Infertilitas Adalah Salah Satu Penyebab Kemandulan Pada Pria

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Infertilitas adalah Kemandulan yang terjadi pada pria karena ketidakmampuan untuk memiliki anak walaupun sudah melakukan hubungan seks secara rutin tanpa menggunakan alat konstrasepsi. Kemandulan tidak hanya dialami oleh wanita, tetapi pria juga bisa mengalaminya. Ada banyak pengertian dari infertilitas.

Tingkat kesuburan pria biasanya dihitung dari jumlah dan kualitas dari spermanya. Pada saat ejakulasi, apabila jumlah sperma yang keluar tidak banyak atau memiliki kualitas yang tidak baik maka akan mengalami kesulitan dalam membuahi pasangannya bahkan bisa jadi menjadi tidak mungkin. Pengertian Infertilitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ketidakmampuan menghasilkan keturunan; keadaan kurang (tidak) subur.

Penyebab Infertilitas Pria

Tingkat kesuburan pria biasanya dihitung dari jumlah dan kualitas dari spermanya. Pada saat ejakulasi, apabila jumlah sperma yang keluar tidak banyak atau memiliki kualitas yang tidak baik maka akan mengalami kesulitan dalam membuahi pasangannya bahkan bisa jadi menjadi tidak mungkin.

Apakah Infertilitas Pada Pria Hal Yang Umum?

Kemandulan atau ketidaksuburan merupakan masalah yang dialami tidak sedikit orang di Indonesia. Oleh karena itu bagi Anda yang mengalami masalah ini, Anda tidak perlu minder, ada banyak pria lain yang mengalami masalah seperti yang Anda rasakan saat ini.

Dampak Kemandulan Terhadap Kehidupan

Masalah tidak subur atau mandul berdampak langsung pada kondisi psikologis, emosional dan keharmonisan rumah tangga. Pria akan merasa malu karena dianggap tidak jantan atau impoten. Jika tidak segara dicari solusinya maka dapat memunculkan pertikaian dan mengganggu keharmonisan rumah tangga bahkan hubungan antara 2 keluar.

Pengertian Infertilitas Adalah - Masalah Infertilitas (Infertility) atau biasa disebut dengan kemandulan, umumnya diketahui sebagai permasalahan pada wanita saja. Namun kenyataanya tidak demikian. Tak hanya wanita, pria juga dapat memiliki permasalahan pada organ reproduksi. Yang tentunya diketahui bahwa masalah pada organ reproduksi tentu dapat mempengaruhi kesuburan.

Pengertian Infertilitas Adalah

Pengertian infertilitas adalah kondisi ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mendapatkan atau menghasilkan keturunan. Infertility terjadi ketika suatu pasangan tidak berhasil mengalami kehamilan walaupun sudah berhubungan seks tanpa kondom secara teratur.

Apabila anda sudah berumah tangga selama bertahun-tahun dan sampai saat ini belum juga memiliki keturunan, bahkan ketika anda sudah berusaha semaksimal mungkin dan istri anda tidak juga dapat hamil. Maka sudah waktunya untuk anda melakukan cek kesehatan reproduksi, karena kemungkinan terjadi gangguan atau masalah organ reproduksi atau kemandulan.

Masalah atau gangguan pada penyakit ini merupakan momok yang begitu menakutkan untuk pasangan suami istri. Gangguan pada organ reproduksi juga dapat menjadi salah satu masalah keharmonisan dalam rumah tangga.

Secara medis masalah pada infertilitas ini terbagi menjadi 2, yaitu;
  • Infertilitas Primer - Suatu kondisi dimana pasangan suami istri belum mampu dan belum pernah memiliki keturunan setelah kurang lebih satu tahun berhubungan seksual dan tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun.
  • Infertilitas Sekunder - Suatu kondisi dimana pasangan suami istri telah atau pernah memiliki keturunan sebulumnya, namun saat ini belum mapu memiliki anak lagi setelah kurang lebih satu tahun berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun.

Menurut berbagai kasus medis, diketahui pasangan yang telah menikah akan memiliki anak atau keturunan pada tahun pertama pernikahan mereka sebanyak 60% sampai 70%. Lalu, pasangan yang memiliki anak atau keturunan pada tahun ke-2 usia pernikahannya sebanyak 20%. Sedangkan 10% sisanya, akan memiliki anak pada tahun ke-3 pernikahan atau munkin lebih, dan bahkan kemungkinan terjadi tidak dapat memiliki anak.

Walaupun pasangan suami-istri dianggap menderita penyakit atau kondisi seperti ini, bukan tidak mingkin kondisi seperti ini sesungguhnya hanya dialami oleh sang suami saja atau mungkin sang istri saja. Hal tersebut tentu dapat dipahami dikarenakan proses pembuahan yang dapat berujung pada kehamilan dan lahirnya seorang anak merupakan kerjasama antar suami-istri.

Pencegahan

Tentunya kita tidak ingin penyakit ini melanda pada diri kita, oleh sebab itu beberapa cara mencegah infertilitas adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan menghindari pola hidup yang tidak sehat seperti tidur tidak teratur, merokok, dan kurangnya asupan gizi yang baik untuk tubuh. Melakukan pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual merupakan langkah yang bagus untuk mendapatkan keturunan. Kemandulan dapat dicegah sejak dini, terutama untuk kaum remaja hendaknya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi. Penaganan infertilitas adalah masalah yang kompleks dan juga dapat melibatkan beberapa ilmu kedokteran.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian interfilitas adalah kondisi kemandulan. Ada baiknya untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli agar dapat diberikan tindakan serta penanganan yang baik untuk anda. Klik pada gambar untuk konsultasi medis online.