Cara mengobati infeksi saluran kencing pada wanita memang menjadi salah satu cara yang paling banyak di cari di dunia internet, mulai dengan menggunakan cara alami, mengkonsumsi obat-obatan sampai menggunakan cara medis, tetapi Kami sangat menyarankan Anda agar mengobati infeksi saluran kemih dengan bantuan medis dari dokter, lalu apakah ISK itu?

ISK adalah singkatan dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) dimana infeksi ini umumnya disebabkan oleh adanya bakteri E. Coli yang mengenai bagian dari saluran kemih dan hal ini paling sering terjadi pada kaum wanita dibandingkan dengan kaum pria hal tersebut terjadi karena kaum wanita memiliki saluran kemih yang lebih pendek dari kaum pria.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa terdapat berbagai macam jenis ISK dan dimana penamaannya juga pasti akan berbeda, misalkan saja ketika ISK mengenai saluran kemih bagian bawah dinamai sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika ISK mengenai saluran bagian kemih atas dinamai pielonefritis (infeksi ginjal).

Apa Sajakah Gejala-Gejala Infeksi Saluran Kemih?

- Merasa demam atau menggigil dan hal tersebut berarti infeksi bisa sampai ke ginjal

- Rasa terbakar saat buang air kecil

- Sering atau perasaan untuk selalu buang air kecil, meskipun sedikit keluar saat Anda melakukannya

- Nyeri atau tekanan di punggung atau perut bagian bawah

- Air urin akan berbau aneh, berwarna gelap atau berdarah

- Sering merasa lelah atau goyah saat melakukan aktivitas fisik

Bagaimanakah ISK Didiagnosis?

Jika Anda mencurigai memiliki infeksi saluran kemih maka segeralah pergi ke dokter dan biasanya dokter akan mendiagnosis ISK dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Menganalisis Sampel Air Urin
Cara pertama yang biasanya dokter akan lakukan adalah dengan menganalisis sampel air urin yang akan diminta kepada Anda, setelah sampel air urin terkumpul maka selanjutnya adalah akan di bawa ke laboratorium untuk di analisis.

Hal tersebut bertujuan untuk mencari sel darah putih, sel darah merah atau bakteri di dalam air urin dan untuk menghindari kemungkinan sampel air urin terkontaminasi maka Anda akan diinstruksikan oleh dokter untuk terlebih dahulu membersihkan area kelamin Anda dengan antiseptik dan kemudian kumpulkan air urin kedalam wadah yang telah diberikan.

- Mengecek Bakteri Di Laboratorium
Setelah dokter melakukan analisis sampel air urin maka hasilnya akan di bawa ke laboratorium untuk melakukan pemeriksaan dan terkadang analisis laboratorium urin diikuti dengan kultur urin.
Sehingga dengan melakukan tes ini dokter akan memberi tahu Anda bakteri apa yang menyebabkan infeksi Anda dan obat mana yang paling efektif sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Apakah ISK yang Tak Diobati Bisa Berbahaya?

- Melakukan Pemeriksaan Ultrasound
Jika Anda sering mengalami infeksi yang menurut dokter mungkin disebabkan oleh adanya kelainan pada saluran kencing, maka Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan ultrasound, pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) atau Magnetic Resonance Imaging (MRI), selain itu dokter mungkin juga akan menggunakan pewarna kontras untuk menyoroti struktur di saluran kemih Anda.

- Melakukan Pemeriksaan Dengan Sistoskopi
Jika Anda menderita ISK rekuren (ataupun ISK berulang-ulang) maka dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan dengan sistoskopi yaitu sejenis alat yang menggunakan tabung tipis dan panjang dengan lensa (cystoscope) untuk melihat bakteri di dalam uretra dan kandung kemih Anda.

Biasanya dokter akan menggunakan sistoskopi yang dimana akan dimasukkan ke dalam uretra Anda dan diteruskan ke kandung kemih Anda.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing?

Ada baiknya untuk mengobati ISK yang Anda alami adalah dengan mengunjungi dokter dan biasanya antibiotik merupakan pengobatan lini pertama untuk cara mengobati infeksi saluran kencing

Dan biasanya antibiotik yang di resepkan oleh dokter dan untuk berapa lama pengobatan tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan jenis bakteri yang ditemukan di dalam air urine Anda.
Seringkali, gejala sembuh dalam beberapa hari setelah melakukan pengobatan akan tetapi Anda mungkin perlu meminum antibiotik selama seminggu atau lebih dan ada baiknya untuk meminum seluruh antibiotik seperti yang diresepkan.

Dan untuk jenis ISK yang tidak rumit yang terjadi saat Anda dinyatakan sehat, maka dokter mungkin akan merekomendasikan cara mengobati infeksi saluran kencing yang lebih singkat, seperti minum antibiotik selama satu sampai tiga hari dan apakah pengobatan singkat ini sudah cukup untuk cara mengobati infeksi saluran kencing Anda tergantung pada gejala dan riwayat medis Anda.

Selain itu biasanya dokter Anda mungkin juga akan meresepkan obat penghilang rasa sakit (analgesik) yang berfungsi untuk mematikan bakteri di dalam kandung kemih dan uretra selain itu dapat berfungsi untuk mengurangi rasa terbakar saat kencing, akan tetapi rasa sakit biasanya segera sembuh setelah mengkonsumsi antibiotik.

Wajib Tahu, Inilah Cara Mengurangi Risiko Terinfeksi Saluran Kencing

Tahukah Anda bahwa pada umumnya ISK diobati dengan bantuan medis karena sangat efektif, akan tetapi masih terdapat beberapa cara mengobati infeksi saluran kencing dengan tidak menggunakan antibiotik, namun obat resep dokter masih harus menjadi satu-satunya cara yang perlu Anda gunakan.

Dan seiring dengan menggunakan terapi standar maka Anda dapat menggabungkan pengobatan di rumah yang bertujuan untuk mengurangi gejala ISK dan mengurangi kemungkinan infeksi berulang, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Meminum Jus Buah Cranberry
Tahukah Anda bahwa di dalam Cranberries mengandung bahan yang dapat menghentikan bakteri yang menempel ke dinding saluran kemih? Nah sekarang Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi risiko Anda untuk terinfeksi ISK, lalu bagaimanakah caranya?

Sebenarnya caranya sangat mudah Anda tinggal menyiapkan beberapa buah Cranberries secukupnya kemudian cuci hingga bersih lalu buah Cranberries di jus dengan menambahkan sedikit air kedalamnya, akan tetapi perlu Anda ingat bahwa jangan menggunakan gula kedalamnya karena dikhawatirkan bisa mengurangi khasiatnya atau Anda juga bisa mengkonsumsi nya secara langsung

- Meminum Banyak Air Putih
Cara selanjutnya untuk mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan meminum banyak air putih sebanyak mungkin karena semakin banyak Anda minum maka otomatis semakin banyak Anda akan buang air kecil dan kencing dapat membantu menyiram bakteri berbahaya dari saluran kemih, serta ada baiknya Anda menghindari minuman kopi dan minuman bersoda

- Mengkonsumsi Makanan Sumber Probiotik
Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar probiotik, perlu Anda ketahui bahwa probiotik adalah mikroorganisme yang berfungsi untuk membantu sistem pencernaan, meningkatkan imunitas sampai efektif dalam mengobati dan mencegah ISK

Selain itu umumnya probiotik umumnya memang ada secara natural di dalam tubuh manusia, namun Kita juga bisa mendapatkannya dari sumber makanan seperti yogurt dan tempe.

- Mengkonsumsi Bawang Putih
Meskipun tidak banyak penelitian tentang bagaimana bawang putih dapat membantu ISK, namun terdapat satu penelitian yang menemukan bahwa bawang putih dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat, anti-inflamasi, dan penguat sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu Anda untuk melawan ISK.

- Mengkonsumsi Cuka Sari Apel
Tahukah Anda bahwa cuka sari apel dapat membuat asam urin dan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga mempermudah penggumpalan bakteri dari saluran kemih, namun kabar buruknya cuka sari apel sangat asam dan bisa merusak enamel pada gigi, jadi jangan menggunakannya sebagai terapi jangka panjang dan jika Anda ingin menggunakannya maka ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

- Mengkonsumsi Lebih Banyak Vitamin C
Tahukah Anda bahwa dengan meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih, karena umumnya Vitamin C yang dapat Anda temukan di berbagai macam buah-buahan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda bisa melawan infeksi yang dapat menyebabkan ISK.

- Selalu Bersihkan Area Miss V dari Arah Depan Ke Belakang
Jika Anda seorang wanita maka ada baiknya agar selalu membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang, karena jika Anda membersihkan dari arah sebaliknya maka bisa memungkinkan bakteri yang berasal dari anus masuk ke dalam Miss V sehingga bisa menyebabkan ISK.

- Berkemih Setelah Melakukan Hubungan Badan
Cara selanjutnya untuk mencegah ISK adalah berkemih setelah melakukan hubungan badan, karena cara sederhana ini dapat membuat bakteri menjauh dari uretra, selain itu dengan berkemih dapat mendorong bakteri agar keluar menjauh dari saluran kemih.

- Hindari Pengunaan Douching
Jika Anda seorang wanita maka ada baiknya untuk menghindari menggunakan douching, produk feminin, serbuk wangi dll, karena berbagai macam produk kewanitaan tersebut bisa berpotensi untuk mengubah keseimbangan kuman normal di dalam Miss V Anda.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai gejala, diagnosa sampai cara mengobati infeksi saluran kencing pada pria dan wanita dan ada baiknya jika misalkan Anda mengalami masalah tersebut maka segeralah konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.