Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Timbulnya keputihan memanglah sesuatu hal yang normal terjadi, tapi sayangnya mungkin banyak wanita diluar sana yang belum mengetahui perbedaan keputihan normal dan tidak normal, padahal dengan mengetahui perbedaannya Anda dapat dengan mudah untuk mencegah keputihan yang tidak normal

Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar keputihan adalah hal yang normal karena cairan keputihan yang dibuat oleh kelenjar di dalam Miss V dan serviks ini akan membawa sel-sel mati dan bakteri mati untuk keluar dari Miss V, sehingga akan membuat vagina bersih dan membantu mencegah infeksi.

Namun, sayangnya saat ini masih banyak wanita yang minim pengetahuan tentang keputihan normal dan tidak normal, padahal hampir sebagian besar kasus jenis keputihan yang tidak normal bisa disebabkan oleh berbagai macam jenis bakteri dan bakteri tersebut siap mengancam kesehatan Miss V Anda, lalu apa sajakah yang menyebabkan keputihan yang tidak normal?

Awas, Inilah Penyebab Wanita Mengalami Keputihan Tidak Normal!!



- Karena Trikomoniasis
Penyebab wanita mengalami keputihan tidak normal yang pertama adalah karena Trikomoniasis dan hampir sebagian besar infeksi ini menyebar melalui hubungan seksual yang disebabkan oleh adanya protozoa (organisme bersel satu) akan tetapi bisa juga ditularkan dengan berbagi handuk atau baju renang.

Infeksi ini biasanya akan menimbulkan cairan keputihan berwarna atau hijau yang memiliki bau busuk dan mungkin dibarengi dengan rasa sakit, radang, dan gatal-gatal meskipun pada beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

- Karena Bakteri Vaginosis
Penyebab wanita mengalami keputihan tidak normal selanjutnya adalah karena Bakteri vaginosis adalah infeksi bakteri dan sangat umum terjadi yang biasanya disebabkan oleh oral seks atau memiliki hubungan seks dengan banyak pasangan. Biasanya infeksi ini bisa menimbulkan peningkatan cairan keputihan yang memiliki bau yang kuat, busuk, dan terkadang mencurigakan, meski tidak menimbulkan gejala pada beberapa kasus.

- Karena Infeksi ragi
Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang biasanya menghasilkan cairan keputihan seperti keju tebal yang dibarengi dengan sensasi terbakar dan gatal-gatal pada Miss V.
Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kehadiran ragi di dalam Miss V adalah normal, namun pertumbuhannya yang berlipat ganda di luar kendali dalam situasi tertentu dapat menyebabkan hal tersebut dan terdapat banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan infeksi jamur diantaranya:

- Mengalami diabetes
- Menggunakan pil KB
- Mengalami kehamilan
- Mengkonsumsi antibiotik tertentu (terutama penggunaan berkepanjangan selama 10 hari)



- Karena Gonore dan Chlamydia
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa gonore dan klamidia adalah kedua jenis penyakit menular seksual (PMS) yang umumnya disebabkan oleh berbagai macam aktivitas seks dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan biasanya akan menghasilkan cairan keputihan yang abnormal yang seringkali berwarna kuning, kehijauan, atau berawan.

- Karena Penyakit Peradangan Panggul
Penyakit radang panggul (PID) merupakan infeksi yang sering disebarkan melalui kontak seksual, hal ini terjadi saat bakteri menyebar ke Miss V dan masuk ke organ reproduksi lainnya sehingga bisa menghasilkan cairan keputihan yang berat dan berbau busuk.

- Karena Human Papillomavirus (HPV) atau Kanker Serviks
Hampir sebagian besar kasu human papillomavirus (HPV) disebarkan oleh infeksi yang menyebar melalui kontak seksual sehingga dapat menyebabkan kanker serviks.

Meskipun pada beberapa wanita mungkin tidak ada gejala, akan tetapi jenis kanker ini bisa menghasilkan cairan keputihan berdarah, coklat, atau berair yang dibarengi dengan bau tak sedap.
Wanita, Ternyata Inilah Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa jenis keputihan normal tentunya sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan Miss V, sehingga keputihan normal adalah cara efektif yang berfungsi untuk untuk menghilangkan zat berbahaya dari Miss V, dan juga berfungsi sebagai penghalang dari berbagai macam infeksi, lalu apa sajakah perbedaan antara keputihan normal dan tidak normal?

 

Wanita, Ternyata Ini Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal



A. Ciri-Ciri Keputihan Normal, Diantaranya:

- Keputihan yang normal biasanya berlendir berwarna putih dan berwarna putih susu

- Keputihan yang normal tidak menyebabkan rasa gatal-gatal pada Miss V, entah itu karena alergi ragi, atau alergi dari sabun atau douching yang bisa menyebabkan ini

- Keputihan yang normal biasanya jika dipegang teksturnya akan seperti lendir berwarna putih yang lengket dan mudah hilang jika terkena air

- Biasanya keputihan yang normal disertai dengan gumpalan berwarna putih dan terlihat batas yang sangat jelas dengan bagian lendir yang lain.

- Biasanya keputihan yang normal sering meninggalkan flek berwarna kuning pada celana dalam wanita jika sudah mengering walaupun sudah dicuci.

B. Ciri-ciri Keputihan yang Tidak Normal
Diketahui keputihan tidak normal bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal seperti yang telah dijelaskan di atas dan jika misalkan Anda mengalami beberapa ciri keputihan tidak normal dibawah maka ada baiknya segera konsultasi dan hubungi dokter Anda.

- Biasanya cairan keputihan tidak normal pasti akan berubah warna menjadi kuning kehijauan dan menggumpal, sehingga jika Anda mengalami keputihan seperti ini maka segera konsultasikan kepada dokter. Karena seperti yang telah dijelaskan di aras bahwa hal tersebut diakibatkan adanya trichomoniasis ataupun jenis PMS lainnya yang ditularkan akibat berhubungan badan.

- Biasanya cairan keputihan tidak normal akan menyebabkan rasa gatal-gatal di sekitar Miss V dan cairan keputihan akan berbau busuk

- Biasanya cairan keputihan yang tidak normal akan menyebabkan jumlah lendir yang dihasilkan dari keputihan terus menerus bertambah banyak.

- Biasanya timbulnya cairan keputihan yang tidak normal dibarengi dengan berbagai macam gejala seperti: terasa nyeri, sakit atau panas ketika Anda berkemih dan timbulnya keputihan disertai dengan gumpalan-gumpalan putih yang keras atau tebal.

- Biasanya timbulnya cairan keputihan yang tidak normal tersebut dibarengi dengan timbulnya ruam di sekitar kulit bekas keputihan yang bisa terjadi karena adanya infeksi tertentu.


Nah, itulah tadi berbagai macam perbedaan mengenai jenis keputihan normal dan tidak normal pada wanita, dan misalkan Anda merasa memiliki jenis keputihan yang tidak normal maka sudah saatnya Anda untuk mengkonsultasikan hal tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.