Apa itu kutil kemaluan?

Kutil kemaluan atau yang biasa disebut kutil kelamin adalah tumbuhnya kutil yang bertekstur lembut pada alat kelamin. Kutil kemaluan merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Pertumbuhan kutil ini dapat menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, dan gatal. HPV juga sangat berbahaya bagi wanita karena beberapa jenis HPV dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks dan vulva.

HPV adalah penyebab umum dari semua terjadinya IMS. Hal inilah yang membuat pria dan wanita yang aktif secara seksual rentan mengalami komplikasi HPV. Faktanya, sekitar 360 ribu orang mengalami kutil kelamin di setiap tahunnya. Perlindungan dan pengobatan sangat penting dalam mencegah infeksi ini.

Gejala Kutil Kemaluan

Apa saja gejala kutil kemaluan?

Kutil kelamin ditularkan melalui aktivitas seksual. Anda mungkin tidak akan merasakan tumbuhnya kutil selama beberapa minggu setelah infeksi.

Kutil juga tidak selalu terlihat oleh mata manusia. Hal ini disebabkan karena bentuknya yang sangat kecil dan warna kulitnya sedikit lebih gelap. Bagian atas tumbuhnya kutil mungkin akan menyerupai kembang kol dan terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh. Orang yang terinfeksi biasanya memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil.

Kutil kelamin pada laki-laki mungkin muncul pada bagian tubuh berikut ini:

• Penis
  • Skrotum
  • Lipatan paha
  • Paha
  • Di dalam atau di sekitar anus

Kutil kelamin pada wanita mungkin muncul pada area berikut ini:

• Bagian dalam vagina atau anus
  • Di luar vagina atau anus
  • Leher rahim

Kutil kelamin juga dapat muncul di bibir, mulut , lidah, atau tenggorokan seseorang yang telah melakukan kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.

Bahkan jika Anda tidak dapat melihat kutil kelamin, Anda mungkin masih dapat merasakan gejalanya, seperti:

• Keputihan
  • Gatal
  • Berdarah
  • Rasa Terbakar

Jika kutil kelamin menyebar atau menjadi membesar, kondisinya bisa tidak nyaman atau bahkan terasa sakit.

Apa yang menyebabkan terjadinya kutil kelamin?

Sebagian besar kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV. Dan ada lebih dari 70 jenis HPV yang secara khusus mempengaruhi pada alat kelamin. Virus HPV dapat ditularkan melalui kontak langsung antara kulit ke kulit, itulah sebabnya mengapa kutil kelamin dianggap sebagai IMS.

Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV yang berbeda sehingga menyebabkan kutil pada bagian tangan atau bagian tubuh lainnya yang tidak termasuk genital. Penyakit ini tidak dapat menyebar dari tangan seseorang ke alat kelamin, begitupun sebaliknya.

Faktor risiko kutil kelamin

Setiap orang yang aktif secara seksual berisiko terkena HPV. Menurut American Academy of Dermatology (AAD) , hampir setengah dari orang-orang yang berhubungan seks memiliki beberapa jenis infeksi HPV. Namun, kutil kelamin biasanya terjadi pada orang yang dengan kriteria berikut:

• Berusia di bawah 30 tahun
  • Merokok
  • Memiliki kelemahan sistem kekebalan tubuh
  • Memiliki riwayat infeksi menular seksual

Apa saja komplikasi yang disebabkan oleh HPV?

HPV adalah penyebab utama kanker di serviks dan juga dapat menyebabkan perubahan prakanker pada sel serviks, atau displasia.

HPV jenis lain juga dapat menyebabkan kanker vulva, yang merupakan organ kelamin luar dari wanita, serta kanker penis dan dubur.

Bagaimana mendiagnosa kutil kelamin?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana diduga kutil dapat terjadi. Karena kutil bisa berada jauh di dalam tubuh wanita, dokter juga akan melakukan pemeriksaan pelvis jika diperlukan. Mereka akan menggunakan larutan asam ringan, yang bertujuan untuk membantu agar kutil lebih terlihat.

Dokter juga dapat melakukan Pap smear, yang bertujuan melakukan pengambilan sampel untuk mendapatkan sel dari serviks Anda. Hal Ini dilakukan untuk melihat keberadaan HPV. Beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal saat dilakukannya Pap smear, yang mengindikasikan adanya perubahan prakanker. Jika dokter Anda mendeteksi kelainan ini, Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan yang terjadi.

Dokter Anda juga akan bertanya tentang kesehatan dan sejarah seksual Anda, termasuk gejala yang pernah Anda alami. Jika Anda khawatir telah terjangkit virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks, maka dokter biasanya akan melakukan tes DNA. Hal Ini penting dilakukan untuk mengetahui secara pasti jenis HPV yang terdapat di dalam tubuh Anda.

Itulah informasi mengenai kutil kemaluan yang biasanya terjadi pada pria dan wanita. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih jelas mengenai informasi ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.