Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Penyakit kutil kemaluan wanita atau pria memiliki ciri ciri hampir sama, yaitu ditandai dengan munculnya daging tumbuh di vagina atau penis, batang penis atau anus. Tanda tersebut dapat terlihat dengan mata.

Kutil kemaluan atau kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan virus HPV. Kutil tumbuh pada alat kelamin, maupun daerah anus pada pria maupun wanita. Kutil dapat tumbuh dengan jumlah tunggal maupun berkelompok.

Hal ini jika tidak segera ditangani maka ukuran dari kutil berpotensi semakin membesar. Kutil kelamin bisa terjadi secara eksternal ataupun internal. Selain pada alat kelamin dan anus, kutil juga bisa tumbuh dan berkembang di mulut maupun tenggorokan. Hal ini bisa terjadi akibat aktivitas melakukan oral seks bersama pasangan yang sudah terinfeksi.

Resiko Terinfeksi Virus Kutil Kemaluan

Setelah seseorang terkena infeksi virus HPV, kemungkinan tidak menimbulkan gejala dan tidak dirasakan dalam waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Tetapi virus ini tetap ada di dalam tubuh penderita. Selama periode tertentu, orang yang sudah terinfeksi mungkin akan menularkan virus ini kepada orang lain.

Oleh karena itu, jika Anda hubungan seksual dengan seseorang, pasangan Anda tidak menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit kutil, bukan berarti virus kutil tidak dapat menular kepada Anda. Mungkin saja pasangan Anda tidak menyadari telah mengidap virus ini, oleh karena itu, sebelum melakukan hubungan seksual dengan pasangan, sebaiknya harus mengetahui mengenai riwayat penyakit yang pernah diderita pasangan seksual Anda. Hindari berhubungan seksual dengan orang yang memiliki resiko atau berpotensi mengidap penyakit kelamin. Oleh karena sebaiknya Anda mengetahui bagaimana kehidupan sosial pasangan Anda.

Penyebab Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin karena virus HPV-2, yaitu Human Papillomavirus (HPV), sebuah virus yang menginfeksi selaput lendir dan kulit manusia. Beberapa jenis virus HPV adalah penyebab kutil kemaluan atau kutil kelamin. Penularan virus ini biasanya melalui hubungan seksual yang kemudian menginfeksi kelamin dan dubur kelamin.

Penyebaran Kutil Kelamin

Penyebaran virus HPV tidak hanya melalui pertukaran cairan pada saat melakukan hubungan seksual. Penyebaran bisa juga melalui kontak kulit dengan kulit orang yang sudah terinfeksi virus HPV. Oleh karena itu, jika Anda melakukan hubungan seksual dengan orang yang belum Anda kenal atau berpotensi memiliki penyakit ini, pada saat berhubungan dapat menggunakan alat perlindungan sebagai penghalang seperti kondom untuk mengurangi resiko tertular virus HPV. Perlindungan tersebut tidak menjamin aman 100% karena kemungkinan bisa saja terjadi meskipun sudah melakukan hubungan seksual menggunakan pelindung.

Ciri Ciri Kutil Kelamin

• Gatal atau rasa yang tidak nyaman pada daerah genital Anda.
  • Terdapat benjolan kecil, daging warna abu abu atau terjadi pembengkakan pada daerah genital Anda.
  • Kutil yang berkelompok atau berdekatan bentuknya mirip seperti kembang kol.
  • Terjadi perdarahan saat hubungan seksual.

Faktor Resiko Terinfeksi Kutil Kelamin

• Berhubungan seksual dengan pasangan yang memiliki riwayat seksual yang tidak jelas.
  • Berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman (kondom) dengan beberapa pasangan.
  • Telah memiliki penyakit menular seksual yang lain.
  • Aktif melakukan hubungan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda sejak usia muda.