Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Sebenarnya siapa saja bisa mengalami susah buang air kecil, baik pria maupun wanita. Namun keduanya memiliki pembeda dari segi penyebab kondisi tersebut. Untuk lebih memahaminya, berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab, dan juga cara mengatasi kondisi yang menimbulkan ketidaknyamanan tersebut.

Jika pria ataupun wanita mengalami kondisi ini, maka mereka akan merasakan sulitnya untuk buang air kecil walaupun selalu berkeinginan untuk berkemih dan merasa kandung kemih sudah penuh. Namun ketika akan buang air kecil, maka diperlukan tekanan atau harus mengejan dengan kuat untuk membuat urine keluar.

Penyebab susah buang air kecil pada pria dan wanita ternyata memiliki sedikit perbedaan. Pada pria, kondisi ini bisa terjadi karena adanya pembengkakan prostat sehingga prostat yang bengkak tersebut menekan kandung kemih, dan akhirnya berkeinginan terus buang air kecil namun urine sulit keluar. Sedangkan pada wanita, kondisi ini bisa terjadi karena disebabkan terjadi infeksi saluran kemih karena adanya infeksi bakteri.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi susah buang air kecil?

  1. Penanganan Mandiri

Beberapa cara berikut yang termasuk dalam penanganan mandiri dapat Anda lakukan dengan mudah sebagai langkah awal mengatasi kondisi sulit buang air kecil, yaitu dengan memijat lembut kandung kemih yang berada di perut bagian bawah, menempelken air hangat atau mengompres air hangat perut bagian bawah untuk merelaksasi organ, dan juga deteksi perubahan pola buang air kecil Anda sebagai bahan yang diperlukan ketika Anda memeriksakan diri ke dokter.

  1. Obat Untuk Pembesaran Prostat

Bila kondisi ini disebabkan oleh terjadinya pembesaran prostat, maka yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengobati pembesaran prostat yang terjadi. Pembesaran prostat yang ringan bisa diatasi dengan obat-obatan, terapi menahan buang air kecil, dan juga merubah pola hidup. Biasanya obat yang digunakan fungsinya untuk menurunkan ukuran prostat dan juga menghambat efek hormon agar gejala dapat dikurangi. Sedangkan pembesaran prostat yang sedang ataupun parah, dapat diatasi dengan melakukan operasi.

  1. Menggunakan Kumis Kucing

Tanaman yang seringkali tumbuh liar ini ternyata dapat dijadikan obat untuk melancarkan buang air kecil. Caranya, rebus tanaman kumis kucing yang sudah dibersihkan bersama 2 gelas air. Rebus selama 15 menit, setelah itu minum air tersebut sehari dua kali sebanyak setengah gelas.

  1. Menggunakan Mengkudu

Melancarkan buang air kecil juga bisa menggunakan buah mengkudu yang terkenal pahit. Caranya, parut 2 buah mengkudu matang yang sudah dicuci, lalu dicampurkan dengan satu sendok makan garam. Setelah itu, campuran tersebut diperas dengan kain bersih, air dari perasan tersebut dapat Anda minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Akar Pohon Pepaya

Mengatasi permasalahan susah buang air kecil dapat dilakukan dengan menggunakan 3 ruas akar pepaya, lalu potong-potong kecil. Setelah itu rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih, kemudian saring ampas yang ada. Dan minum air rebusan yang sudah disaring tersebut sebanyak 3 kali dalam satu hari. Anda juga dapat memberikan tambahan madu untuk menambah rasa.

Itulah penyebab dan juga cara mengatasi sulit buang air kecil yang harus Anda ketahui. Jangan sepelekan kondisi ini, karena bisa menyebabkan terjadinya komplikasi dimana ginjal bisa rusak karena urin yang tidak dikeluarkan.

Konsultasikan permasalahan Anda tersebut pada staf medis kami melalui layanan chatting yang sudah tersedia pada halaman ini. Anda pun dapat memeriksakan kondisi yang Anda alami pada dokter kami secara langsung.