Pengobatan infeksi saluran kemih harus diketahui oleh setiap orang, karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Walaupun begitu, banyak penderita yang merupakan wanita yang memang sangat rentan untuk mengalami kondisi dimana adanya infeksi bakteri yang terjadi pada organ sistem kemih.

Ketika seseorang mengalami infeksi pada organ sistem kemihnya, maka gejala yang akan muncul berupa nyeri pada perut bagian bawah, sakit ketika buang air kecil, buang air kecil sedikit-sedikit, sering buang air kecil, urine berwarna pekat, bau urine sangat menyengat, dan juga demam. Bakteri yang dapat menginfeksi sistem kemih adalah bakteri yang berasal dari saluran cerna, yang berpindah ke saluran kemih.

Karena kehadirannya yang sangat mengganggu, maka Anda harus mengetahui apa saja pengobatan infeksi saluran kemih yang bisa dilakukan. Berikut ini penjelasannya.

1. Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih, bisa membantu Anda untuk cepat membuang bakteri melalui urine yang dikeluarkan. Semakin banyak konsumsi air putih, akan semakin sering Anda buang air kecil.

1. Hindari Menunda Buang Air Kecil

Bila Anda memiliki kebiasaan untuk menunda buang air kecil, sebaiknya segera hindari kebiasaan tersebut. Dengan Anda menunda untuk buang air kecil, maka bakteri yang seharusnya dibuang menjadi tersimpan di saluran kemih, dan akhirnya malah membuat infeksi menjadi semakin berat.

1. Membersihkan Secara Benar

Bakteri yang berpindah dari saluran cerna ke saluran kemih bisa terjadi bila cara membersihkan area kelamin dilakukan secara salah. Cara membersihkan area kelamin yang benar harus dengan arah dari depan ke belakang. Terlebih pada wanita yang memiliki jarak saluran uretra lebih pendek daripada pria. Bila salah dalam membersihkan area kelamin, maka resikonya bakteri dapat mudah berpindah dan menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih.

1. Konsumsi Jus Cranberry

Bila Anda mencari pengobatan infeksi saluran kemih dengan bahan alami, maka pastinya Anda akan disarankan untuk mengonsumsi jus buah cranberry. Buah ini memiliki kandungan fruktosa dan monosakarida yang baik sekali bagi kesehatan tubuh.

1. Konsumsi Vitamin C

Buah yang mengandung vitamin C ataupun suplemen vitamin C bisa membantu untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang umumnya akan menyebabkan urine yang dibuang oleh tubuh menjadi lebih asam dan akhirnya bakteri yang berlebih dapat dikurangi.

1. Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim

Khususnya pada wanita, lakukan kebiasaan untuk selalu membuang air kecil sesaat setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Hal ini dikarenakan ketika melakukan hubungan seksual, banyak bakteri dan kuman yang dapat masuk dan akhirnya menyebabkan infeksi saluran kemih. Namun ketika Anda membuang air kecil setelah melakukan hubungan seksual, maka bakteri tidak akan bisa masuk dan menginfeksi.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Lakukan kebiasaan untuk menerapkan pola hidup sehat di keseharian Anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Usahakan untuk mengonsumsi buah, sayur, air putih, dan jus tanpa tambahan gula. Hindari kebiasaan merokok, begadang, konsumsi alkohol ataupun konsumsi makanan dan minuman kemasan.

1. Antibiotik

Pengobatan infeksi saluran kemih yang terakhir atau bisa juga jadi yang paling pertama diberikan adalah pengobatan dengan antibiotik. Namun perlu diingat bahwa pemberian antibiotik harus didahului dengan diagnosis atau pemeriksaan dokter. Jangan gunakan sembarang antibiotik. Antibiotik yang diberikan dokter bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang menginfeksi saluran kemih.

Konsultasikan keluhan infeksi saluran kemih yang Anda alami pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang sudah disediakan.