Ciri Ciri Pria Mandul

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Cri Ciri Pria Mandul adalah suatu kondisi ketidakmampuan pria maupun pasangan suami isteri yang telah berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama beberapa tahun tetapi tidak bisa memiliki anak. Ketidakmampuan tersebut bisa diakibatkan karena indung telur wanita rusak sehingga tidak dapat untuk memproduksi sel telur. Sedangkan pada pria bisa diakibatkan karena buah zakar/testis yang tidak dapat untuk memproduksi spermatozoa.

Untuk mempunyai keturunan diperlukan kerjasama antara pasangan suami isteri. Jika salah satu memiliki masalah tidak subur maka keinginan untuk memiliki keturunan dapat tidak tercapai. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai infertilitas pria, mandul dan ciri ciri pria mandul.

Kontribusi pria dalam proses memiliki keturunan tidak hanya dengan memproduksi sperma dan memasukkannya ke dalam vagina/rahim wanita. Karena agar proses pembuahan sel telur berhasil, sperma harus memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga ketika sperma telah berhasil masuk, harus cukup kuat untuk berenang saluran telur (tuba fallopi) ke kandungan rahim untuk bertemu dan membuahi sel telur.

sperma tidak subut
sperma membuahi sel telur

Gangguan-Gangguan Penyebab Sperma Tidak Subur

Faktor utama yang paling berpengaruh tentang kesuburan pria adalah kualitas dan kuantitas sperma. Sperma yang sehat adalah sperma yang memiliki bentuk sempurna, lincah, serta memiliki gerakan cepat. Sperma yang bergerak pelan dan tidak sempurna atau berenang menuju arah yang tidak tepat atau salah, dapat menyebabkan pembuahan menjadi sulit. Kesempatan agar pembuahan sel telur berhasil, dibutuhkan minimal 20 juta sperma per mililiter air mani.

Menurut beberapa pakar kesehatan reproduksi, ada dua penyakit atau kondisi yang paling berpengaruh terhadap kurangnya kualitas sperma sehingga menyebabkan pria menjadi kurang subur, yaitu varicocele dan penyakit seksual menular.


Varicocele Penyebab Sperma Tidak Subur

Varicocele adalah varises pada pembuluh darah balik yang berada di sekitar testis (vena plexus pampiniformis). Varises dapat menyebabkan pembuluh tersebut melebar sedangkan klep vena tetap, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan terjadi aliran balik (reflux). Dalam keadaan normal, darah akan mengalir ke arah jantung, tetapi pada penderita varicocele, darah terperangkap di sekitar testis sehingga memiliki dampak terhadap suhu pada testis akan lebih tinggi dari suhu ideal tepat untuk produksi sel benih.

penyebab sperma tidak subur
varicocele sehat & tidak sehat

Penyakit Seksual Menular merupakan penyakit pada kelamin yang disebabkan karena terinfeksi mikro organisme yang dapat mengakibatkan menurunnya kualitas sperma. Penyakit menular seksual antara lain adalah gonore dan raja singa. Pengobatan yang dilakukan tanpa operasi dapat memberikan manfaat perbaikan sperma jika gradasi varicocelenya dalam kualifikasi ringan.

Sedangkan untuk penderita varicocele yang parah, dapat dilakukan tindakan operasi untuk melancarkan pembuluh vena yang mengalami varises. Kemandulan akibat penyakit menular seksual termasuk mudah diobati karena biasanya infeksi tersebut bisa diketahui dengan gatal-gatal, luka pada alat kelamin, dan kencing nanah.

Selain beberapa penyakit tersebut, rendahnya kualitas sperma dapat dipengaruhi oleh gaya hidup tidak yang sehat. Agar memperoleh keturunan, di butuhkan kondisi vitalitas tubuh dan sperma yang sehat dan kuat.


Berikut beberapa yang bisa dilakukan untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan keturunan.

  1. Suhu yang sejuk. Untuk memproduksi sperma yang sehat, suhu pada testis harus lebih dingin dari pada suhu normal tubuh. Sehingga buah zakar yang di dalamnya terdapat testis diciptakan menggantung di luar tubuh. Agar menghasilkan kualitas dan kuantitas sperma, salah satunya dengan mengurangi intensitas berendam di dalam air panas.
  2. Menghindari asap rokok. Merokok dapat menjadi salah satu yang menambah resiko kemandulan dan terjadinya disfungsi ereksi pada pria. Nikotin dapat membuat darah mengental sehingga tidak dapat beredar dengan lancar, termasuk pada pembuluh darah alat kelamin. Akibatnya, dapat muncul gangguan seksual seperti ejakulasi dini, ereksi tidak sempurna, atau impotensi.
  3. Konsumsi makanan sehat. Makanan sehat akan membantu produksi hormon yang mempengaruhi perkembangan sperma dan produksi testosteron pada testis.
  4. Hindari mengkonsumsi alkohol dan obat bius. Alkohol dapat berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas sperma, dapat mengurangi produksi testosteron, serta dapat menyebabkan disfungsi ereksi serta hilangnya libido.
  5. Hindari materi beracun. Hindari kontak langsung atau menghirup zat kimia, seperti pestisida, cat, pernis, pernis kayu, lem, dan logam berat lainnya. Zat tersebut dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon.
  6. Konsultasi dengan dokter. Konsultasikan permasalahan reproduksi Anda dengan dokter, terutama dokter ahli kandungan atau organ genital. Anda akan menemukan solusi yang tepat di sana.

Hal lain yang tidak dilupakan selain kerja sama yang baik antara suami dengan istri, bahwa memperoleh keturunan juga merupakan hasil kerjasama dengan Tuhan. Selain selalu berusaha secara manusiawi, memohon keturunan kepada Tuhan merupakan hal yang tidak boleh terlupakan.