Pria atau wanita sebenarnya dapat mengalami infeksi saluran kemih, walaupun kondisi ini paling sering terjadi pada para wanita. Wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek daripada yang dimiliki pria, yang menjadikan bakteri mudah berpindah atau menginfeksi area tersebut. Bila hal ini terjadi, maka Anda akan memerlukan obat infeksi saluran kemih yang tepat.

Bakteri yang bisa berasal dari usus besar ataupun karena adanya penyakit menular seksual ini bisa menginfeksi organ sistem kemih seperti ureter, kandung kemih, uretra dan juga ginjal. Gejala infeksi saluran kemih yang akan terjadi yaitu sering buang air kecil, perut bagian bawah terasa nyeri, dan juga buang air kecil sedikit-sedikit dan terasa sakit. Untuk itu, ketahui lah obat infeksi saluran kemih berikut ini.

Obat Infeksi Saluran Kemih

1. Antibiotik

Memeriksakan diri ke dokter adalah cara yang tepat untuk mengobati infeksi saluran kemih. Pengobatan dengan antibiotik ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang menginfeksi saluran kemih. Beberapa antibiotik yang biasanya diberikan pada pasien infeksi saluran kemih adalah ciprofloxacin, levofloxacin, trimethoprim, cephalexin, azithromycin, fosfomycin, doxycycline, ataupun ceftriaxone. Selain antibiotik, adapula obat pereda rasa sakit yang akan diresepkan dokter untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit yang akan muncul karena infeksi.

1. Cranberry

Pengobatan alami juga bisa dilakukan untuk mendukung pengobatan yang diberikan dokter. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi buah cranberry. Cara yang tepat adalah dengan mengonsumsi jus cranberry ataupun suplemen cranberry. Suatu penelitian menyatakan bahwa ada senyawa yang terkandung dalam cranberry yang bisa mempersulit bakteri untuk menempel pada dinding kandung kemih. Dengan begitu, resiko Anda mengalami infeksi saluran kemih akan menurun. Cobalah untuk mengonsumsi jus cranberry sebanyak 8 hingga 16 ons tanpa tambahan gula setiap harinya. Atau Anda juga dapat mengonsumsi ekstrak cranberry sebanyak 500 mg rutin setiap hari.

1. Probiotik

Bakteri baik yang terkandung dalam probiotik akan menghindarkan Anda pada kemungkinan mengalami infeksi saluran kemih, khususnya pada wanita. Selain itu, memenuhi asupan probiotik setiap harinya dapat membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik serta mengurangi jumlah bakteri jahat yang berada pada usus. Untuk memenuhi kebutuhan probiotik, Anda bisa mengonsumsi produk susu seperti yoghurt, keju ataupun suplemen.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Daripada mengobati, ada baiknya Anda mencegah penyakit ini menyerang Anda ataupun mencegah infeksi ini dapat kambuh kembali. Cara-cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih agar bakteri dapat terbuang melalui urine, hindari menunda buang air kecil, membersihkan kelamin dari arah depan ke belakang agar bakteri tidak berpindah, buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual, hindari penggunaan produk berpewangi pada vagina, menghindari pemakaian alat kontrasepsi jenis diafragma atau menggunakan kondom berlapis spermisida, dan gunakan lah pakaian khususnya pakaian dalam yang mudah menyerap keringat agar area kelamin tidak lembab.

Itulah beberapa obat infeksi saluran kemih beserta cara mencegah infeksi terjadi. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan area kelamin agar tidak ada mikroorganisme yang dapat menginfeksi bagian sensitif tersebut.

Bila ada gejala infeksi saluran kemih yang Anda rasakan, segera periksakan ke dokter untuk mencegah infeksi bakteri yang naik ke atas sehingga menginfeksi ginjal yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Walaupun sering disepelekan, sebaiknya tidak membiarkan penyakit ini tanpa melakukan pengobatan sama sekali. Penanganan yang dilakukan lebih cepat akan membuat Anda sembuh lebih cepat pula.