Anyang-anyangan adalah kondisi dimana seseorang merasa sering ingin buang air kecil, namun saat buang air kecil terasa sakit dan urine yang keluar hanya sedikit. Padahal kondisi ini biasanya terjadi berulang terus, sehingga menyebabkan timbulnya ketidaknyamanan bagi penderitanya. Bila Anda mengalaminya, cobalah obat anyang anyangan pada pria dan obat anyang anyangan pada wanita berikut ini. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui mengapa anyang-anyangan dapat terjadi.

Penyebab Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan ini erat sekali kaitannya dengan infeksi saluran kencing. Hal inilah yang membuat seringnya penderita yang mengalami anyang-anyangan adalah para wanita, walaupun pria juga bisa saja mengalaminya.

Infeksi saluran kencing sendiri terjadi karena disebabkan adanya bakteri yang menginfeksi sistem kemih. Bakteri ini bisa masuk ke sistem kemih dengan mudah pada wanita karena memiliki jarak saluran uretra yang pendek. Pria juga bisa mengalaminya, terlebih pada usia di atas 50 tahun, menderita diabetes, atau memiliki masalah pada kelenjar prostat.

Biasanya anyang-anyangan yang terjadi karena infeksi saluran kencing, akan disertai dengan munculnya gejala lain, seperti urine berbau tidak sedap dan warnanya pekat atau keruh, terasa nyeri atau tidak nyaman di perut bagian bawah dan juga demam.

Obat Anyang Anyangan Pada Wanita Dan Pria

1. Antibiotik

Karena penyebab utamanya adalah infeksi bakteri, maka obat anyang anyangan pada pria dan wanita yang tepat adalah antibiotik. Namun jangan sembarangan dalam menggunakan antibiotik, karena harus didahului dengan pemeriksaan medis. Antibiotik ini nantinya dapat menghilangkan bakteri yang menginfeksi sistem kemih.

1. Obat Pereda Rasa Sakit

Obat ini biasanya akan diberikan bersama antibiotik. Gunanya adalah sebagai penghilang rasa sakit yang muncul saat infeksi terjadi. Selain itu, obat ini juga dapat membantu Anda mengatasi demam yang mungkin Anda alami.

1. Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C, baik dari buah, sayur ataupun suplemen juga dapat membantu mengobati anyang-anyangan karena infeksi bakteri pada sistem kemih. Hal ini karena urine yang dihasilkan akan lebih asam, sehingga bakteri pada sistem kemih bisa terbunuh, dan berkurang.

1. Madu

Obat anyang anyangan pada pria dan wanita selanjutnya adalah dengan madu yang merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan. Sifat antibiotik dan anti-inflamasi madu dapat mengatasi permasalahan infeksi yang terjadi lebih cepat dibandingkan beberapa antibiotik. Walaupun alami, namun jangan berlebihan dalam menggunakan madu.

1. Daun Kumis Kucing

Tumbuhan yang sering tumbuh liar ini ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi anyang-anyangan. Anda cukup merebus daun tanaman kumis kucing bersama dengan gula jawa. Lalu minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

1. Probiotik

Karena permasalahannya adalah adanya bakteri jahat yang menginfeksi sistem kemih, maka untuk mengatasinya adalah dengan mengendalikan jumlah bakteri jahat tersebut. Anda bisa mencoba mengonsumsi probiotik yang terdapat dalam yoghurt, pisang, tempe, ataupun bawang-bawangan yang memiliki kandungan bakteri baik untuk melawan infeksi bakteri jahat penyebab infeksi saluran kencing.

1. Jahe

Kandungan anti bakteri yang ada di jahe menjadikannya obat anyang anyangan pada wanita dan juga pria. Bukan hanya anyang-anyangan, namun jahe juga dapat berkhasiat mengobati banyak penyakit lain. Anda hanya perlu mencampurkan jahe di dalam minuman seperti teh, yang juga bisa berguna untuk menghangatkan tubuh.

Untuk memastikan obat anyang anyangan pada pria dan wanita yang tepat, maka diperlukan pemeriksaan oleh dokter. Hal ini juga diperlukan untuk mengetahui penyebab infeksi yang Anda alami.