Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Apa saja obat keputihan gatal? Mungkin ini yang sering menjadi pertanyaan bagi para wanita yang selalu merasa terganggu dengan keberadaan keputihan abnormal yang umumnya menyebabkan gatal. Bukan hanya gatal, keputihan abnormal juga akan menunjukkan gejala seperti mengeluarkan bau menyengat yang tidak sedap, dan berwarna tidak normal seperti kuning, hijau, ataupun keabuan.

Sebenarnya keputihan akan normal terjadi bila wanita akan menstruasi ataupun sesudah menstruasi, dan juga ketika hamil. Namun keputihan yang terjadi tersebut tidak akan menyebabkan munculnya gatal pada area kewanitaan. Gatal yang terjadi bisa disebabkan adanya infeksi mikroorganisme pada area kewanitaan, seperti jamur, bakteri, virus, ataupun parasit. Kemunculan keputihan yang membuat gatal harus segera diatasi dengan obat keputihan gatal berikut ini.

  1. Kunyit

Bumbu dapur yang juga berkhasiat untuk dijadikan obat ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi keputihan pada wanita. Kunyit sendiri memiliki zat anti bakteri yang akan membantu menghilangkan gatal yang terjadi karena keputihan. Caranya, parut kunyit yang sudah dikupas dan dicuci bersih, lalu campur dengan asam jawa dan gula jawa, peras dan ambil airnya. Air tersebut dapat Anda konsumsi sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Lidah Buaya

Selain berguna untuk kesehatan kulit dan rambut, lidah buaya juga bisa membantu mengatasi permasalahan keputihan. Caranya, kupas kulit lidah buaya, ambil dagingnya dan rebus sampai mendidih, kemudian konsumsi air dan juga daging lidah buaya tersebut.

  1. Yoghurt

Kandungan bakteri baik dalam yoghurt dapat mengurangi bakteri jahat yang dapat menyebabkan keputihan yang gatal. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap harinya agar bakteri jahat cepat menghilang dari tubuh dan area kewanitaan.

  1. Biji Mangga

Selain buahnya yang enak dan bermanfaat, biji mangga juga ternyata dapat menjadi obat keputihan gatal. Caranya, haluskan 1 buah biji mangga muda, lalu tambahkan air, dan oleskan campuran tersebut pada area luar vagina. Setelah beberapa saat, bisa Anda bilas hingga bersih. Perlu diingat, bahwa pengolesan jangan sampai mengenai area dalam vagina yang sangat sensitif.

  1. Daun Jambu Biji

Selain berguna untuk obat diare, daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai obat keputihan abnormal. Caranya, rebus daun jambu biji bersama air sampai mendidih, kemudian tunggu air hingga dingin dan gunakan untuk membasuh area vagina.

  1. Jintan Hitam

Dikenal juga dengan sebutan habatussauda, bahan ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan keputihan gatal yang Anda alami. Caranya, tumbuk 3 sendok teh jintan hitam bersama 3 tangkai pucuk daun beluntas dan garam, lalu campur dengan segelas air, dan saring. Air tersebut bisa Anda minum setiap pagi sebelum Anda sarapan.

  1. Obat Dokter

Dokter akan memberikan obat keputihan gatal sesuai dengan penyebabnya. Bila Anda mengalami keputihan karena bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. Bila disebabkan oleh jamur, obat anti jamur yang akan diberikan. Berbeda jika keputihan dikarenakan virus, maka harus diobati dengan obat anti-virus.

Untuk itulah, penyebab dari keputihan gatal yang Anda alami harus diketahui dengan pasti. Hal ini diperlukan untuk pemberian pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab yang terjadi. Cara-cara di atas juga bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Periksakan permasalahan Anda pada dokter, atau konsultasikan hal tersebut pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online yang sudah tersedia pada halaman artikel ini, agar permasalahan dapat cepat teratasi. Semoga bermanfaat.