Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Kutil Kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual, gejala awal ditandai dengan beberapa benjolan daging dengan ukuran kecil (kutil) di daerah predileksi kutil seperti punggung tangan, jari kaki, telapak kaki, area alat kelamin atau dubur disebabkan terinfeksi Virus HPV.

Nama lain penyakit ini adalah Penyakit Jegger Ayam, kondiloma acuminata dan Genital Warts.

Semua orang memiliki kemungkinan terinfeksi penyakit ini, biasanya terjadi ketika seseorang berusia 17-33 tahun. Pada pria, biasanya kutil timbul di bagian penis, paha, pangkal paha, skrotum dan sekitar anus. Sedangkan pada wanita, biasanya muncul di luar maupun di dalam vagina/rahim serta dapat menyebabkan terjadinya kanker. Kutil dapat muncul di bibir, mulut, lidah atau tenggorokan jika tertular melalui seks oral.

Penyakit kutil kelamin ini disebabkan oleh virus HPV-2 dan dapat menular melalui kontak kulit, sedangkan penularan yang paling cepat adalah melalui hubungan seksual. Mulai sekarang harus berhati-hati agak tidak terinfeksi, karena penularan virus HPV dapat melalui beberapa cara, yaitu melalui hubungan seksual, kontak langsung melalui kulit dan kontak dengan benda atau alat yang sudah terinfeksi virus HPV.

Oleh karena itu, cara mencegah terbaik agar tidak terinfeksi virus HPV adalah dengan memutus rantai penularan melalui hubungan seksual yaitu dengan menghindari berganti pasangan seksual, menghindari berhubungan seksual dengan orang yang diduga rentan terkena virus HPV.

Karakteristik Virus HPV

Virus HPV lebih tahan terhadap lingkungan karena tidak mempunyai envelope. HPV merupakan virus DNA bersifat nonlitik serta melakukan replikasi sel-sel epitel skuamosa. Jaringan target virus HPV adalah kulit dan membrana mukosa. Bagian tubuh yang sering diserang adalah kali, tangan dan daerah alat kelamin.

Salah satu cara untuk mencegah adalah dengan melakukan Vaksinasi HPV. Karena harga yang relatif mahal dan belum semua tipe HPV tersedia, maka disarankan tetap untuk menjaga kebersihan daerah genital serta menghindari berhubungan seksual dengan orang yang diduga rentan terinfeksi virus HPV.

Pengobatan

Penyakit ini akan sangat berbahaya jika kutil menghalangi dan menyumbat saluran kencing sehingga mengalami pendarahan dan tidak dapat dihentikan dengan tekanan.

Jika Anda merasa memiliki tanda-tanda terinfeksi penyakit ini, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis dan melakukan pemeriksaan secara medis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan, antara lain pengobatan laser, krioterapi, electrodesiccation, obat, vaksin dan bedah. Dokter akan melakukan beberapa langkah pemeriksaan dan pengujian biopsi, virus hpv, kolposkopi maupun tes laboratorium.