Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Candida Albicans Adalah Penyebab Keputihan Pada Wanita

Mungkin hampir sebagian besar orang masih terasa asing jika mendengar "Candida albicans" lalu apakah candida albicans itu? Candida albicans adalah jamur oportunistik yang biasanya berbentuk ragi. Dan diketahui bahwa candida albicans adalah penyebab kompleks terkait Candida dan banyak gejala yang tidak diinginkan bisa terjadi termasuk: sering merasa kelelahan, penambahan berat badan, nyeri sendi, sampai menyebabkan keputihan yang disebabkan oleh adanya infeksi ragi pada Miss V.

Selain itu Candida albicans adalah jamur yang biasanya ada pada kulit dan pada selaput lendir seperti pada Miss V, mulut, atau rektum, bahkan jamur ini juga bisa berjalan melalui aliran darah dan mempengaruhi tenggorokan, usus, dan katup jantung.

Tetapi, biasanya Candida albicans tidak akan menimbulkan gangguan jika sistem kekebalan tubuh manusia bekerja dengan baik, karena pada dasarnya Candida albicans dapat merusak tubuh di saat sistem kekebalan kita melemah.

Bahkan pada area organ intim wanita yang dilindungi cairan mukosa yang bersifat asam dapat membuat candida albicans tidak dapat berkembang biak secara baik. Namun apabila tingkat keasaman mulai terganggu maka dapat mengakibatkan timbulnya candidiasis yang biasanya disertai dengan rasa gatal-gatal.

Lalu, Apakah Semua Orang Bisa Memiliki Candida Albicans?


Ya, ternyata hampir semua orang berisiko untuk memiliki Candida albicans, dan sebagian besar dari kita mungkin memiliki terlalu banyak atau pertumbuhan berlebih dari Candida albicans.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Candida albicans hanya mulai akan menimbulkan masalah bila ada beberapa perubahan pada tubuh Anda yang memungkinkannya untuk tumbuh berlebih dan mengganggu keseimbangan mikroorganisme di usus.

Ternyata perubahan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena pengunaan antibiotik, mengkonsumsi makanan berkepanjangan yang kaya akan karbohidrat dan gula, dan bahkan bisa terjadi akibat periode stres yang berkepanjangan.



Jadi jika Anda menduga bahwa Anda memiliki pertumbuhan berlebih dari Candida albicans, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, selain itu langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan mengkonsultasikan kepada dokter Anda mengenai apa yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan ini.

Baca juga: Ternyata makanan ini bisa menyebabkan keputihan

Sayangnya, mungkin banyak dokter tidak mengenali masalah sistemik yang disebabkan oleh sindrom seperti kompleks Candida dan dokter hanya mengobati gejala, seperti infeksi pada Miss V atau sariawan daripada mencari penyebab yang mendasarinya.

Inilah Alasan Mengapa Candida Albicans Sulit Diobati


Karena umumnya Candida albicans adalah mikroorganisme yang sangat unik dan mikroorganisme ini bisa menggunakan berbagai strategi untuk melindungi dirinya dan bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca juga: Inilah ciri-cirinya keputihan normal dan tidak normal

Tentunya strategi dari mikroorganisme ini bisa menyulitkan pengobatan dengan terapi tunggal, dan karena itulah Dr Eric dan merekomendasikan rencana perawatan multi-faceted dalam bukunya. Sebagai contoh, Candida dapat eksis setidaknya dalam dua bentuk yang berbeda. Bentuk ragi bertahan dengan baik dalam kondisi asam, sedangkan bentuk jamur tumbuh subur dalam pH netral atau basa.

Dan seiring kondisi di usus Anda yang berubah maka Candida mampu beralih di antara kedua bentuk ini dan bertahan dalam perubahan dramatis di lingkungannya. Cara lain yang disesuaikan dengan Candida adalah dengan menyesuaikan pH lingkungan sekitarnya. Pada cara ini Candida melepaskan metabolit seperti amonia yang secara aktif dapat meningkatkan pH lingkungan, sehingga memungkinkan Candida albicans beralih dari bentuk ragi ke bentuk jamurnya.

Terakhir, ada bukti yang menunjukkan bahwa Candida albicans secara fisik dapat mengubah dinding selnya saat berhubungan dengan lingkungan asam, dan menggunakan perubahan ini untuk menyembunyikannya.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengatasi Candida Albicans?


- Cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi antibiotik
- Mengatur pola maka dan pola hidup yang baik
- Menjaga kekebalan tubuh serta meningkatkan sistem imun yaitu dengan cara menjaga asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh
- Cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi gula, tepung putih, alkohol, makanan hasil fermentasi, makanan cepat saji dan kurangi segala jenis keju.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai candida albicans adalah dan jika misalkan Anda merasa memiliki jamur candida yang berlebihan maka Anda bisa berkonsultasi dengan Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa mengklik tombol konsultasi di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.