Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Penyebab sakit pinggang pada wanita sebenarnya juga bisa dialami para pria. Namun kali ini, akan dijelaskan mengenai penyebab sakit pinggang pada wanita. Banyak penyebab yang bisa memicu terjadinya kondisi ini, mulai dari aktivitas yang dilakukan ataupun adanya masalah yang terjadi berkaitan dengan sistem kemih wanita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab dari sakit pinggang yang dialami oleh wanita.

  1. Otot Yang Tegang

Seringkali sakit pinggang disebabkan karena terjadinya penegangan pada otot yang terjadi ketika wanita sedang melakukan aktivitas seperti mengangkat barang dalam keadaan posisi tubuh yang salah, salah bergerak, ataupun melakukan olahraga yang salah. Biasanya aktivitas tersebut cenderung akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan sakit pada pinggang, khususnya bagian sebelah kanan. Seseorang yang mengalami ketegangan di otot biasanya akan mengalami gejala berupa sakit pinggang ketika bergerak, batuk, bersin ataupun hanya tertawa.

Bila sakit pinggang yang Anda alami adalah karena otot yang menegang, maka bisa dengan mudah diatasi dengan beristirahat, dan menerapkan kompres dingin selama 20 menit yang bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari. Konsumsi obat pereda rasa sakit juga bisa dilakukan bila memang sakit yang terasa sangat mengganggu.

  1. Cedera Pada Sendi

Hal ini paling sering dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia. Bisa juga terjadi karena ada sendi atau tulang yang tipis pada bagian tulang belakang yang tertekan tulang rawan sehingga syaraf tulang belakang terdorong dari posisi yang seharusnya.

Cara mengatasinya pun bisa dilakukan sama dengan ketika Anda mengalami otot yang tegang yaitu dengan mengompres bagian yang sakit dengan air dingin dan mengonsumsi obat pereda sakit.

  1. Kelainan Pada Postur Tubuh

Sakit pinggang pada wanita juga bisa terjadi karena postur tubuh yang mengalami kelainan seperti skoliosis, lordosis, ataupun kiposis. Pada kelainan-kelainan tersebut, maka akan terjadi tekanan di otot, tulang belakang, buruknya postur tubuh dan juga munculnya sakit yang berkepanjangan.

Mengatasi hal ini, Anda harus melakukan terapi yang seharusnya sudah dilakukan sejak masih anak-anak. Operasi pembenaran posisi tulang yang salah juga bisa dilakukan. Anda juga bisa melakukan cara sederhana dengan melakukan latihan ringan agar postur tubuh dapat menjadi normal.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Adanya bakteri yang menginfeksi area saluran kencing atau kemih yang rentan sekali dialami wanita, bisa menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita. Gejala yang akan terjadi seperti sering ingin buang air kecil, muncul rasa panas ketika buang air kecil yang menyebabkan ketidaknyamanan, urine keluar dengan warna gelap dan juga sedikit, muncul darah di urine, dan juga nyeri yang amat parah di pinggang.

Mengobati infeksi saluran kencing dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik secara oral, injeksi ataupun infus. Cara mudah yang akan membantu mempercepat pengobatan dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih, mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat dan menghindari minuman yang mengandung kafein ataupun alkohol. Kondisi ini harus segera ditangani, agar infeksi tidak sampai menyebar ke ginjal yang akan memperburuk kondisi tubuh.

Itulah penyebab sakit pinggang pada wanita yang harus para wanita ketahui. Mungkin penyebab di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sakit pinggang yang dialami wanita.

Karena banyaknya penyebab yang mungkin terjadi, Anda harus segera memastikan penyebabnya bila mengalami gejala sakit pinggang. Dengan begitu pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya bisa segera dilakukan.

Bila Anda mempunyai keluhan terkait infeksi saluran kencing atau kemih, Anda bisa berkonsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting, ataupun memeriksakan kondisi Anda langsung dengan dokter Klinik Utama Gracia.