Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar ISK, lalu apakah ISK itu dan apakah penyebab ISK? nah jika Anda penasaran maka ada baiknya simak terus yah artikel ini sampai tuntas, akan tetapi sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu ISK.

ISK adalah singkatan dari Infeksi saluran kemih dimana infeksi tersebut bisa menginfeksi pada beberapa bagian, seperti pada ginjal, ureter, kandung kemih dan bisa juga menginfeksi uretra akan tetapi sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah, uretra dan kandung kemih.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa ISK lebih sering menginfeksi wanita daripada pria, karena kaum wanita memiliki saluran kemih yang lebih pendek dibandingkan dengan pria, sehingga memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalamnya, lalu apakah penyebab ISK?

Wajib Tahu Inilah yang Menjadi Penyebab ISK

Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh adanya bakteri penyebab ISK yang memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih.

Meskipun sistem saluran kemih dirancang untuk mencegah penyerang bakteri semacam itu, namun sayangnya pertahanan ini terkadang gagal dan jika itu terjadi maka bakteri tersebut mungkin akan bertahan dan tumbuh menjadi infeksi penuh di saluran kemih.

Dengan mengetahui beberapa penyebab ISK lainnya maka Kita akan dengan mudah untuk mencegah ISK, dan berikut di bawah ini adalah penyebab ISK menurut jenisnya yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya:

- ISK menunggu Penyebab

Tahukah Anda bahwa umumnya infeksi kandung kemih (sistitis) ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri Escherichia coli (E. coli) yaitu sejenis bakteri yang biasa ditemukan di saluran gastrointestinal (GI). Namun, terkadang bakteri lain bisa bertanggung jawab terhadap infeksi sistitis.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa hubungan seksual dapat menjadi penyebab ISK sistitis, tapi Anda tidak perlu aktif secara seksual untuk mengembangkannya, karena mungkin kaum wanita berisiko mengalami sistitis karena anatomi mereka

Penyebab ISK Uretritis

Tahukah Anda bahwa umumnya infeksi uretra (uretritis) ini bisa terjadi bila bakteri gastrointestinal GI menyebar dari anus ke uretra? Dan hal ini juga bisa terjadi karena uretra wanita dekat dengan vagina, sehingga mereka yang aktif secara seksual mungkin bisa terinfeksi uretritis karena herpes, gonore, dan chlamydia.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Menghilangkan ISK Pada Pria dan Wanita

- Karena Tidak Membersihkan Miss V Dengan Cara yang Benar

Penyebab ISK selanjutnya adalah karena kaum wanita tidak membersihkan Miss V dengan cara yang tidak benar, karena jika membersihkan area Miss V dengan cara yang salah dapat memicu bakteri E. Coli untuk berkembang biak lebih banyak dari keadaan normal.

Jadi salah satu cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan area Miss V dengan benar yaitu dari arah depan ke belakang dan jangan pernah untuk menggunakan produk kewanitaan seperti douching tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter karena penggunaan douching mungkin bisa menggagu flora alami vagina.

Apa Sajakah Gejala-Gejala ISK?


- Sering untuk buang air kecil akan tetapi air urin yang keluar hanya sedikit

- Perasaan terbakar saat buang air kecil

- Terasa nyeri atau terasa seperti tertekan di punggung atau perut bagian bawah

- Air urin berbau aneh, berwarna gelap, berdarah, ataupun seperti berawan

- Merasa sering lelah

- Mengalami demam atau menggigil dan hal ini menjadi pertanda bahwa infeksi bisa sampai ke ginjal maka ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan kepada dokter.

Bagaimanakah Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih?

Jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kencing tentunya Anda sudah merasakan bukan betapa menyakitkannya ISK sehingga membuat aktivitas harian Anda terganggu, dan oleh karena itu tak ada salahnya untuk mencegah ISK dengan cara alami, berikut di bawah ini adalah cara sederhananya:



- Sering Minum Banyak Air Putih dan Sering Buang Air Kecil
Cara termudah untuk mencegah ISK adalah dengan menyiram bakteri keluar dari kandung kemih dan saluran kencing sebelum dapat meresapkannya dan salah satu caranya adalah dengan meminum banyak air putih dan sering buang air kecil. Karena jika Anda terhidrasi dengan baik maka akan sulit untuk bakteri untuk menginfeksi saluran kemih Anda.

- Mengusap Area Miss V Dari Arah Depan Ke Belakang
Cara selanjutnya untuk mencegah ISK adalah dengan mengusap area miss V dari arah depan, karena bakteri cenderung berkeliaran di anus dan jika Anda mengusap dari arah belakang ke depan terutama setelah buang air besar, maka kemungkinannya besar bakteri bisa sampai ke uretra dan menginfeksi Anda.

- Bersihkan Area Kelamin Sebelum dan Setelah Bercinta
Cara selanjutnya untuk mencegah ISK adalah dengan mencuci area kelamin sebelum dan sesudah bercinta dan setelah buang air kecil atau buang air besar, sehingga ada baiknya gunakanlah sabun dan air untuk membersihkan kelamin Anda sebelum dan setelah bercinta.

Hal sederhana tersebut bertujuan agar membuat bakteri menjauh dari uretra dan dengan kencing kemudian bertujuan untuk mendorong bakteri yang masuk kembali ke saluran kemih.

Saya Mengalami ISK, Bagaimanakah Cara Mengatasinya?

Jika Anda merasakan memiliki salah satu gejala ISK seperti di atas dan mencurigai memiliki infeksi saluran kemih maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Dan biasanya dokter akan mendiagnosis terlebih dahulu pasien yang mengira memiliki salah satu jenis ISK dengan meminta pasien untuk memberikan sampel urin yang nantinya sampel urin tersebut akan diuji keberadaan bakteri penyebab ISK.

Kemudian dokter akan memberikan Anda resep obat ataupun antibiotik tertentu yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab ISK, selain itu dengan meminum banyak air putih juga dapat membantu pasien untuk membantu menyiram bakteri dari sistem Anda.

Dokter mungkin juga akan meresepkan obat untuk menenangkan rasa sakit, dan dengan menggunakan bantalan pemanas juga bisa sangat membantu pasien untuk meminimalkan rasa sakit akibat infeksi saluran kemih.

Sehingga pada intinya jika Anda mengalami ISK maka ada baiknya untuk segera berobat ke Klinik Utama Gracia, karena di khawatirkan ISK yang tidak segera diobati bisa menginfeksi ginjal sehingga dengan penanganan yang cepat dan tepat maka dapat menyembuhkan ISK Anda.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.