Apakah Anda pernah merasakan sakit ketika berkemih? jika ya maka hal tersebut bisa jadi ISK, lalu bagaimana cara menghilangkan anyang anyangan dan bagaimanakah cara mencegahnya? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya baca artikel ini sampai tuntas.

Anyang Anyangan ataupun dalam dunia medis disebut infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih seperti terjadi pada ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra, selain itu hampir sebagian besar anyang anyangan akan melibatkan saluran kemih bagian bawah, kandung kemih dan uretra.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kaum wanita lebih berisiko lebih besar terkena ISK daripada pria karena anatomi tubuh wanita sehingga jika Anda merasakan salah satu gejala anyang anyangan maka ada baiknya untuk segera sembuhkan karena dapat menyebabkan konsekuensi serius yang dapat terjadi jika ISK menyebar ke ginjal Anda.

Apakah penyebab Anyang Anyang?

Hampir sebagian besar kasus anyangan-anyangan disebabkan oleh adanya bakteri E Coli yang memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih dan bakteri lain dapat menyebabkannya adalah seperti: staphylococcus, proteus, klebsiella, enterococcus, dan pseudomonas.

Dan iSK yang paling umum terjadi terutama pada wanita akan mempengaruhi kandung kemih dan uretra dan berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab lainnya.

- Penyebab Infeksi Kandung Kemih (Sistitis)

Jenis ISK ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coli (E. coli) sejenis bakteri yang biasa ditemukan di saluran gastrointestinal (GI), namun terkadang bakteri lain bisa bertanggung jawab.

Selain itu hubungan seksual dapat menyebabkan sistitis, tapi Anda tidak perlu aktif secara seksual untuk mengembangkannya dan mungkin semua wanita berisiko mengalami sistitis karena uretra wanita memiliki jarak yang dekat ke anus dan lubang uretra ke kandung kemih.

- Penyebab Infeksi Kandung Kemih Uretra

Jenis ISK ini umumnya terjadi bila bakteri yang biasa ditemukan di saluran gastrointestinal menyebar dari anus ke uretra, selain itu hal tersebut bisa terjadi karena uretra wanita dekat dengan vagina, selain itu infeksi menular seksual, seperti herpes, gonore, chlamydia dan dapat menyebabkan uretritis.

Jadi, apa saja gejala Anyang Anyang?

Tahukah Anda bahwa pada umumnya gejala anyang anyangan tergantung pada dimana ISK terjadi dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejalanya yang perlu Anda waspadai, diantaranya.

A. Gejala ISK Saluran Bawah, Diantaranya:

- Terasa terbakar saat buang air kecil

- Peningkatan frekuensi buang air kecil tanpa banyak buang air kecil

- Meningkatnya urgensi buang air kecil

- Air urin mengeluarkan darah

- Air kencing berwarna keruh seperti cola atau teh

- Air urin yang memiliki bau kuat

- Nyeri pada bagian panggul pada wanita

B. Gejala ISK Saluran Atas, Diantaranya:
Perlu Anda ketahui bahwa biasanya ISK saluran atas bisa mempengaruhi ginjal dan tentunya hal ini bisa berpotensi mengancam jiwa jika bakteri berpindah dari ginjal yang terinfeksi ke dalam darah.
Dan kondisi ini disebut urosepsis, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah, syok, dan kematian yang sangat rendah terjadi dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala ISK saluran atas, diantaranya:

- Terasa nyeri dan di punggung bagian atas dan samping

- Merasakan panas dingin

- Merasakan demam

- Sering mual dan muntah-muntah

Saya Memiliki ISK, Bagaimanakah Cara Menghilangkan Anyang Anyangan?

A. Meminum Banyak Air Putih
Cara menghilangkan anyang anyangan yang pertama adalah dengan meminum banyak air putih, karena dengan meminum banyak air putih dapat membantu mencairkan air urin dan sangat membantu untuk menyiram bakteri dari sistem urin selain itu ada baiknya Anda untuk menghindari minuman berkafein dan bersoda.

B. Selalu Menjaga Kebersihan Miss V
Cara menghilangkan anyang anyangan selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan area Miss V dan ada baiknya untuk selalu membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang, karena jika kaum wanita membersihkan dari arah sebaliknya maka bisa memungkinkan bakteri E. Coli yang berasal dari anus masuk ke dalam Miss V sehingga bisa menyebabkan ISK.