan tidur, operasi yang berhubungan dengan daerah panggul dan sumsum tulang belakang.

- Penyebab Impotensi Secara Psikologis
Penyebab impotensi yang selanjutnya adalah karena faktor psikologis dan penyebabnya meliputi: otak sangat berperan penting dalam terjadinya ereksi, dimulai dengan perasaan gairah seksual, depresi, gangguan kesehatan mental, kecemasan, penekanan, masalah hubungan karena stress, atau komunikasi yang buruk.

 

Lalu, Gejala Impotensi Pada Pria Seperti Apa?

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak gejala yang ditimbulkan dari impotensi atau disfungsi ereksi, namun kali ini kita akan membahas mengenai gejala impotensi pada pria dan jika Anda merasa memiliki salah satu gejala seperti di bawah maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli andrologi di Klinik Utama Gracia dan gejalanya diantaranya:

- Ketidakmampuan Menjaga Ereksi
Menurut University of California di San Francisco Medical Center menjelaskan bahwa ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk hubungan seksual adalah gejala impotensi yang biasa terjadi pada pria.

Dalam kasus ini, pria tersebut awalnya mengalami ereksi, baik melalui rangsangan mental, maupun disentuh oleh pasangannya atau dengan menyentuh Mr P nya sendiri.

Namun, ereksi tersebut dapat hilang sebelum melakukan hubungan badan atau segera setelah memulai hubungan badan, dan gejala ini biasanya menunjukkan bahwa disfungsi ereksi disebabkan oleh sebab psikologis, termasuk stres, rasa bersalah, rasa takut, malu atau emosi lainnya.

- Tidak Memiliki Hasrat Seksual Untuk Berhubungan Badan
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kaum pria mungkin memiliki hasrat yang tinggi saat melakukan hubungan badan dengan pasangan mereka, namun lain halnya dengan pria yang mengalami gejala impotensi karena mereka kemungkinan besar tidak memiliki hasrat seksual karena Mr P tidak dapat berereksi.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Mengatasi Impotensi Menurut Para Ahli

- Hubungan Seksual Dengan Kualitas Buruk
Bagi kebanyakan orang tentunya menginginkan hubungan seksual dengan kualitas yang maksimal untuk memuaskan masing-masing pasangan, namun dalam beberapa kasus mereka dapat ereksi namun tidak dapat melakukan hubungan seks dengan kualitas yang baik

Sehingga tentunya pasangan Anda akan merasa kecewa, namun beberapa orang juga dapat mencapai ereksi dengan pasangan mereka tetapi mungkin mengalami ereksi terlalu singkat atau ereksinya terlalu lembut.

- Memiliki Gigi yang Kotor dan Buruk
Kebanyakan dari Kita mungkin tidak mengetahui bahwa kebersihan gigi juga menunjang untuk keberhasilan ereksi, karena menurut penelitian yang dilakukan di Taiwan 79 % pria yang menderita disfungsi ereksi juga mengalami penyakit periodontal kronis yaitu infeksi gusi berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Menurut penelitian kurangnya menjaga kebersihan gigi dapat menyebabkan bakteri masuk kedalam aliran darah, dan merusak aliran darah sehingga aliran darah yang menuju ke Mr P menjadi terganggu.

- Ketidakmampuan Untuk Mencapai Ereksi
Jika Anda merasakan kondisi ketidakmampuan untuk mencapai ereksi walaupun telah dirangsang secara seksual, maka hal tersebut adalah gejala impotensi pada pria dan ternyata hal ini bisa disebabkan oleh sebab medis atau psikologis.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Gejala Impotensi Pada Pria?

- Jika Anda mengalami salah satu penyakit yang dapat menyebabkan impotensi maka ada baiknya untuk menyembuhkannya dan konsultasikan kepada dokter karena penyakit diabetes dan jantung dapat menyebabkan hal tersebut.

- Batasi merokok, alkohol dan penggunaan obat terlarang lainnya.

- Lakukan olahraga secara teratur.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Impotensi Sejak Dini

- Lakukan relaksasi atau langkah-langkah untuk mengurangi stress.

- Dapatkan bantuan untuk mengatasi masalah depresi, kecemasan, atau masalah mental lainnya

- Menjaga berat badan

Demikian artikel mengenai gejala impotensi pada pria, jika Anda merasa mengalami gejala seperti di atas atau Anda ingin mengetahui informasi tentang gejala impotensi lainnya maka Anda dapat mengkonsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda juga dapat datang langsung dan melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang paling tepat.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.