Penyebab keputihan dan cara mengatasinya harus diketahui oleh setiap wanita. Permasalahan wanita satu ini memang sering menimbulkan ketidaknyamanan. Sebenarnya keputihan merupakan cairan vagina yang berfungsi dalam menghindarkan area kewanitaan dari infeksi, serta membuang sel-sel mati agar selalu dalam keadaan bersih. Namun terkadang banyak mikroorganisme yang dapat menginfeksi area kewanitaan dan menyebabkan terjadinya keputihan abnormal.

Bila normalnya keputihan keluar dengan tanpa warna atau jernih, tidak tercium bau busuk dan juga tidak menyebabkan gatal, lain halnya pada keputihan abnormal. Keputihan abnormal umumnya keluar dengan warna tertentu seperti kekuningan, abu-abu ataupun kehijauan, keluar bau tidak sedap dan akan menyebabkan gatal pada area sekitar. Lalu apa penyebab keputihan dan cara mengatasinya?

1. Gangguan Pada Organ Kandungan

Adanya gangguan pada organ kandungan seperti tumor, polip atau kanker, maka akan menunjukkan gejala keluarnya keputihan. Biasanya keputihan ini akan disertai bercak darah dan juga berbau tidak sedap atau menyengat. Selain itu, wanita akan merasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, terjadi gangguan pada siklus haid, demam, lemas, dan menurunnya semangat.

1. Usia

Wanita yang sudah lanjut usia juga bisa mengalami keputihan yang biasanya disertai bercak darah. Penyebabnya adalah kondisi organ kewanitaan yang sudah semakin menipis karena faktor usia. Walaupun begitu, keputihan yang memiliki gejala tadi juga bisa dialami oleh remaja perempuan, wanita yang sedang memasuki masa menopause, dan penderita diabetes. Hal ini dikarenakan lapisan selaput lendir di organ kewanitaan akan lebih tipis.

1. Adanya Benda Asing Pada Area Kewanitaan

Pembalut, kapas ataupun benda lainnya bisa saja memasuki area kewanitaan dan menyebabkan keputihan. Pada anak-anak, mungkin hal ini akan seringkali terjadi, karena belum pahamnya fungsi organ kewanitaan yang ia miliki.

1. Sering Dibersihkan

Memang menjaga kebersihan area kewanitaan adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Namun berbeda halnya bila Anda terlalu sering membersihkannya, bahkan dibersihkan dengan sabun atau produk pembersih yang sebenarnya tidak perlu dipakai. Penggunaan produk tersebut akan merusak keseimbangan bakteri baik pada area kewanitaan dan membuat bakteri buruk semakin mudah berkembang biak.

1. Penyakit Menular Seksual

Keputihan juga bisa terjadi bila Anda terinfeksi penyakit menular seksual atau penyakit kelamin seperti misalnya gonorrhea ataupun klamidia. Penyakit ini dapat menyerang Anda bila Anda melakukan hubungan seksual dengan pria yang menderita penyakit menular seksual.

Cara Mengatasi

Penyebab keputihan dan cara mengatasinya penting diketahui agar Anda tau apa yang harus Anda lakukan bila sewaktu-waktu mengalaminya. Untuk mengatasi keputihan yang terjadi, maka harus terlebih dahulu diketahui penyebabnya. Karena pengobatan akan dilakukan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Bila disebabkan karena adanya infeksi bakteri, pengobatan dilakukan dengan antibiotik. Keputihan yang disebabkan oleh jamur, diobati dengan anti jamur dalam bentuk krim atau gel. Keputihan karena penyakit menular seksual, akan diobati dengan antibiotik. Sedangkan bila disebabkan karena faktor usia, Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang wajar. Maka penting halnya Anda memeriksakan kondisi kesehatan organ kewanitaan Anda untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan yang terjadi.

Jika Anda mengalami keluhan terkait keputihan yang abnormal, maka Anda bisa menggunakan layanan chatting Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan solusi terkait permasalahan yang Anda alami. Atau Anda juga bisa datang langsung memeriksakan diri ke dokter Klinik Utama Gracia. Lebih cepat diketahui penyebabnya, maka penanganan atau pengobatan dapat cepat juga dilakukan. Semoga bermanfaat.