Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Jika Anda memiliki penyakit kutil kelamin, ketahuilah bahwa bukan hanya Anda yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan Kutil kelamin (kondyloma akuminata) sangat umum terjadi. Menurut Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, terdapat satu juta kasus kutil kelamin yang didiagnosis terjadi setiap tahunnya di Amerika Serikat, dan masih banyak kasus yang tidak terdiagnosis. Lalu bagaimana cara mengobati kutil kelamin?

 

Sebagian besar kasus kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari 120 jenis HPV, namun tipe 6 dan 11 merupakan virus utama yang menyebabkan kutil kelamin. Virus HPV biasanya tidak menyebabkan kanker serviks, namun menyebabkan kutil kelamin .

Cara mengobati kutil kelamin

Untuk dapat melakukan pengobatan kutil kelamin, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, atau Anda juga dapat melakukannya di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kutil kelamin yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah Anda.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang telah terbukti efektif untuk melawan jamur dan organisme lainnya, termasuk kutu kepala. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh merupakan obat yang efektif untuk melawan kutil kelamin. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan setetes minyak pohon teh yang telah diencerkan (campurkan satu tetes minyak dengan setetes atau dua minyak lainnya, seperti minyak kelapa) lalu oleskan langsung ke kutil.

Beberapa orang mungkin alergi terhadap minyak pohon teh, jadi untuk mengujinya, oleskan sedikit minyak pohon teh yang telah diencerkan di lengan Anda terlebih dahulu. Jika setelah 24 jam tidak ada reaksi maka minyak pohon teh tersebut aman digunakan oleh Anda.

Minyak pohon teh dapat membuat iritasi dan menyebabkan rasa terbakar atau radang, namun efektif untuk mengurangi ukuran kutil. Jangan minum minyak pohon teh secara langsung melalui mulut atau menyiramnya ke vagina. Anda dapat mengoleskan minyak secara berulang-ulang selama beberapa minggu. Jika penggunaan minyak ini membuat Anda merasa tidak nyaman, maka segera hentikan.

  1. Teh hijau

Cara mengobati kutil kelamin lainnya adalah dengan teh hijau. Teh hijau telah terbukti efektif melawan kutil kelamin. Teh hijau terkonsentrasi ke dalam senyawa dalam salep yang disebut sinecatechins (Veregen), dan biasanya obat ini telah disesuaikan dengan resep dokter.

Anda juga dapat membeli ekstrak teh hijau di apotik terdekat dan menggunakannya di rumah dengan menambahkan satu atau dua tetes minyak kelapa lalu Anda tempelkan pada kutil.

  1. Bawang putih

Beberapa bukti telah membuktikan bahwa dengan mengoleskan ekstrak bawang putih ke kutil dapat membantu membersihkannya. Anda bisa membeli ekstrak bawang putih dan langsung Anda aplikasikan pada kutil. Anda juga dapat merendam beberapa bantalan kasa dalam campuran bawang putih dan minyak. Lalu diaplikasikan di kutil.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat mengobati kutil kelamin. Cara mengobati kutil kelamin menggunakan cuka sari apel mirip dengan obat resep yang menggunakan bahan asam untuk dapat membunuh virus.

Anda dapat merendam kapas atau kasa kedalam cuka sari apel dan menerapkannya langsung pada kutil.

  1. Sayuran

Sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Untuk mengobati kutil kelamin, cobalah mengkonsumsi sayuran renyah seperti:

  • Kubis
  • Brokoli
  • Kubis Brussel
  • Kol Kembang

Sayuran ini mengandung Indole-3-carbinol (I3C), yang dapat membantu Anda membersihkan kutil kelamin. Sebaiknya Anda mengkonsumsi 4-5 porsi sayuran setiap hari.

  1. Folat dan B-12

Adakah hubungan antara kekurangan folat dan B12 dengan peningkatan risiko tertular HPV? Berdasarkan penelitian, ternyata suplemen multivitamin atau folat dan B-12 dapat membantu tubuh Anda dalam melawan infeksi HPV serta membersihkan kutil.

  1. Diet dan merubah gaya hidup

Mempunyai kutil kelamin akan memberikan efek samping pada tubuh Anda. Oleh karena itu, sulit bagi tubuh Anda dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Untuk membantu tubuh Anda pulih lebih cepat, Anda diharuskan untuk dapat mengurangi stres imun seperti merokok atau diet yang berat terutama makanan olahan atau makanan yang tidak sehat.

Adapun makanan yang dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda antara lain:

  • Makanan kaya antioksidan (blueberry, ceri, tomat, paprika)
  • Sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung
  • Biji-bijian
  • Kacang almond
  • Kacang polong
  • Daging tanpa lemak

Makanan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda serta membantu meminimalkan kambuhnya HPV.

Makanan yang harus dihindari, antara lain:

  • Makanan yang dapat menyebabkan alergi (susu, kedelai, jagung, aditif makanan)
  • Makanan olahan seperti roti putih dan pasta
  • Daging merah
  • Makanan olahan dengan lemak trans
  • Kafein dan stimulan lainnya

Itulah beberapa cara mengobati kutil kelamin yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai berbagai informasi mengenai kutil kelamin lainnya, Anda dapat segera berkonsultasi dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.