Pada umumnya wanita memiliki keputihan yang normal, akan tetapi beberapa kondisi bisa menyebabkan keputihan tidak normal, dan tentunya jika Anda seorang wanita maka harus mencegah keputihan tidak normal tersebut, karena keputihan tidak normal merupakan suatu pertanda dimana terdapat infeksi pada Miss V.

Keputihan tidak normal adalah jenis keputihan yang umumnya disebabkan oleh berbagai macam infeksi dan biasanya jenis keputihan ini bisa dikatakan keputihan berbahaya yang memerlukan bantuan dari medis untuk Menghilangkannya.

Akan tetapi meskipun terdengar mengerikan namun nyatanya jenis keputihan ini dapat Kita cegah sejak dini, dan dengan mengetahui penyebab keputihan tidak normal maka Kita semua dapat dengan mudah untuk mencegahnya, lalu apa sajakah penyebabnya?

Wajib Tahu, Inilah Penyebab Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya cairan keputihan tidak normal memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan cairan keputihan yang normal, karena biasanya jenis keputihan tidak normal akan berubah warna menjadi kuning, hijau ataupun warna lainnya.

Selain itu biasanya cairan keputihan tidak normal mungkin disertai dengan pembakaran atau gatal-gatal atau keduanya dan mungkin memiliki bau yang kuat, sehingga jika Anda memiliki jenis keputihan tidak normal maka jangan sampai diabaikan karena merupakan pertanda adanya masalah serius yang harus diatasi.

Terkadang keputihan tidak normal bisa disebabkan oleh adanya infeksi yang bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti karena: Bakteri vaginiosis, infeksi jamur atau ragi, Trikomoniasis dan bisa disebabkan oleh adanya infeksi menular secara seksual seperti gonore dan klamidia, diketahui keduanya merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh adanya hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit kelamin.

Dan jika tidak segera diobati dengan cepat dan tepat maka penyakit menular seksual tersebut bisa menyebabkan masalah serius, sehingga jika Anda merasa memiliki salah satu jenis penyakit kelamin maka ada baiknya untuk segera berobat di Klinik Utama Gracia.

Inilah Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan mendengar pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, nah hal inilah yang akan Anda lakukan untuk mencegah keputihan yang tidak normal.

Lalu bagaimanakah cara mencegah keputihan tidak normal dan apa sajakah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut? Berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

- Jangan Melakukan Hubungan Seks Dengan Seseorang yang Terinfeksi PMS
Cara mencegah keputihan tidak normal yang pertama adalah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi penyakit menular seksual, karena seperti yang sudah Kita ketahui bahwa beberapa jenis PMS seperti gonore dan Klamidia dapat menyebabkan hal tersebut.

Jadi pada intinya jangan melakukan hubungan seks sebelum Anda ataupun pasangan Anda dinyatakan bebas dan sembuh dari penyakit menular seksual, karena melakukan hubungan seks di saat mengalami masalah tersebut hanya akan membuat gejala PMS semakin parah dan tentu saja dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan.

- Selalu Gunakan Kondom Saat Melakukan Hubungan Seks
Cara mencegah keputihan tidak normal selanjutnya adalah dengan menggunakan kondom jika Anda tidak dalam hubungan jangka panjang, karena selain mencegah kehamilan pengunaan kondom tersebut dapat mencegah Anda terinfeksi penyakit menular seksual akan tetapi pengunaan kondom tidak sepenuhnya melindungi Anda dari PMS.

- Hindari Produk Kewanitaan yang Bisa Mengiritasi Miss V
Cara mencegah keputihan tidak normal selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan produk kewanitaan seperti krim vagina, gel dan supositoria yang disisipkan langsung ke dalam vagina karena berbagai macam produk ke wanitaan tersebut bisa menyebabkan iritasi dan infeksi Miss V sehingga mungkin saja bisa menimbulkan keputihan tidak normal.

Selain itu ada baiknya jangan pernah menggunakan douche vagina, karena mungkin saja douche yang dijual bebas di pasaran mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan vagina menjadi terinfeksi.

- Hindari Menggunakan Celana Dalam Berbahan Ketat
Cara mencegah keputihan tidak normal selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan celana dalam berbahan ketat, dan tidak menggunakan stoking untuk jangka waktu yang lama karena hal tersebut dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk serta menyebabkan keputihan abnormal.

Dan untuk mengatasi hal tersebut maka ada baiknya Anda menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun dan menghindari menggunakan celana jeans ketat dalam waktu yang lama.

Selain itu ada baiknya untuk membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang karena jika Anda melakukannya dari arah berlawanan dapat menyebabkan bakteri masuk kedalam Miss V sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Tentunya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana seperti di atas, bersama dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan area Miss V dengan benar maka cara mencegah keputihan tidak normal dapat membantu menjaga agar infeksi dan iritasi tidak menyerang wanita.

Saya Memiliki Keputihan Tidak Normal Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda sudah mencegah keputihan tetapi telah memiliki jenis keputihan tidak normal, maka penting bagi Anda untuk segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis ginekologi yang berada di Klinik Utama Gracia.

Karena jika tidak segara disembuhkan maka kemungkinan besar keputihan tidak normal bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda, dan Anda juga tak perlu repot-repot untuk mengantre karena Klinik Utama Gracia telah menggunakan sistem reservasi online yang dapat mempermudahkan pasien untuk berkonsultasi dimanapun dan kapanpun.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.