Mengenali gejala infeksi saluran kemih, akan membuat kita lebih waspada pada kemungkinan terjadinya penyakit ini. Penyakit yang menyerang kesehatan saluran pembuangan ini, bisa menjadi permasalahan yang serius bila tidak tertangani dengan baik atau bahkan dibiarkan begitu saja. Anda juga tidak boleh mengabaikan setiap gejala kecil yang terjadi karena penyakit ini.

Infeksi saluran kemih adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada bagian sistem kemih. Infeksi ini dapat terjadi karena adanya bakteri yang biasanya berasal dari anus, yang berpindah ke saluran uretra. Hal ini banyak sekali terjadi pada wanita yang memiliki jarak saluran uretra dengan anus yang sangat dekat. Walaupun begitu, pria juga tetap bisa mengalami penyakit ini.

Agar Anda lebih waspada sehingga juga bisa segera memberikan penanganan yang tepat, maka ada baiknya Anda mengetahui gejala infeksi saluran kemih berikut ini.

1. Terasa Panas Seperti Terbakar

Rasa panas dan sensasi terbakar biasanya akan muncul ketika penderita buang air kecil. Gejala ini juga termasuk dalam gejala awal yang akan dialami penderita. Rasa panas seperti seakan terbakar ini terjadi karena tidak berfungsi dengan baiknya saluran kemih karena adanya infeksi pada bagian tersebut.

1. Urine Berwarna Berbeda

Urine umumnya akan berwarna jernih atau sedikit kekuningan. Berbeda bila yang terjadi pada penderita infeksi saluran kemih, urine yang keluar cenderung berwarna pekat atau gelap dan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Terkadang penderita infeksi saluran kemih juga akan mengalami urine yang disertai darah, karena infeksi yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada kandung kemih.

1. Merasa Kelelahan

Aktivitas yang sedikit, namun tubuh merasa kelelahan bisa menjadi tanda bahwa terjadi gangguan karena adanya infeksi. Kelelahan yang muncul biasanya dibarengi dengan gemetar, demam, dan juga menggigil. Hal ini terjadi bila ada infeksi bakteri dalam tubuh terutama di saluran kemih.

1. Terasa Sakit Pada Punggung Bagian Bawah

Infeksi yang terjadi di saluran kemih, akan menyebabkan munculnya rasa sakit pada bagian punggung bawah. Hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa infeksi sudah sampai ke ginjal, dan bisa menjadi permasalahan yang serius.

1. Sering Merasa Ingin Buang Air Kecil

Seringkali penderita akan mengalami gejala infeksi saluran kemih dimana seringnya merasa ingin buang air kecil. Tentunya hal ini menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Selain sering merasa ingin buang air kecil, penderita juga akan merasakan keluarnya urine yang sedikit-sedikit, dan juga disertai nyeri atau yang biasa disebut anyang-anyangan.

Gejala infeksi saluran kemih di atas harus Anda perhatikan keberadaannya, agar bisa segera dilakukan penanganan yang tepat. Penanganan yang dilakukan secara dini akan menghindarkan Anda dari penyebaran infeksi hingga ke ginjal yang akan menyebabkan permasalahan yang lebih serius.

Lakukan pencegahan sehingga Anda tidak mengalami kondisi ini dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak air putih, dan Anda juga harus menjaga kebersihan area kelamin. Bersihkan area kelamin dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya, dan hindari penggunaan produk yang terkandung parfum di dalamnya. Selain itu, usahakan untuk selalu buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual, agar bakteri ikut terbuang bersama urine.

Bila merasakan adanya gejala yang muncul, Anda bisa menggunakan layanan chatting Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi terkait solusi yang tepat untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Atau bisa datang langsung untuk memeriksakan diri pada dokter Klinik Utama Gracia.