Gejala infeksi saluran kencing

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Apakah Anda sudah tahu gejala infeksi saluran kencing yang sering terjadi? Penyakit infeksi disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam saluran kencing. Hal ini sering disebut dengan infeksi saluran kencing.  Semua orang memiliki kemungkinan terkena penyakit ini, sebagian besar dialami oleh wanita dan ibu hamil. Meskipun bukan penyakit berbahaya dan dapat diobati, ada baiknya untuk mengenali gejala infeksi saluran kencing dan segera melakukan pengobatan sebelum berkembang menjadi lebih serius.

Berikut adalah beberapa Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing dapat terjadi karena ada bakteri dan kuman merugikan yang masuk dan berkembang di dalam saluran kencing. Masuknya bakteri dan kuman tersebut menimbulkan peradangan dan infeksi karena mengeluarkan toksin dan racun sehingga terjadi iritasi pada saluran kencing. Infeksi bisa terjadi pada sepanjang jalur saluran kencing, dimulai dari ginjal sampai ke bagian uretra atau saluran kencing bagian bawah. Berikut uraian mengenai cici ciri infeksi saluran kencing:

Rasa Nyeri Saat Kencing

gejala infeksi kandung kemih

Gejala infeksi saluran kencing yang pertama adalah ditandai dengan rasa nyeri ketika kencing atau berkemih. Yaitu rasa nyeri seperti terbakar, panas pada saat kencing. Rasa nyeri akan hilang dengan sendirinya setelah selesai. Rasa nyeri ini dapat terjadi karena terjadi infeksi pada saluran kencing bagian bawah dan kandung kemih.

Perasaan Ingin Sering Kencing

gejala infeksi saluran kemih

Ciri ciri infeksi saluran kencing yang lain adalah rasa untuk kencing secara terus menerus. Penderita selalu ingin berkemih walaupun beberapa menit yang lalau atau setengah jam sebelumnya baru saja buang air kencing dan air kencing yang dikeluarkan hanya sedikit serta sering diikuti dengan rasa kurang puas atau belum tuntas ketika selesai.

Sering Kencing Pada Malam Hari

gejala infeksi saluran kemih

Ciri-ciri infeksi saluran kencing yang berikutnya adalah pada malam hari penderita sering terbangun hari hanya untuk kencing.

Perasaan Tidak Enak atau Nyeri Pada Perut Bagian Bawah

gejala infeksi saluran kencing

Infeksi yang terjadi pada kandung kemih bisa memberikan ciri ciri infeksi pada saluran kencing yaitu rasa nyeri pada perut bagian bawah atau kandung kemih. Rasa nyeri yang ditimbulkan haris diwaspadai karena bisa saja terjadi indikasi batu kandung kemih.

Kencing Berwarna Merah

gejala infeksi kandung kemih

Jika Anda mengalami infeksi saluran kencing dengan ciri ciri urine berwarna merah, disarankan untuk melakukan konsultasi dan melakukan pemeriksaan medis ke Dokter atau rumah sakit. Disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan secara medis karena infeksi pada saluran kencing, kandung kemih atau bahkan ginjal bisa menimbulkan gejala kencing berwarna merah. Tidak semua kencing dengan warna merah berkaitan dengan infeksi saluran kencing, gejala tersebut bisa juga terjadi akibat indikasi penyakit lain seperti gangguan pada ginjal, batu atau efek mengkonsumsi minuman atau obat tertentu.

Demam

gejala infeksi kandung kemih

Penyakit yang berhubungan dengan infeksi biasanya selalu menimbulkan demam. Demam yang terjadi pada infeksi saluran kencing biasanya menjadi penanda terdapat proses infeksi lebih serius. Pada umumnya deman terjadi karena ada infeksi pada saluran kemih bagian atas dan infeksi ginjal.

Nyeri Pinggang Sebelah Belakang Bagian Kiri Atau Kanan

gejala infeksi kandung kemih

Ciri ciri infeksi saluran kencing satu ini juga menandakan telah terjadi proses infeksi saluran kencing yang sudah melibatkan saluran kencing bagian atas dan organ ginjal. Jika Anda mengalami nyeri pinggang secara mendadak dan terjadi secara terus menerus disertai dengan demam tinggi sebaiknya untuk segera pergi ke Dokter.

Selain mengenali gejala dan ciri ciri infeksi saluran kencing di atas, ada baiknya untuk mengetahui faktor-faktor penyebab yang membuat atau siapa saja yang beresiko terkena penyakit ini.

1. Infeksi saluran kencing banyak dialami oleh wanita daripada pria, dan lebih banyak lagi dialami oleh wanita yang sudah menikah.
  2. Infeksi pada saluran kandung kemih sering dikaitkan dengan wanita yang baru menikah yang dikenal dengan istilah honeymoon cystitis.
  3. Infeksi saluran kencing sering dialami oleh ibu hamil.
  4. Infeksi saluran kencing biasanya menyerang pria dengan usia 50 tahun atau lebih yang mengalami gangguan pembesaran prostat.