Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Ternyata ada beberapa jenis makanan penyebab keputihan yang akan memicu wanita mengalami permasalahan ini. Keputihan sendiri terbagi menjadi dua, keputihan normal dan abnormal. Keputihan normal akan terjadi pada setiap wanita. Sedangkan keputihan abnormal merupakan permasalahan yang sering kali dialami oleh beberapa orang.

Keputihan abnormal akan menimbulkan gejala seperti memiliki warna yang tidak jernih, berbau yang tidak sedap, dan kemunculannya disertai gatal. Agar tidak mengalami keputihan, sebaiknya ketahui beberapa makanan penyebab keputihan berikut ini:

  1. Mengandung Ragi

Ragi biasa digunakan untuk fermentasi, seperti saat fermentasi tape beras, singkong, keju, pada bahan pengembang roti, pasta tomat ataupun manisan buah kering, dan lain-lain. Konsumsi ragi yang berlebihan akan menyebabkan keputihan yang abnormal.

  1. Mengandung Gula Yang Tinggi

Mengonsumsi kadar gula yang berlebihan, akan menyebabkan pertumbuhan bakteri pada area vagina menjadi bertambah. Hal ini membuat mudahnya Anda mengalami keputihan yang disertai gatal dan juga bau yang tidak sedap.

  1. Telur

Makanan penyebab keputihan berikutnya adalah telur. Kandungan protein dan kalori di dalamnya yang tinggi bisa memicu pengeluaran lendir yang berlebihan. Untuk itu, hindari konsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan, usahakan maksimal 2 butir agar jumlah protein tidak berlebihan.

  1. Makanan Pedas

Kandungan capsicum dalam cabai bisa merangsang tumbuhnya bakteri, sehingga keputihan abnormal dapat terjadi. Hindari konsumsi makanan pedas secara berlebihan agar Anda terhindar dari keputihan abnormal ini.

  1. Makanan Yang Berasal Dari Tepung

Tepung merupakan sumber karbohidrat yang berarti memiliki kandungan gula di dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa makanan yang tinggi kandungan gula akan merangsang bakteri untuk tumbuh sehingga menyebabkan keputihan abnormal.

  1. Sayur Kubis

Walaupun kubis termasuk sayur-sayuran yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun mengonsumsi kubis dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan keputihan abnormal pada wanita. Ketika proses penanaman, kubis akan membutuhkan pestisida yang banyak dibanding jenis sayur lainnya, untuk menghambat hama dan penyakit yang bisa merusak pertumbuhan kubis. Penggunaan pestisida yang banyak itulah yang bisa memberikan dampak tidak baik pada kesehatan organ kewanitaan.

  1. Makanan Berpengawet

Makanan kaleng, atau kemasan akan memiliki kandungan pengawet untuk menjaga produk tersebut dapat bertahan lama. Zat pengawet tersebut ternyata bisa memicu keputihan untuk terjadi. Untuk itu, hindari makanan yang memiliki kandungan pengawet di dalamnya.

  1. Makanan Kering

Makanan yang dikeringkan seperti misalnya buah kering juga ternyata dapat memicu terjadinya keputihan abnormal pada wanita. Sebaiknya, jika ingin mengonsumsi buah, konsumsi lah buah yang masih segar bukan yang sudah melewati proses pengeringan yang tentunya memiliki kandungan gizi yang sedikit dibanding buah segar.

  1. Udang dan Daging

Udang dan daging merupakan dua bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi di dalamnya. Hal ini dapat membuat wanita mengalami keputihan yang abnormal. Bila tidak ingin keputihan abnormal terjadi, sebaiknya kurangi ataupun hindari konsumsi udang dan daging.

Itulah beberapa makanan penyebab keputihan yang sebaiknya Anda batasi ataupun hindari konsumsinya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami keputihan yang memiliki ciri ciri tidak normal seperti memiliki warna yang tidak jernih, berbau ataupun disertai dengan gatal.

Bila Anda memiliki keluhan terkait keputihan abnormal, sebaiknya konsultasikan dan juga periksakan diri Anda pada dokter di Klinik Utama Gracia. Sebelumnya, Anda juga bisa berkonsultasi online melalui layanan chatting Klinik Utama Gracia. Semoga bermanfaat.