Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Apakah Anda sering merasakan keputihan yang dibarengi dengan rasa gatal? jika ya maka Anda harus mengetahui cara mengatasi keputihan yang gatal gatal, karena bukan rahasia lagi keputihan yang terasa gatal dapat menjengkelkan bahkan bisa mengganggu rutinitas harian Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya timbulnya keputihan memanglah sesuatu hal yang normal terjadi, dan biasanya paling sering terjadi ketika menjelang periode menstruasi ataupun sesudah menstruasi selesai, namun yang perlu Anda waspadai adalah jenis keputihan yang tidak normal dengan ciri memiliki warna hijau, kuning, berbau tidak sedap dll.

Sedangkan jenis keputihan yang normal akan memiliki ciri-ciri keputihan berwarna putih susu, tidak terasa gatal, cairannya tidak berlebihan, tidak berubah warna, dan ternyata beberapa kondisi juga bisa menyebabkan wanita mengalami cairan keputihan yang terasa gatal, lalu apakah penyebabnya?



Apakah yang Menyebabkan Cairan Keputihan Terasa Gatal?
Tahukah Anda bahwa jumlah ragi yang biasanya tumbuh di Miss V dan biasanya tidak menimbulkan masalah ternyata dapat menimbulkan cairan keputihan yang terasa gatal? Nah hal tersebut ternyata disebabkan oleh adanya infeksi jamur.

Karena perubahan keasaman lendir pada Miss V atau perubahan bakteri yang biasanya tumbuh di dalam Miss V bisa membuat atau mendorong pertumbuhan ragi secara berlebihan sehingga jika ragi di Miss V tumbuh berlipat ganda maka ini bisa membuat cairan keputihan terasa gatal dan iritasi.

Selain itu perlu Anda ketahui juga bahwa perubahan ini juga bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab seperti: akibat pengobatan antibiotik, terpapar air sperma, menggunakan douche, atau mungkin juga akibat menstruasi atau mungkin juga bisa disebabkan hal lainnya.



Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal Gatal?




- Mengkonsumsi Yoghurt
Cara mengatasi keputihan yang gatal gatal selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi yogurt, karena di dalam kandungan yogurt terkandung probiotik yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan mencegah infeksi jamur pada Miss V sehingga dapat menghilangkan gatal-gatal akibat keputihan, lalu bagaimanakah cara untuk menggunakannya?

Sebenarnya cara mengatasi keputihan yang gatal gatal dengan yogurt cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi yogurt secara langsung, akan tetapi perlu Anda catat bahwa pengobatan alami ini mungkin bisa memakan waktu lebih lama untuk penyembuhannya, atau Anda juga bisa menerapkannya pada Miss V, akan tetapi konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

- Menggunakan Obat Anti Jamur
Cara mengatasi keputihan yang gatal gatal dengan cara pertama adalah dengan menggunakan obat anti jamur yang bisa Anda dapatkan dari dokter.

Biasanya obat anti jamur tersebut berbentuk krim, salep atau oral yang digunakan dengan memasukannya ke dalam Miss V dan bisa digunakan dengan berbagai dosis mulai dari dosis satu hari, tiga hari, sampai tujuh hari tergantung dengan resep dokter.

Namun, jika Anda belum pernah didiagnosis oleh dokter karena mengalami infeksi jamur maka segera temui dokter Anda sebelum Anda menggunakan obat anti jamur ini, karena dikahwatirkan bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain itu pada beberapa wanita yang memiliki banyak infeksi jamur, atau memiliki infeksi jamur yang tidak mudah dibersihkan dengan obat anti jamur atau jika krim anti jamur tidak bekerja maka ada baiknya Anda harus berbicara dengan dokter tentang perawatan jenis lain.

- Menggunakan Kunyit
Cara mengatasi keputihan yang gatal gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit, karena di dalam kunyit mengandung sifat antiseptik dan antioksidan yang ternyata dapat membantu untuk menyingkirkan dan menghilangkan keputihan yang terasa gatal, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya cara mengatasi keputihan yang gatal gatal dengan bantuan kunyit sangatlah mudah yaitu siapkan terlebih dahulu beberapa kunyit segar, lalu cuci hingga bersih kemudian rebuslah satu sendok kunyit yang telah diparut dalam cangkir seperempat air dan tunggu sampai airnya berkurang menjadi setelah itu bagi lah larutan ini menjadi tiga bagian yang sama kemudian minumlah larutan alami tersebut.

Baca Juga: 9 Penyebab Keputihan Berlebihan Ini Perlu Anda Waspadai!!

- Menggunakan Cuka Sari Apel
Cara mengatasi keputihan yang gatal gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel, karena cuka sari apel berfungsi untuk membantu meningkatkan atau menyeimbangkan tingkat Ph pada Miss V, selain itu bisa membantu untuk meningkatkan jumlah bakteri baik pada Miss V, mengurangi gatal-gatal dan bau pada Miss V.

Lalu, Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Infeksi Pada Miss V?



- Menjaga Kebersihan Miss V
Cara terbaik untuk mencegah infeksi pada Miss V adalah dengan mempraktikkan kebersihan Miss V Anda dengan baik, karena kebanyakan wanita mengalaminya karena mempraktekkan kebersihan Miss V yang buruk

- Menjaga Agar Daerah Miss V Tetap Bersih dan kering
Cara selanjutnya adalah dengan menjaga agar daerah Miss V tetap bersih dan kering, yaitu dengan mencuci bagian luar Miss V Anda setiap hari dengan menggunakan sabun ringan dan air hangat, lalu bilas dengan air bersih dari arah depan ke belakang, kemudian pastikan bahwa area Miss V Anda bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih.

- Jangan Menggunakan Douching
Karena umumnya douching dapat mengganggu keseimbangan normal organisme di dalam Miss V Anda yang tentunya douching dapat menyebabkan infeksi pada Miss V, membuat infeksi menjadi buruk atau menyebarkan infeksi lebih jauh ke dalam organ reproduksi Anda seperti pada rahim atau saluran tuba.

- Jangan Menggunakan Sabun Wangi, atau Semprotan feminin
Selain menghindari douching maka Anda juga janganlah menggunakan sabung wangi atau semprotan feminin karena cairan tersebut bisa mengiritasi Miss V dan menyebabkan infeksi pada Miss V.

Baca Juga: Ternyata Inilah Penyebab Wanita Mengalami Keputihan Berbau Amis

- Jangan Memakai Celana Dalam Ketat
Cara selanjutnya adalah dengan tidak memakai celana dalam ketat, karena hal tersebut bisa menjaga kelembaban dan mengganggu flora alami pada Miss V Anda
Selain itu ada baiknya untuk menghindari memakai celana dalam yang terbuat dari nilon dan gantilah dengan menggunakan celana dalam berbahan katun yang tidak ketat, karena hal tersebut mempermudah udara untuk masuk kedalamnya.

- Cobalah Lakukan Hubungan Seks yang Aman
Cara selanjutnya untuk mencegah infeksi pada Miss V adalah dengan melakukan hubungan seks yang aman yaitu dengan tidak melakukan seks dengan banyak pasangan, menggunakan kondom untuk menghindari dari tertular nya penyakit menular seksual, namun ada baiknya Anda melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda yang sudah sah.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mengatasi keputihan yang gatal gatal dan misalkan setelah melakukan cara tersebut Anda masih mengalami keputihan yang terasa gatal, ada baiknya untuk segera konsultasikan atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang tepat.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.