Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Timbulnya keputihan berlebihan memang menjadi masalah klasik pada wanita, akan tetapi dengan mengetahui penyebab keputihan berlebihan maka Anda dapat dengan mudah untuk mencegah hal tersebut, apalagi timbulnya keputihan yang berlebihan bisa sangat mengganggu rutinitas harian Anda.

Umumnya Anda tak perlu mewaspadai jika memiliki jenis keputihan yang normal, karena keputihan memiliki banyak fungsi salah satunya adalah untuk membantu menjaga kelembaban pada Miss V serta melindunginya dari berbagai macam infeksi.

Baca juga: Inilah Akibatnya Keputihan Berlebihan yang Tidak Segera Disembuhkan Pada Wanita Dewasa


Selain itu perlu Anda ketahui bahwa cairan keputihan disebabkan oleh adanya selaput lendir yang dihasilkan dari serviks yaitu bagian bawah rahim yang mengarah ke vagina, dan biasanya jenis keputihan normal akan memiliki ciri-ciri seperti: cairannya tidak berbau, berwarna putih susu, jernih dan tidak terasa gatal.



Ternyata Inilah 9 Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Wanita


Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa pada umumnya keputihan berlebihan itu merupakan hal yang normal terjadi dan jika tidak dibarengi dengan perubahan warna keputihan, terasa gatal-gatal pada Miss V, berbau dll maka Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Selain itu biasanya warna, konsistensi dan jumlah cairan keputihan dapat menjadi indikator penting bagi kesehatan wanita, dan dalam beberapa kasus keputihan berlebih merupakan indikasi tubuh yang bisa mencerminkan kesehatan. Dan berikut di bawah ini Kami akan menjelaskan berbagai macam penyebab keputihan berlebihan yang akan dibagi menjadi dua kategori yaitu karena keputihan normal dan tidak normal diantaranya:

A. Penyebab keputihan Berlebihan yang Normal

1. Karena Gairah Seksual yang Meningkat
Tahukah Anda bahwa ternyata jika wanita mengalami gairah seksual yang meningkat ataupun terangsang secara seksual maka Miss V bisa mengeluarkan cairan berwarna jernih atau keruh?
Dan ternyata hal tersebut adalah penyebab keputihan berlebihan dan hal tersebut bertujuan sebagai pelumas alami untuk membuat hubungan seksual lebih mudah.

2. Mengalami Ovulasi
Ternyata di saat wanita mengalami ovulasi maka bisa mengalami cairan keputihan yang berlebihan, selain itu perlu Anda ketahui bahwa ovulasi memiliki fungsi untuk membantu sperma dalam menemukan sel telur, sehingga kelenjar serviks melepaskan lendir ke dalam Miss V.

3. Mengalami Kehamilan
Ternyata wanita yang mengalami awal kehamilan sering mengalami cairan keputihan yang berlebihan dan hal tersebut disebabkan oleh kenaikan kadar progesteron yang dikombinasikan dengan peningkatan aliran darah pada Miss V.



B. Penyebab Keputihan Berlebihan yang Tidak Normal:

4. Karena Bakteri Vaginosis
Tahukah Anda bahwa bakteri vaginosis adalah salah satu jenis infeksi bakteri yang sangat umum terjadi pada wanita dan biasanya bakteri ini dapat menjadi penyebab keputihan berlebihan yang dibarengi dengan bau yang sangat kuat seperti bau busuk, dan terkadang mencurigakan

Diketahui Bakteri Vaginosis paling sering terjadi pada wanita yang sering menerima seks oral atau yang memiliki banyak pasangan seks.

5. Karena Trikomoniasis
Tahukah Anda bahwa Trikomoniasis ini biasanya menyebar melalui kontak seksual, namun bisa juga ditularkan dengan berbagi handuk atau baju renang?

Biasanya wanita yang terinfeksi Trikomoniasis akan mengeluarkan cairan keputihan berwarna kuning atau hijau dibarengi dengan bau busuk. Dan masih terdapat gejala lain seperti timbulnya rasa sakit pada Miss V, radang, dan terasa gatal dan hal tersebut adalah penyebab keputihan berlebihan akan tetapi pada beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

Baca juga: Daftar Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keputihan Berlebihan

6. Karena Infeksi Ragi
Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang biasanya menghasilkan cairan keputihan berwarna putih seperti keju cottage yang dibarengi dengan sensasi terbakar dan gatal-gatal pada Miss V.

7. Karena Gonore dan klamidia
Tahukah Anda bahwa kedua jenis infeksi menular seksual seperti Gonore dan klamidia dapat menghasilkan cairan keputihan yang tidak normal dan biasanya cairan keputihan tersebut berwarna kuning dan kehijauan.

8. Karena Penyakit Radang Panggul
Penyakit peradangan panggul adalah infeksi yang sering disebarkan melalui kontak seksual dan hal ini terjadi saat bakteri menyebar ke Miss V dan masuk ke organ reproduksi lainnya, sehingga akan menghasilkan cairan keputihan yang terasa berat berbau busuk.

9. Karena Human Papillomavirus (HPV) atau Kanker Serviks
Tahukah Anda bahwa Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi yang menyebar melalui kontak seksual sehingga dapat menyebabkan kanker serviks.
Meskipun mungkin tidak ada gejala, namun jenis kanker ini bisa menghasilkan cairan keputihan berdarah, coklat atau berair dengan bau tak sedap.

Lalu, Bagaimanakah Caranya Untuk Mencegah Cairan Keputihan yang Berlebihan?



- Mengkonsumsi Yogurt
Tahukah Anda bahwa di dalam yoghurt terkandung sumber pro biotik tinggi yaitu salah satu jenis bakteri baik yang terkandung di dalam yoghurt yang bermanfaat untuk membantu melawan berkembangnya bakteri jahat maupun infeksi jamur pada Miss V, sehingga Anda bisa mengkonsumsi setiap hari.

- Meminum Jahe Hangat
Tahukah Anda bahwa kandungan senyawa di dalam jahe dapat melawan bakteri jahat pada Miss V yang bisa menyebabkan cairan keputihan berlebihan selain itu jahe dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus 1 gelas air dengan 1 ruas jahe yang telah diiris, kemudian angkat setelah mendidih dan saring. Kemudian Anda bisa meminum cairan alami tersebut selagi hangat dan untuk menambah rasa nikmat maka Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Baca juga: 25 Cara Menghilangkan Keputihan Dengan Cara Alami

- Menggunakan Cuka Sari Apel
Tahukah Anda bahwa cuka sari apel memiliki manfaat sebagai obat keputihan yang disebabkan oleh bakteri? Dan cuka sari apel berfungsi dengan cara menjaga dan menyeimbangkan tingkat pH pada Miss V tak sampai disitu saja karena cuka sari apel dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada Miss V dan mengurangi infeksi akibat jamur.

- Hindari Cairan Pencuci Untuk Miss V
Cara selanjutnya untuk mencegah cairan keputihan yang berlebihan adalah dengan menghindari penggunaan cairan untuk mencuci Miss V, karena kebanyakan produk tersebut berisi aroma atau sabun yang dapat membuat Anda merasa lebih bersih dalam jangka waktu pendek

Baca juga: Inilah Ciri-Ciri Keputihan yang Berbahaya

Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam jangka waktu panjang justru akan membuat masalah keputihan menjadi lebih buruk, karena akan mengganggu keseimbangan pH alami pada Miss V, bahkan bisa menyebabkan Miss V untuk bekerja lebih keras untuk kembali ke keadaan normal.

- Rajin Untuk Mengganti Celana Dalam
Cara terakhir adalah dengan rajin mengganti celana dalam dan ada baiknya Anda mengganti celana dalam 2 sampai 3 kali dalam sehari dan gunakanlah celana dalam yang berbahan katun, karena celana dalam berbahan katun terbukti dapat membantu masalah keputihan berlebih karena akan membatu sirkulasi udara, menjaga bakteri baik dalam Miss V dan juga mengurangi bau pada Miss V.

Nah, itulah tadi berbagai macam penyebab keputihan berlebihan pada wanita berikut cara untuk mencegahnya dan jika misalkan cara tersebut masih membuat cairan keputihan Anda berlebihan maka ada baiknya segera konsultasikan kepada Kami dengan mengklik tombol chat online di atas, atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.