Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Istri sering merasakan anyang-anyangan setelah berhubungan intim merupakan hal yang umum dialami pasangan suami istri terutama oleh pengantin baru. Hal ini berkaitan dengan hubungan seksual yang kurang bersih. Biasanya 1-2 hari setelah berhubungan intim akan muncul keluhan nyeri ketika buang air kencing. Keluhan bisa disertai dengan demam, air seni memiliki warna merah, dan rasa yang kurang nyaman dan tidak enak di bagian atas kemaluan bahkan sampai ke pinggang.

Mengapa terjadi anyang anyangan setelah berhubungan intim?

1. Anyang-anyangan merupakan infeksi lokal yang terjadi pada saluran kemih di bagian bawah. Infeksi ini dapat terjadi setelah melakukan hubungan intim. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan tidak dalam keadaan bersih ketika melakukan hubungan seksual ataupun setelahnya. Karena tidak bersih maka terdapat kuman dari luar yang masuk ke dalam liang kemih istri pada saat melakukan hubungan seksual ataupun setelahnya. Hal ini dapat terjadi karena letak liang kemih bersebelahan dan sangat dekat dengan liang vagina, dengan jarak hanya beberapa cm di atasnya.
  2. Anyang-anyangan yang terjadi setelah berhubungan intim merupakan bukan gejala penyakit ginjal, tetapi dapat berkembang menjadi infeksi ginjal jika tanpa dilakukan pengobatan dan dibiarkan berlarut-larut. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih merupakan salah satu penyebab infeksi ginjal pada wanita. Infeksi saluran kemih tersebut termasuk infeksi saluran kemih bagian bawah, urethritis dan cystitis. Kuman berawal dari bawah kemudian ke atas lalu menjalar masuk ke ginjal.
  3. Anyang-anyangan akibat infeksi saluran kemih bagian bawah merupakan gejala yang khas kemunculannya. Jika dalam waktu 1-2 hari setelah berhubungan seksual muncul anyang-anyangan, maka hampir dipastikan terjadi infeksi akibat senggama. Penderita akan merasakan nyeri menyayat ketika berkemih. Infeksi saluran kemih bagian bawah mudah untuk disembuhkan, yang paling penting adalah pencegahan.

Bagaimana cara mencegah terjadinya anyang anyangan setelah berhubungan intim?

Setelah melakukan hubungan seksual, istri diwajibkan untuk berkemih atau buang air kecil. Hal ini dilakukan agar kuman yang kemungkinan masuk ke liang kemih akibat gesekan penis suami akan terbilas dan hanyut bersamaan dengan air seni yang dikeluarkan. Kemudian membersihkan dengan cara cebok dengan air yang bersih dan sebaiknya tidak perlu membersihkannya dengan sabun. Sabun dapat merangsang liang kemih dan dapat menjadi penyebab timbulnya peradangan.

Jika setiap kali habis berhubungan seksual selalu merasakan anyang-anyangan, bisa minum antibiotika untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Menjaga kesehatan vagina adalah hal yang paling utama, bisa menggunakan obat antisespsis air seni dan membersihkan vagina dengan air bersih dan mengalir setelah berhubungan intim. Selain menjaga kebersihan vagina, penis suami juga perlu dibersihkan sebelum melakukan hubungan intim.

Apa yang harus dilakukan jika anyang anyangan tidak kunjung reda?

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara medis ke dokter, karena infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak diobati dan dibiarkan sampai berlarut-larut.