Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi keputihan berlebihan secara alami? Hal ini dapat dilakukan karena selain caranya yang mudah, murah dan yang pasti bermanfaat untuk kesehatan. Setiap wanita pasti akan mengalami keputihan.

Ada berbagai macam jenis keputihan, oleh karena itu setiap wanita perlu untuk mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengobati keputihan secara alami.


Selalu menjaga kebersihan daerah intim kewanitaan.

Selalu menjaga kebersihan vagina adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi keputihan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti selalu menggunakan pakaian yang bersih, menggunakan pakaian berbahan katun, hindari menggunakan pakaian yang ketat dan selalu menjaga agar daerah kewanitaan selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab.


Menghindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina Berlebihan

Banyak sekali berbagai jenis pembersih vagina yang dapat dibeli dengan mudah tanpa menggunakan resep dokter. Faktanya, penggunaan cairan berlebih bisa menjadi penyebab meningkatnya jumlah keputihan. Hal ini dapat terjadi karena terjadi kerusakan pH murni di area sekitar vagina dan dapat membunuh bakteri baik. Maka sebaiknya untuk menghindari penggunaan bahan kimia sebagai pembersih vagina apalagi tanpa ada resep dokter.


Biji Fenugreek

Biji fenugreek dapat membantu mengatasi keputihan secara alami dengan cara meningkatkan pH pada vagina. Cara penggunaannya adalah dengan merendam 1 sendok makan biji fenugreek di dalam air hangat selama kurang lebih 24 jam. Setelah itu, saring dan kemudian tambahkan satu sendok makan. Minum air tersebut sebelum makan pagi.


Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki manfaat sebagai obat keputihan yang disebabkan oleh bakteri dengan cara menjaga keseimbangan pH pada vagina. Selain intu meningkatkan jumlah bakteri baik pada vagina dan mengurangi infeksi akibat jamur.

Hal tersebut di atas dilakukan dengan cara mencampurkan cuka sari apel murni dengan air mineral hangat sebanyak 1 gelas kemudian minum 1 hari sekali.


Buah Pisang Setiap Hari

Pisang membantu mengatasi gangguan reproduksi wanita yaitu dengan cara menjaga keseimbangan hormon. Konsumsi 2 kali sehari pisang setiap hari untuk menghentikan keputihan. Buah pisang mengandung kalium untuk meningkatkan detak jantung sehat dan menjaga pencernaan tetap sehat.

Jus Buah Delima

Jus buah delima mengandung banyak nutrisi penting untuk meningkatkan dan menjaga keseimbangan hormon dan mencegah berkembangnya virus dan bakteri termasuk bakteri jahat pada vagina. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jus buah delima 1 kali sehari.

Basil dan Susu

Jus basil dan susu diakui sebagai obat yang dapat membantu mengatasi keputihan. Terdapat kandungan senyawa dalam basil yang dapat mengendalikan pH dan meningkatkan kesehatan rongga pada vagina. Permasalahan pH pada vagina yang tidak seimbang sebelum dan sesudah menstruasi merupakan salah satu yang sering dialami.

Cara mengobatinya adalah dengan cara menghaluskan daun basil dan campur dengan 1 gelas susu rendah lemak. Metode ini efektif dilakukan untuk mengatasi keputihan setelah 1 atau 2minggu melakukan terapi ini.

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan

Jahe Hangat

Jahe melawan bakteri jahat pada vagina. Jahe merupakan salah satu obat untuk mengatasi keputihan dengan khasiat tinggi. Caranya dengan merebus 1 gelas air dengan 1 ruas jahe. Angkat setelah mendidih dan saring. Minum ketika lagi hangat dan dapat juga dengan menambahkan gula batu agar lebih nikmat.

Yogurt

Di dalam yoghurt terkandung sumber pro biotik tinggi. Bakteri baik yang terkandung di dalam yoghurt bermanfaat untuk membantu melawan berkembangnya bakteri jahat maupun infeksi jamur pada vagina. Konsumsi yoghurt setiap hari untuk menyeimbangkan kesehatan organ reproduksi wanita dari dalam.

Jus Anggur dan Madu

Warna ungu dan merah yang terdapat pada anggur dapat meningkatkan pH alami pada rongga vagina. Buah anggur mengandung zat yang dapat melawan virus maupun bakteri pada vagina. Buatlah jus anggur berikut dengan kulitnya serta tambahkan 1 sendok madu.

Menghindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat menjadi penyebab bertambah parahnya keputihan karena dapat menyebabkan perubahan kadar hormon dalam tubuh. Keputihan akan menjadi lebih buruk ketika kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang. Selain itu juga bisa menghambat metabolisme dalam tubuh. Hinda mengonsumsi makanan berminyak pada saat mengalami keputihan.