Timbulnya keputihan memanglah suatu hal yang wajar, tapi nyatanya terdapat 2 jenis keputihan dan dimana Anda harus mewaspadai ciri ciri keputihan yang berhahaya ataupun bisa dikatakan dengan jenis keputihan tidak normal, lalu apa sajakah ciri-cirinya itu?

Sebelum membahas lebih lanjut perlu Anda ketahui bahwa keputihan adalah cairan yang berasal dari kelenjar di dalam Miss V maupun di leher rahim, walaupun terkadang timbulnya keputihan sangat mengganggu karena harus lebih sering mengganti celana dalam namun nyatanya cairan keputihan memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh.

Dan salah satu manfaat cairan keputihan yaitu untuk membawa keluar sel-sel mati dan bakteri dari dalam tubuh yang bertujuan untuk mencegah adanya infeksi pada Miss V sehingga cairan keputihan berfungsi untuk menjaga agar Miss V wanita tetap bersih.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar waktu timbulnya cairan keputihan adalah hal yang normal dengan ciri-ciri berwarna putih susu, tidak berbau, dan tidak terasa gatal.
Namun dalam beberapa kondisi tertentu jumlah cairan keputihan bisa bervariasi, seperti bau dan rona (warnanya bisa berkisar dari yang jernih sampai putih susu), tergantung pada waktu dalam siklus haid Anda

Contohnya saja wanita akan memiliki banyak keputihan jika sedang berovulasi, terangsang secara seksual, sedang menyusui namun hal tersebut adalah hal yang normal terjadi dan Anda harus mewaspadai jenis keputihan yang tidak normal karena sangat berbahaya.

Awas, Inilah Beberapa Ciri Ciri Keputihan yang Berbahaya

- Cairan Keputihan Berwarna Putih Ke Abu-Abuan
Ciri ciri keputihan yang berbahaya yang pertama adalah biasanya cairan keputihan tipis dan berwarna putih keabu-abuan serta biasanya disertai dengan bau busuk dan bau amis amis dan perlu Anda ketahui bahwa kemungkinan besar penyebabnya adalah karena Bakteri vaginosis (BV).

- Cairan Keputihan Berwarna Kuning Kehijauan
Ciri ciri keputihan yang berbahaya selanjutnya adalah cairan keputihan yang berwarna kuning kehijauan yang dibarengi dengan bau yang kuat, serta gejala lainnya adalah ketidaknyamanan saat melakukan hubungan badan dan buang air kecil, serta terdapat iritasi dan gatal-gatal pada area genital wanita. Perlu Anda ketahui bahwa penyebab utamanya adalah karena adanya infeksi Trichomonas.

- Cairan Keputihan Berwarna Kuning Disertai Dengan Pembengkakan Alat Kelamin
Tahukah Anda bahwa ternyata gonore yang merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual mungkin saja tidak menimbulkan gejala pada separuh wanita yang terinfeksi? Tetapi hal tersebut dapat menimbulkan cairan keputihan yang berwarna kuning, menyebabkan rasa seperti terbakar saat buang air kecil atau sering buang air kecil, pembengkakan alat kelamin, serta terasa gatal-gatal pada Miss V.

Keputihan Berwarna Coklat
Ciri ciri keputihan yang berbahaya selanjutnya adalah keluarnya cairan keputihan yang berwarna coklat pada periode haid, kehamilan di awal, atau pada masa menopause dan keputihan ini bisa jadi tanda adanya penyakit pada Miss V maupun bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease (PID) maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter Anda jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri diatas.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Keputihan yang Berbahaya?

- Karena Bakteri Vaginosis
Bakteri vaginosis adalah infeksi bakteri yang umum dan biasanya infeksi ini bisa mengakibatkan jenis keputihan yang berlebihan dibarengi dengan bau busuk, berbau busuk dan sesekali seperti ikan.
Dalam beberapa kasus wanita yang umumnya menerima oral seks atau yang memiliki banyak pasangan seksual cenderung memiliki lebih banyak jenis infeksi ini.

- Karena Trikomoniasis
Trikomoniasis biasanya disebabkan oleh adanya organisme bersel tunggal yang dikenal sebagai protozoa, dan hampir sebagian besar infeksi ini ditularkan selama kegiatan seksual, namun bisa juga ditularkan dengan berbagi handuk atau baju renang.

Infeksi ini biasanya akan menyebabkan jenis keputihan yang berwarna kuning atau hijau dan berbau busuk yang dibarengi dengan bau busuk, menyebabkan rasa sakit, radang, dan gatal. Namun pada beberapa orang tidak akan mengalami gejala apapun.

- Karena Gonore dan Chlamydia
Gonore dan klamidia adalah penyakit menular seksual dan biasanya sering mengeluarkan cairan keputihan yang berwarna kuning, kehijauan, atau berawan.

- Penyakit Peradangan Pelvis
Penyakit radang panggul adalah infeksi yang sering ditularkan melalui hubungan seksual, hal ini terjadi saat ada bakteri menyebar mengelilingi Miss V dan masuk ke bagian lain sistem reproduksi wanita, sehingga hal ini dapat menyebabkan cairan keputihan yang berbau busuk

- Human Papillomavirus (HPV) atau Kanker Serviks
Infeksi virus papiloma manusia (HPV) adalah kanker serviks dan hal ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual yang nantinya bisa berakibat pada kanker serviks. Meskipun, mungkin tidak disertai gejala, jenis kanker ini bisa berakibat pada cairan keputihan berdarah, coklat, atau berair dengan bau tak sedap.

Namun, kanker serviks dapat segera dicegah atau ditemukan saat Anda menjalani pemeriksaan rutin pap smear tahunan normal dan melalui tes HPV.
Nah, itulah tadi berbagai macam ciri ciri keputihan yang berbahaya yang perlu Anda waspadai dan misalkan Anda memiliki beberapa gejala-gejala seperti di atas maka ada baiknya Anda segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda juga bisa mengkonsultasikan dengan mengklik tombol chat online di atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.