Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Bagaimana cara mengatasi anyang anyangan pada wanita secara Alami? Anyang-anyangan merupakan salah satu gangguan infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E. coli, Klebsiella dan Pseudomonas. Anyang-anyangan bisa terjadi kepada siapa saja, pria, wanita maupun anak-anak. Gejalanya ditandai dengan sering buang air kecil, air keluar sedikit-sedikit ketika buang air kecil dan kadang disertai dengan rasa sakit.


Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anyang anyangan, yaitu dengan menggunakan obat-obatan kimiawi dan obat-obatan tradisional. Pilihan pengobatan yang akan dilakukan tergantung dengan tingkat keparahan yang dialami.

Minum air putih yang banyak

Minum air putih dalam jumlah banyak dapat membantu melancarkan ketika proses pembuangan urine ketika buang air kecil serta mengeluarkan kuman dan bakteri penyebab anyang anyangan.

Minum air hangat dicampur dengan garam

Campuran air hangat dan garam bisa membantu meredakan anyang-anyangan yang Anda alami.

Perasan jeruk nipis dan gula pasir

Perasan jeruk nipis kemudian dicampur air hangat, gula pasir secukupnya dan kemudian diaduk sampai merata kemudian diminum.

Ramuan daun kumis kucing

Daun kumis kucing yang sudah dikeringkan diseduh dengan air panas. Jangan lupa untuk menambahkan gula jawa secukupnya dan aduk sampai merata kemudian baru diminum.

Buah sirsak setengah matang

Buah sirsak mengandung vitamin C. Kupas buah sirsak yang masih dalam keadaan setengah matang, kemudian direbus menggunakan air dan jangan lupa untuk menambahkan gula pasir secukupnya. Saring air hasil rebusan buah sirsak tersebut kemudian diminum ketika masih hangat. Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali sehari sampai gejala anyang-anyangan mereda.

Rebusan kunyit

Kunyit terkenal dengan khasiat sebagai obat berbagai macam penyakit. Iris tipis kunyit yang sudah dicuci bersih. Rebus irisan kunyit tersebut dengan air sebanyak 4 gelas sampai menyisakan setengahnya kemudian diminum. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat minum ramuan ini 2 kali sehari.

Ramuan Jahe

Pilih jahe yang berukuran sedang sebanyak 2 rimpang, kemudian bakar sampai aroma jahe keluar. Jahe yang sudah dibakar tersebut kemudian digeprek kasar, kemudian direbus menggunakan air sebanyak 4 gelas sampai mendidih. Sisakan air sampai setengah lalu diminum ketika masih hangat. Anda dapat menambahkan sedikit madu agar tidak terlalu pedas sebelum minum ramuan jahe ini.

 

Menggunakan obat-obatan kimiawi

Tujuan dari menggunakan obat-obatan kimiawi adalah untuk membunuh kuman penyebab anyang anyangan. Bisa dengan menggunakan sabun pembersih kewanitaan khusus. Yang harus diperhatikan adalah penggunaan sabun pembersih khusus ini jangan berlebihan atau terlalu sering karena dapat membunuh bakteri baik sehingga dapat berdampak untuk mempermudah bakteri jahat masuk ke vagina.

Sebelum menggunakan obat-obatan kimiawi, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena pemilihan obat dan dosis disesuaikan dengan tingkat keparahan agar pengobatan dapat berjalan dengan efektif.


Artikel dan tulisan “Cara Mengatasi Anyang Anyangan Pada wanita Secara Alami” ini hanya sebagai referensi informasi dasar, bukan untuk melakukan diagnosis dan tidak dapat dijadikan sebagai landasan diagnosis maupun sebagai pengganti diagnosis secara medis. Jika Anda memiliki keluhan tentang penyakit dan akan melakukan pengobatan, silakan untuk berkunjung ke dokter terdekat di kota Anda.