Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Tahukah Anda bahwa alat kelamin yang terdapat di dalam tubuh Anda dapat dihinggapi kutil? Kutil yang muncul pada alat kelamin, disebut juga sebagai kutil kelamin. Lalu apa sih penyebab kutil kelamin pada manusia?

 

Pengertian kutil kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang dapat mengakibatkan timbulnya benjolan-benjolan kecil pada daerah alat kelamin. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV). Virus ini mempunyai lebih dari 100 jenis dan pada umumnya dapat menyebabkan semua jenis kutil yang terdapat pada bagian tangan, wajah serta jari-jari.

Penyakit ini dalam menularkan penyakitnya tanpa pandang bulu dan tanpa memandang gender. Namun, biasanya wanitalah yang mempunyai resiko tinggi untuk terserang virus ini. Penyakit kutil kelamin dalam pertumbuhannya tidak dapat dilihat secara kasat mata, akan tetapi lambat laun akan tetap diketahui dengan cara melakukan sentuhan. Kutil yang tumbuh pada alat kelamin ini akan menimbulkan rasa sakit serta rasa perih. Selain itu akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman serta gatal pada sekitar wilayah kelamin Anda. Virus HPV ini sangatlah berbahaya terutama bagi kaum wanita, sebab HPV dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks dan vulva.

Penyebab kutil kelamin

Seperti pembahasan sebelumnya, penyebab kutil kelamin yang utama adalah virus HPV. Virus ini menyerang kelamin dikarenakan kelamin merupakan area yang lembap dan mudah basah. Selain itu, area kelamin merupakan tempat yang paling aman dan nyaman bagi HPV untuk berkembang biak, terlebih lagi jika seseorang mempunyai kelenjar keringat yang sangat banyak pada bagian vitalnya. Kutil kelamin merupakan penyakit yang tidak dapat dianggap remeh, hal ini sebab kondisi fisik berikut ini akan menyebabkan kutil kelamin muncul, yaitu:

  • Penderita kencing manis atau diabetes mellitus yang dapat mengembangkan mikro organisme di dalam organ vital
  • Stress yang dapat menyebabkan keringat keluar secara terus menerus
  • Menurunkan imunitas tubuh sehingga mudah terserang virus

Kutil kelamin juga dapat menyebar melalui kontak fisik saat berhubungan seksual. Dalam kebanyakan kasus yang ada, sistem kekebalan tubuh Anda yang baik akan dapat membunuh virus HPV genital yang Anda sendiri mungkin tidak dapat menyadari bahwa Anda hampir saja terkena kutil kelamin. Pada umumnya penyebab kutil kelamin adalah kontak langsung dengan penderita, seperti:

  • Anal seks
  • Penetrasi seks
  • Sex toys (alat seks mainan)
  • Oral seks

Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan kondom agar membantu melindungi penis atau vagina Anda dari penyebaran kutil kelamin. Penyakit ini tidak dapat menular melalui ciuman, berbagi handuk atau berpelukan, serta pada pakaian dan barang-barang sehari-hari.

Komplikasi kutil kelamin

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kutil kelamin ternyata dapat membuat terjadinya komplikasi. Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat kutil kelamin.

  • Antara kanker dan virus HPV sangat erat kaitannya, terutama dengan virus HPV genital yang menjadi penyebab terjadinya kanker serviks. Selain virus HPV genita, terdapat beberapa jenis virus HPV yang sangat erat kaitannya dengan kanker vulva, kanker penis, kanker anus, serta kanker pada mulut dan tenggorokan. Namun, HPV yang terjadi pada manusia tidak semuanya dapat menyebabkan kanker, akan tetapi wajib dan penting bagi wanita untuk selalu melakukan pap smear secara rutin dan teratur, terutama jika Anda telah terinfeksi virus yang lebih beresiko dari pada HPV.
  • Infeksi saat masa kehamilan. Penyakit kutil kelamin ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kehamilan. Kondisi ini terjadi ketika kutil telah membesar sehingga menyulitkan bagi sang ibu hamil untuk buang air kecil. Kutil yang terdapat pada dinding vagina akan mengurangi kemampuan jaringan vagina untuk dapat meregang ketika proses persalinan. Kutil besar yang terdapat pada vulva atau vagina akan menyebabkan terjadinya pendarahan ketika sedang mengejan saat proses persalinan.

Itulah beberapa penyebab kutil kelamin yang terjadi pada manusia. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai hal ini, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.