Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Cara mengurangi keputihan berlebih tentu saja menjadi salah satu cara yang paling banyak di cari di dunia maya terlebih timbulnya keputihan berlebih sangat mengganggu rutinitas harian, apalagi jika Anda seorang wanita karir yang memiliki rutinitas padat di dalam maupun di luar kantor.

Perlu Anda ketahui juga bahwa umumnya wanita memiliki cairan keputihan yang berwarna putih susu, tidak berbau, tidak terasa gatal dan tidak berbau dan jika Anda mengeluarkan keputihan yang sudah berubah warna menjadi kuning atau kehijauan berbau busuk dan terasa gatal berarti hal tersebut masuk kedalam jenis keputihan tidak normal.

Selain itu biasanya cairan keputihan yang berlebihan terkadang bisa normal dan tidak berbahaya, namun terkadang ada kalanya perubahan fisiologis tertentu dalam tubuh menyebabkan cairan keputihan yang berlebihan dan berikut di bawah ini adalah beberapa keadaan yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Apa Sajakah yang Menyebabkan Keputihan Berlebihan?



- Karena Ovulasi
Penyebab wanita mengalami cairan keputihan berlebih adalah karena wanita berovulasi dan selama ovulasi tingkat progesteron di tubuh wanita akan tinggi sehingga menyebabkan keluarnya cairan keputihan yang berlebih, berat atau kontinu dari vagina.

Namun, jangan khawatir karena hal ini normal dan merupakan tanda sehat pada wanita usia subur, menurut Dr Mehta. Untuk alasan yang sama wanita mungkin memperhatikan cairan keputihan yang jelas dan stabil dari vagina Anda selama beberapa hari sebelum wanita mengalami menstruasi

- Karena Terangsang Secara Seksual
Jika wanita mengeluarkan cairan keputihan yang berlebihan saat berhubungan seksual maka cairan tersebut berfungsi sebagai pelumas alami yang sempurna untuk berhubungan seks yang halus dan lembut. Karena hormon yang membangkitkan sensual wanita bisa menyebabkan cairan keputihan berlebihan, dibandingkan dengan sekresi normal Anda.



- Karena Kehamilan
Mungkin kebanyakan wanita hamil sering merasakan khawatir jika mengalami cairan keputihan yang berlebihan dengan sedikit bau akan tetapi hal tersebut sangat normal terjadi selama kehamilan, karena perubahan hormonal selama kehamilan juga meningkatkan keputihan.

Dan tak banyak orang yang mengetahui bahwa hal ini memiliki manfaat tersembunyi karena cairan keputihan pada saat hamil dapat membantu menjaga saluran kemih wanita agar terbebas dari infeksi yang biasa terjadi selama kehamilan

Sebenarnya juga jumlah cairan keputihan bisa meningkat sebelum persalinan, dan bisa meningkat untuk pelumas jalan lahir untuk persalinan normal. Selain itu satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan tentang keputihan saat hamil adalah saat Anda melihat tetesan darah atau bercak darah.

Baca Juga: Inilah Ciri-Cirinya Keputihan Abnormal

- Karena Mengalami Stres
Tahukah Anda bahwa wanita zaman modern sangat lebih rentan terhadap bahaya stres yang mencerminkan kesehatan dan kesejahteraan mereka? Dan stres adalah penyebab utama ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sehingga hal ini bisa menyebabkan keputihan berlebihan.

Meskipun cairan keputihan berlebihan karena stres dianggap tidak berbahaya, namun tidak bijaksana untuk mengabaikan tanda stres karena ini bukan cara hidup sehat jadi pada intinya lakukanlah pola hidup sehat dan buang jauh-jauh rasa stres.



Bagaimana Cara Mengurangi Keputihan Berlebih?


Diketahui banyak cara mengurangi keputihan berlebih yang bisa Anda coba lakukan mulai dari menggunakan cara alami sampai menggunakan bantuan medis dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya:

- Menjaga Kebersihan Area Miss V Dengan Benar
Cara mengurangi keputihan berlebih yang pertama adalah dengan cara sederhana yaitu dengan menjaga kebersihan area Miss V dengan benar dan salah satunya adalah dengan membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil maupun setelah buang air besar dan segera keringkan dengan lap bersih setelahnya.

Dan hal tersebut harus dilakukan karena seringkali infeksi yang berasal dari mikroorganisme terjadi ketika kebersihan pada area Miss V tidak terjaga dengan baik dan jika Anda tidak membersihkan area Miss V secara benar maka kemungkinan besar dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan seperti timbulnya bakteri, kuman, jamur dan parasit yang bisa menyerang Miss V sehingga hal tersebut bisa menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Baca Juga: Jangan Risau Ini Cara Mudah Hilangkan Keputihan Pada Wanita

- Menggunakan Celana Dalam Berbahan Katun
Cara mengurangi keputihan berlebih selanjutnya adalah dengan menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun, karena celana dalam berbahan katun dapat memungkinkan area Miss V untuk bernapas lebih baik dan hal sederhana tersebut juga dapat membantu Miss V agar tetap kering, selain itu ada baiknya agar menggunakan celana dalam di siang hari dan tidak menggunakannya ketika di malam hari yaitu ketika Anda ingin tidur.

- Mengkonsumsi Cuka Sari Apel
Cara mengurangi keputihan berlebih selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan dari cuka sari apel, karena dipercaya cairan yang biasa digunakan sebagai pengawet makanan atau penyedap ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan berlebihan, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah pertama siapkan terlebih dahulu cuka sari apel sebanyak 3 sendok makan lalu campurkan dengan semangkuk air, kemudian ambil bola kapas lalu celupkan kedalam cairan tersebut lalu usap langsung pada area Miss V dan untuk hasil yang maksimal maka Anda dapat mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari.

Akan tetapi jika Anda merasakan perasaan panas dan gatal maka ada baiknya untuk menghentikan hal tersebut dan langsung lah bilas menggunakan air bersih, lalu segera konsultasikan kepada dokter.

Selain itu ternyata di dalam cuka sari apel bisa bermanfaat untuk mendapatkan tingkat keseimbangan pH pada Miss V dan juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah bakteri baik serta mengurangi bau pada Miss V.

- Menggunakan Tisu Bayi
Cara mengurangi keputihan berlebih yang terakhir adalah dengan menggunakan tisu bayi yang dapat Anda beli di toko terdekat, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangatlah mudah pertama cuci tangan Anda terlebih dahulu menggunakan sabun pembersih lalu keringkan, kemudian ambil tisu bayi secukupnya lalu cobalah untuk mengelap area cairan keputihan pada Miss V dari arah depan ke belakang dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelah melakukan hal tersebut karena cara sederhana tersebut terbukti ampuh mengurangi keputihan berlebih.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mengurangi keputihan berlebih yang bisa Anda coba dan jika misalkan keputihan berlebihan Anda masuk kedalam keputihan tidak normal dengan ciri-ciri berbau, berubah warna dan terasa gatal maka ada baiknya untuk segera datang ke Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.