Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Keputihan abnormal bisa terjadi karena infeksi mikroorganisme pada area kewanitaan, seperti misalnya infeksi jamur. Mengatasinya haruslah dengan obat keputihan karena jamur yang tepat. Biasanya gejala yang terjadi adalah muncul bau tidak sedap pada keputihan, keputihan akan memiliki warna yang berbeda dari normalnya, dan juga bisa menyebabkan gatal.

Infeksi jamur ini bisa terjadi karena area kewanitaan yang terlalu lembab, sehingga jamur dapat dengan mudah tumbuh dan juga berkembang. Karena cukup mengganggu, akan lebih baik bila Anda mengetahui obat keputihan karena jamur berikut ini.

  1. Yoghurt

Kandungan bakteri baik yaitu Lactobacillus acidophillus dalam yoghurt dapat membantu dalam mengatasi infeksi jamur. Caranya cukup mudah, Anda hanya mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap harinya, agar jamur tidak mudah tumbuh. Adapula cara lain dimana Anda meletakkan sedikit yoghurt pada pembalut yang Anda gunakan, dan ganti setiap dua jam. Namun diketahui bahwa cara ini ternyata memiliki resiko yang malah akan menyebabkan pertumbuhan jamur menjadi meningkat.

  1. Bawang Putih

Di dalam bawang putih terdapat sulfur dan sulforaphane yang akan menyerang jamur. Bahan dapur ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi mikroorganisme, khususnya pada area kewanitaan. Caranya, Anda cukup mencampurkan air bersih dengan bawang putih yang sudah dihancurkan. Kemudian gunakan air tersebut untuk membasuh vagina. Cara mudah lain juga bisa dilakukan dengan konsumsi bawang putih setiap harinya.

  1. Cranberry

Vitamin C dan senyawa asam khusus dalam buah ini dapat menjadi obat keputihan karena jamur ataupun bakteri. Bukan hanya untuk mengobati keputihan, buah ini juga berkhasiat untuk mengatasi permasalahan infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi jus buah cranberry tanpa tambahan gula.

  1. Tea Tree Oil

Atau nama lainnya minyak pohon teh, memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi permasalahan keputihan karena jamur. Bukan hanya itu saja, namun tea tree oil juga dapat mengurangi rasa gatal karena keputihan abnormal tersebut. Caranya sangat mudah, cukup menambahkan tea tree oil pada air mandi Anda. Ataupun meneteskan tea tree oil pada pembalut atau panty liner. Namun ganti pembalut atau panty line secara rutin setiap dua jam sekali.

  1. Cuka Apel

Bahan aktif yang berada di cuka apel sangat ampuh untuk menghilangkan jamur sampai pada akarnya. Caranya sama dengan penggunaan tea tree oil, yaitu dengan mencampurkannya pada air mandi atau air untuk Anda berendam. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah jamur untuk tumbuh di area kewanitaan. Caranya, campurkan minyak zaitun di air mandi atau berendam yang akan Anda gunakan, kemudian basuhkan ke area vagina atau rendam bagian tubuh bawah Anda dalam air tersebut. Anda juga bisa memakai minyak zaitun sebagai bahan memasak sehari-hari agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari infeksi mikroorganisme.

Keenam obat keputihan karena jamur ini bisa Anda coba. Namun sebelumnya, sebaiknya konsultasikan atau bicarakan cara-cara di atas pada dokter, apakah penggunaannya tepat diterapkan pada kondisi permasalahan yang Anda alami.

Namun umumnya bila Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter akan memberikan penanganan berupa obat anti jamur untuk mengatasi permasalahan keputihan karena jamur yang mengganggu tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai keputihan pada staf Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol konsultasi online di bawah ini.