Tahukah Anda bahwa ternyata wanita memiliki jenis jenis keputihan dan dimana setiap perubahan warna pada cairan keputihan bisa mengindentifikasikan masalah kesehatan Anda, lalu warna apa sajakah itu?
Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui bahwa umumnya timbulnya cairan keputihan pada wanita adalah sesuatu hal yang normal terjadi, karena cairan keputihan memiliki fungsi penting untuk sistem reproduksi wanita.

Karena cairan keputihan yang dibuat oleh kelenjar di dalam Miss V dan serviks ini berfungsi untuk membawa sel-sel mati dan bakteri mati untuk keluar dari dalam tubuh, sehingga cairan keputihan dapat membuat Miss V agar tetap bersih dan membantu mencegah adanya infeksi pada Miss V.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Mudah Mengatasi Keputihan yang Terasa Gatal

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa terkadang jumlah, warna serta kekentalan lendir pada cairan keputihan bisa saja berbeda-beda pada wanita, karena hal tersebut tergantung pada berbagai macam hal seperti menstruasi, terangsang secara seksual, sedang menyusui bayi dan pada masa subur.

Wajib Tahu, Inilah Jenis Jenis Keputihan Pada Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya jenis jenis keputihan pada wanita terdiri dari 2 jenis, yaitu jenis keputihan normal dan keputihan yang tidak normal, dan berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Jenis Keputihan yang Normal
Pada umumnya cairan keputihan yang normal akan memiliki warna seperti putih susu, bening dan seharusnya tidak berbau berlebihan atau menyebabkan rasa gatal-gatal ataupun seperti terbakar

Biasanya juga setelah wanita mengalami siklus menstruasi maka cairan keputihan berair dalam konsistensi dan ketika wanita mengalami ovulasi, maka cairan keputihan tersebut bisa menjadi lebih tebal dan lengket seperti putih telur yang bertujuan agar menjadi aliran bagus bagi sperma untuk berenang semaksimal mungkin bertemu dengan telur di tuba falopi.

Baca Juga: Ciri-ciri Keputihan yang Normal dan Tidak Normal

Pada intinya jika Anda mengalami jenis jenis keputihan yang normal maka Anda tak perlu untuk mewaspadainya dan jika misalkan cairan keputihan terasa berlebihan maka Anda dapat menggunakan pantyliners untuk mengatasi hal tersebut.

2. Jenis Jenis Keputihan yang Tidak Normal
Umumnya jenis keputihan yang tidak normal bisa berbahaya bagi kesehatan wanita dan biasanya keputihan yang tidak normal bisa berubah warna terutama jika berbusa bisa menjadi tanda infeksi, dan berikut di bawah ini adalah jenis jenis keputihan yang tidak normal:

- Keputihan Berwarna Kehijauan, Berbusa dan Berbau Amis Seperti Ikan
Apakah Anda pernah memiliki keputihan yang berwarna kehijauan, berbusa dan berbau seperti ikan? Jika ya maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter karena hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena adanya bakteri vaginosis (BV) pada Miss V Anda.

Bakteri vaginosis ini disebabkan oleh ketidakseimbangan flora normal, atau ketidakseimbangan mikroorganisme di dalam Miss V dan hal ini jika tidak segera diobati maka akan mengkhawatirkan, namun kabar baiknya bakteri vaginosis bisa diobati dengan antibiotik atau antibakteri sederhana dari dokter.

- Keputihan Berwarna Kuning Atau Kuning Kehijauan
Jika Anda mengalami jenis jenis keputihan yang telah berubah warna menjadi kuning atau kuning kehijauan maka Anda harus mewaspadai hal tersebut!!, karena jenis keputihan tidak normal ini diakibatkan oleh adanya Trikomoniasis atau penyakit gonore yaitu salah satu jenis penyakit menular seksual dan ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan dengan dokter.

- Keputihan Kental, Berwarna Putih dan Terasa Gatal
Jika Anda mengalami keputihan yang terasa lebih kental dari biasanya, berwarna putih dan terasa lebih banyak yang dibarengi dengan rasa gatal-gatal maka hal tersebut merupakan pertanda adanya infeksi jamur pada Miss V.

Untungnya, sebagian besar infeksi jamur sangat mudah diobati dengan obat-obatan, atau tablet yang dapat diresepkan oleh dokter Anda. Bagi wanita yang rawan terhadap infeksi ragi maka ada baiknya untuk menghindari berbagai macam produk kewanitaan yang mengandung banyak bahan kimia.

Baca Juga: Inilah Cirinya Anda Mengalami Keputihan yang Berbahaya!!

- Keluar Cairan Keputihan Dibarengi Dengan Darah
Jika Anda mengalami keputihan disertai dengan adanya darah maka Anda mungkin saja akan mengalami menstruasi, akan tetapi hal tersebut bisa menandakan adanya hal serius lainnya seperti adanya infeksi, polip, kehamilan ektopik, sehingga ada baiknya jika Anda mengalami hal tersebut segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

- Keputihan Berwarna Coklat Berdarah
Cairan keputihan coklat biasanya normal terutama bila terjadi selama atau setelah siklus menstruasi Anda, hal ini terjadi akibat pelepasan terlambat pada akhir periode Anda bisa terlihat cokelat dan bukan merah.

Namun, dalam kasus yang jarang terjadi keputihan berwarna coklat atau berdarah bisa menjadi tanda adanya kanker serviks stadium lanjut, maka untuk memastikan hal tersebut segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

Bagaimanakah Keputihan Tidak Normal Didiagnosis?

Biasanya sebelum Anda melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan bertanya terlebih dahulu mengenai riwayat dan kesehatan Anda, serta menanyakan berbagai macam gejala-gejala apa saja yang Anda alami yang disebabkan oleh jenis keputihan yang tidak normal.

Dan dokter mungkin akan menanyakan berbagai macam pertanyaan seputar gejala yang muncul di awal munculnya keputihan, serta menanyakan tentang riwayat hubungan seksual Anda dan pasangan Anda, kemudian dokter akan mengambil sejumlah sampel cairan keputihan yang nantinya akan di periksa di laboratorium untuk memastikan bahwa Anda terinfeksi jenis keputihan tidak normal atau tidak.
Kemudian setelah hasil pemeriksaan selesai dan hasil diagnosis telah keluar maka Anda akan melakukan pengobatan yang tepat untuk mengobati jenis keputihan yang tidak normal tersebut.

Nah, itulah tadi berbagai macam jenis jenis keputihan tidak normal yang perlu Anda waspadai dan jika misalkan Anda merasa memiliki hal tersebut maka ada baiknya untuk segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.