Pastinya kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar PID, lalu apakah PID itu? Ya PID adalah singkatan dari Pelvic Inflammatory Disease ataupun dalam bahas Indonesianya adalah penyakit radang panggul.

Penyakit radang panggul, atau PID adalah infeksi yang biasanya terjadi pada organ-organ sistem reproduksi wanita dan organ-organ reproduksi tersebut termasuk: uterus, ovarium, saluran tuba, dan leher rahim wanita.

Lalu, Bagaimanakah Penyakit Radang Panggul Menginfeksi Wanita?

Hampir sebagian besar kasus PID adalah yang menginfeksi wanita bisa mendapatkan PID jika bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi bergerak naik dari Miss V atau leher rahimnya dan masuk ke organ reproduksi bagian atas dan umumnya disebabkan oleh aktivitas seksual.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa seseorang bisa mendapatkan PID tanpa mengalami PMS, karema beberapa bakteri yang biasanya hidup pada Miss V juga dapat mengakibatkan radang panggul, karena bakteri ini akan melewati Miss V dan pada akhirnya bisa menginfeksi organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Paling sering PID adalah disebabkan oleh adanya infeksi dari dua PMS yang umum yaitu gonore dan klamidia, selain itu perlu Anda ketahui bahwa menurut salah satu sumber, jumlah wanita dengan PID adalah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir hal ini mungkin terjadi karena lebih banyak wanita yang mendapatkan tes secara teratur untuk klamidia dan gonore.

Dan ternyata seseorang juga terkadang bakteri bisa berjalan menuju organ reproduksi wanita karena menggunakan douching, jadi ada baiknya jangan menggunakan douche tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter

Gejala PID Adalah Sebagai Berikut:

Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa mereka telah memiliki penyakit radang panggul pada stadium awal, karena PID adalah sangat sering tidak menunjukkan gejala apapun atau gejalanya sangat ringan sehingga seseorang mungkin tidak merasakannya terutama saat pertama kali terkena infeksi.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa semakin lama Anda menderita PID maka semakin buruk gejala yang Anda alami dan di bawah ini adalah gejala-gejala PID adalah sebagai berikut:

- Terasa nyeri di perut bagian bawah dan ini merupakan gejala yang paling umum

- Mengalami demam dan merasa sangat lelah

- Mengeluarkan keputihan berbau busuk

- Saat berhubungan seks terasa sangat menyakitkan

- Sakit saat buang air kecil

- Periode menstruasi tidak teratur

- Nyeri di perut bagian kanan atas akan tetapi hal ini jarang terjadi

Dan jika Anda memiliki gejala-gejala seperti diatas maka segeralah pergilah ke dokter atau ke dokter spesialis ginekologi di Klinik Utama Gracia yang berada di Jl Cideng Barat No 73, Jakarta Pusat karena jika tidak segera disembuhkan PIS bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan komplikasi.

Komplikasi Apa Sajakah yang Bisa Terjadi Pada PID?

Perlu Anda ketahui bahwa jika PID tidak diobati maka bisa menyebabkan masalah kesehatan serius yang terkadang dapat mengancam jiwa, karena infeksi bisa menyebar ke bagian lain pada tubuh Anda.

Selain itu ternyata PID adalah dapat meningkatkan risiko kehamilan ektopik pada wanita yang tentunya dapat mengancam jiwa, tak sampai disitu karena seseorang dengan PID dapat mengalami sakit kronis di perut bagian bawahnya, dan bisa menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas).

Jadi pada intinya semakin lama Anda menderita PID maka semakin besar kemungkinan Anda akan memiliki masalah kesehatan jangka panjang dan perlu Anda ketahui bahwa beberapa gejala PID dapat salah untuk masalah kesehatan lainnya, seperti radang usus buntu atau endometriosis sehingga untuk memastikannya maka Anda memerlukan pemeriksaan dari medis

Bagaimana Cara Mencegah PID?

Perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan tes PMS secara rutin dan tidak melakukan hubungan seks adalah salah satu cara sederhana yang paling efektif untuk mencegah PID,

Selain itu Anda dapat mencegah PID adalah dengan melakukan hubungan seks yang lebih aman dan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks.
Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa dengan menggunakan kondom tidak sepenuhnya ampuh untuk mencegah PMS karena mungkin terdapat luka PMS yang tidak terlindungi dari kondom

Selain itu seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penggunaan douching umumnya tidak sehat untuk kesehatan Miss V Anda, dan bisa menyebabkan iritasi dan infeksi sehingga ada baiknya untuk menghindarkan douching karena douching dapat mendorong bakteri untuk masuk lebih dalam ke tubuh Anda, sehingga ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Saya Mengalami PID, Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda merasakan salah satu gejala PID seperti di atas maka ada baiknya untuk segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia dan biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa pasien dan akan memberikan beberapa pertanyaan kepada pasien.

Biasanya dokter dapat mengetahui apakah pasien menderita PID dengan melakukan pemeriksaan pelvis, selain itu dokter juga akan menyuruh pasien untuk melakukan pemeriksaan PMS seperti klamidia, gonore atau infeksi lainnya.